Menampilkan stan UMKM, bangkitkan ekonomi masyarakat - WisataHits
Jawa Tengah

Menampilkan stan UMKM, bangkitkan ekonomi masyarakat

RADARSMARANG.ID, semarang – Ribuan warga Kecamatan Gayamsari akan mengikuti senam dan jalan sehat bersama Pj Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu pada Minggu (13/11) pagi ini. Kegiatan yang digelar di tepi Sungai Kanal Banjir Timur (BKT) Desa Pandean Lamper ini merupakan bagian dari rangkaian Roadshow Desa Hebat putaran kedua 2022. Seluruh peserta diharapkan mengikuti protokol kesehatan selama acara berlangsung.

Ketua Panitia Lomba Desa Hebat 2022 Sugiyanto Wiyono menjelaskan, kegiatan ini dimeriahkan dengan bazaar unggulan UMKM di Kecamatan Gayamsari dengan puluhan lapak UMKM. Dihibur dengan solo organ dan doorprize. Peserta kegiatan yang bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang berkesempatan mengikuti undian berhadiah berupa kulkas, sepeda, televisi, kipas angin, kompor gas, setrika, voucher belanja dan lainnya. “Setiap kelurahan di Kecamatan Gayamsari akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti agenda ini,” kata Sugiyanto.

Nantinya, ribuan warga Pandean Lamper akan mengikuti senam, jalan sehat dan kegiatan lainnya yang didukung oleh Alfamart dan Bank Jateng. Muhammad Tavip, Lurah Pandean Lamper mengatakan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti Roadshow Kampung Hebat sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya UMKM yang berencana membuka lapak selama kegiatan berlangsung.

“Kami sangat mengapresiasi bisa mengikuti kegiatan Roadshow Kampung Hebat 2022. Acara ini sangat bagus, bisa menjadi media komunikasi bagi masyarakat,” ujarnya saat ditemui di kantor Desa Pandean Lamper, Sabtu (11/12).

Tavip mengaku sudah membersihkan tempat itu tiga minggu lalu. Pihaknya bekerja sama dengan masyarakat dan BBWS untuk membersihkan lokasi di bantaran Kanal Banjir Timur. Seperti menyisir rumput dan membersihkan titik-titik pendukung lainnya.

“Kami sudah mempersiapkan selama tiga minggu. Sesuai instruksi, setidaknya 2.100 orang dari warga Pandean Lamper nantinya akan hadir,” tambahnya.

Camat Gayamsari Moh Agus Junaidi mengatakan, roadshow ini merupakan kegiatan yang baik dan positif. Terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Setelah senam jalan diharapkan masyarakat dapat mengunjungi stand-stand yang ada.

“UMKM warga dalam kegiatan ini diberikan ruang bebas untuk mempresentasikan produknya. Harapannya nanti masyarakat daya belinya tinggi, barangnya juga laris. Sehingga perekonomian juga membaik,” ujarnya.

Agus menambahkan, warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Apalagi setelah pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang dilarang, terutama yang mengundang keramaian. Menurutnya, meski kegiatan dilakukan di luar ruangan, namun tetap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Alun-alun di bantaran BKT juga harus menunjukkan kepada masyarakat bahwa banyak potensi yang ada di kawasan ini. Sehingga nantinya menjadi tujuan olahraga, tamasya atau sepulang kerja.

Selain itu campur tangan pemerintah dalam kegiatan ini juga merupakan wujud nyata bahwa Kota Semarang merupakan kota yang mengutamakan kepentingan masyarakatnya. Pada saat yang sama menciptakan ruang bagi seniman. Agus mengaku akan menghadirkan tari modern dari Desa Kaligawe yang akan menghibur para peserta.
“Harapannya tentu saja dengan masyarakat yang ramah, kemudian bisa mendorong perekonomian dan memberi wadah seniman untuk berekspresi,” akunya.

Dalam pertemuan di tempat lain, Plt Wali Kota Semarang yang biasa disapa Ibu Ita mengatakan, Kampung Hebat ini telah mengembangkan program bagi UMKM untuk bergotong royong dan bangkit bersama masyarakat.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi simbol ekonomi baru. Desa Agung dulu ada di Mijen sekarang di Gayamsari jadi ini bisa memecah tempat ramai. Jadi tidak hanya ramai di Simpang Lima, tapi juga di tempat-tempat yang mungkin tidak pernah dibuka untuk umum,” ujarnya. (Batas/ID)

Reporter:

Khafifah Arini Putri

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button