Pesona Alam Gunung Buligir, Primadona Cihurip Garut . Selatan - WisataHits
Jawa Barat

Pesona Alam Gunung Buligir, Primadona Cihurip Garut . Selatan

Garut, Beritanasional. ID – Destinasi wisata alam di Desa Tajur, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini merupakan gunung dengan hampir seluruh permukaannya berupa bongkahan batu besar yang ditumbuhi lumut hijau tanpa ditumbuhi pepohonan seperti gunung di dalamnya Umum.

Penamaan Gunung Buligir berasal dari bahasa daerah yaitu bahasa Sunda, dimana kata Buligir berarti telanjang atau tanpa pakaian, seperti halnya gunung yang terlihat terbuka tanpa ditumbuhi pepohonan.

Meski gunung ini tidak berhutan lebat, namun cuaca di sekitarnya tetap sejuk dan memiliki pesona tersendiri, apalagi tepat di bawah kaki Gunung Buligir yang terdapat sungai Cisanggiri yang jernih.

Angin sepoi-sepoi di puncak gunung seolah membelai tubuh dan membasuh peluh yang bercucuran setelah menempuh perjalanan ke kaki gunung.

Latar belakang alam yang indah terlihat dari jauh, luasnya pemandangan alam yang bertingkat-tingkat seakan memanjakan mata.

Suasana alam yang jauh dari hiruk pikuk kota dan berada di perkampungan menjadikan tempat wisata di Gunung Buligir ini sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan dan penat penat.

Salah satu warga, Yoyoh, 45, warga Desa Tajur, Desa Mekarwangi, mengatakan gunung ini unik karena tepat di bawahnya juga terdapat bebatuan besar yang mengalir melalui Sungai Cisanggiri.

“Gunung Buligir banyak dikunjungi wisatawan, baik warga lokal maupun dari luar kota sering datang ke sini hanya untuk makan, berkemah, berenang di sungai dan berfoto-foto,” katanya. Sabtu, (27/8).

Tidak hanya pemandangan alam yang bisa dinikmati pengunjung karena ada beberapa tempat indah di puncak Gunung Buligir seperti perbukitan yang mengelilinginya.

“Kita juga bisa melihat luasnya desa dari ketinggian,” jelasnya.

Untuk menuju Gunung Buligir bisa memilih jalur yang paling mudah yaitu dari arah Cihurip atau Jalan Amlong, atau dari Cibaluk langsung ke Kamoung Tajur lalu ke Bendungan Cisanggiri, pungkasnya. (Diki)

Source: beritanasional.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button