F1 Powerboat membuktikan Danau Toba layak menjadi tempat perhelatan internasional - WisataHits
wisatahits

F1 Powerboat membuktikan Danau Toba layak menjadi tempat perhelatan internasional

F1 Powerboat membuktikan Danau Toba layak menjadi tempat perhelatan internasional

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan ajang balap speedboat F1 Powerboat paling bergengsi di dunia di tempat tujuan wisata super prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara, membuktikan bahwa Danau Toba cocok untuk menjadi tuan rumah berbagai event internasional.

“Pelaksanaan acara ini menandai persiapan Danau Toba.

Jadi kalau ada yang meragukan Danau Toba menjadi tuan rumah event kelas dunia, kita bisa hancurkan (asumsi) itu,”

kata Menparekraf Sandiaga saat jumpa pers usai mengikuti lomba F1 Powerboat di Media Center F1 Powerboat Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Minggu (26/2/2023).

F1PowerBoat membuktikan bahwa Danau Toba layak menjadi tempat event internasionalF1PowerBoat membuktikan Danau Toba layak menjadi tempat event internasional, foto: Kemenparekraf

Sandiaga mengatakan, penyelenggaraan kapal motor F1 di Danau Toba juga membuktikan bahwa Danau Toba mampu mengusung konsep kelestarian lingkungan.

Selain itu, penyelenggaraan F1 Powerboat juga berhasil mendongkrak perekonomian masyarakat di kawasan Danau Toba, khususnya di Balige.

Berdasarkan data yang diperolehnya, Sandiaga mengatakan total dampak ekonomi dari penerapan Powerboat F1 ditaksir mencapai Rp 300 miliar dengan target hingga 25.000 kunjungan wisatawan.

“Kreatif kerajinan kebanggaan Sumut itu dipajang di stand-stand UMKM termasuk Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Di sini kami juga memberikan beberapa dukungan melalui pelatihan SDM, penyediaan infrastruktur dan pemantauan kesiapan akomodasi,”

dia berkata.

Ke depan, Sandiaga mengatakan pihaknya akan meningkatkan kehadiran event-event kelas dunia di Danau Toba, mulai dari festival film hingga festival musik dunia.

“Dengan demikian, acara ini akan memicu lebih banyak kegiatan dan investasi (di Danau Toba) sehingga kita dapat menghidupkan kembali perekonomian dan membuka peluang bisnis dan lapangan kerja,”

kata Sandiaga.

Pada balapan seri ini, pebalap Stromoy Racing Bartek Marszalek menempati posisi pertama usai melibas sirkuit sepanjang 2,2 km selama 18 lap.

Dengan hasil tersebut, Marszalek berhak mendapatkan 20 poin yang menjadi modal penting untuk melewati tujuh putaran selanjutnya di musim F1 Powerboat 2023.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button