Tiket dan Aktivitas CURUG BAYAN Banyumas - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG BAYAN Banyumas

Harga tiket masuk Curug Bayan: Rp 10.000

Wisata air terjun memang menyenangkan. Apalagi saat musim kemarau, yang di Indonesia sendiri sering panas tak tertahankan. Membenamkan diri dalam arus air terjun dan menyelam ke dalam kolam benar-benar menyegarkan. Seperti yang dirasakan wisatawan saat berkunjung Air Terjun Bayan di Banyumas.

Debit air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, namun kesejukannya tidak boleh dianggap remeh. Tempat wisata ini dekat dengan Wisata Baturaden. Air terjun ini menjadi tujuan utama bagi orang-orang yang ingin menyejukkan diri. Sebab, di Purwokerto dan sekitarnya tidak ada pantai, jadi tempat pelariannya adalah air terjun.

Tiket Masuk Air Terjun Bayan

Menikmati objek wisata ini sangat terjangkau. Di dekatnya juga terdapat vila-vila yang bisa ditampung oleh wisatawan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk THE FOREST ISLAND Purwokerto dan Wahana Seru

Jam operasional

Objek wisata ini bisa dinikmati dari pagi hingga malam. Namun, khusus bagi pengunjung yang menginap di vila, mereka bisa menikmati atraksi selama 24 jam.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB

Pesona Keindahan Curug Bayan

Air terjun mengalir melalui batuAir terjun menembus bebatuan. Foto: Gmap/Nathania

Curug Bayan terletak sekitar 3 kilometer dari Wisata Alam Baturaden. Yang terkenal di Kabupaten Purwokerto. Lokasinya juga sangat dekat dengan jalan raya sehingga tidak perlu trekking untuk sampai ke air terjun. Alamnya begitu indah, ditambah keindahan bendungan peninggalan Jepang dan Belanda yang masih kokoh.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter, namun pesonanya tetap menakjubkan. Di bawahnya terdapat kolam renang dengan luas 200-300 meter persegi dengan kedalaman 2-5 meter. Air terjunnya begitu jernih sehingga dasar kolam yang berupa bebatuan bisa terlihat dengan sangat jelas. Pengunjung dapat berenang dan bermain dengan bebas di kolam tersebut.

Di musim kemarau, saat yang tepat untuk bermain air di sini. Karena volume airnya tidak terlalu tinggi dan debit airnya sangat jernih. Bahkan, bebatuan di dasar kolam juga berani naik ke permukaan. Kemunculan batu-batu tersebut merupakan sebuah estetika tersendiri di mata Curug Bayan.

Baca: 6 Air Terjun Terpopuler di Jawa Tengah

Keindahan alam yang menakjubkan di Curug Bayan

keindahan panorama alam curug bayanAlam yang indah di Curug Bayangan. Foto: Gmap/Sandy Bagus

Tidak berlebihan jika menyebut Curug Bayan sebagai tempat yang megah. Karena di sekitar air terjun masih ditumbuhi pepohonan. Pepohonan ini memenuhi dasar air terjun, seolah mengelilingi air terjun dengan bayangannya. Tidak sedikit tanaman merambat dan juga beberapa semak yang menempel di dinding batu.

Meskipun biasanya hanya ada satu air terjun di bawah, hal ini tidak terjadi di Curug Bayan. Beberapa kolam dibuat di bawah air terjun dengan pembatas khusus. Yang mana, hambatan ini membedakan kedalaman kolam. Kalaupun ada yang dangkal, Anda harus berhati-hati karena aliran air terjunnya cukup penting.

Kolamnya sendiri dari air terjun jadi airnya sejuk sekali. Menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan hijau disekitarnya memang sangat menyejukkan. Menjadi obat penenang untuk menghilangkan rasa lelah dari aktivitas sehari-hari.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Danau Sunyi Baturraden

Malam yang nyaman di Curug Bayan

Wisma Curug Bayangan terlihat nyaman berbalut pepohonan rindangWisma Curug Bayangan terlihat nyaman berbalut rindangnya pepohonan. Foto: Gmap/david hendra

Di Curug Bayan, ada sebuah vila bernama Wisma Curug Bayan. Villa ini benar-benar tepat di bawah air terjun. Jadi, dengan membuka jendela vila, Anda akan langsung mendapatkan pemandangan air terjun yang indah. Dan Anda bisa merasakan kesejukan kolam renang dan rindangnya pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Villa di sini terbuat dari kayu, dibangun bertingkat dengan model panggung. Vila ini memiliki dua tingkat, tetapi terlihat seperti tiga karena di bagian bawah ada pilar. Di lantai satu terdapat ruang terbuka yang dilapisi dengan kayu yang mengelilinginya, sebagai tempat berkumpul. Kemudian di bagian paling atas adalah kamar tidur untuk bermalam.

Kamar-kamar di sini tersedia dalam berbagai ukuran dan tarifnya juga bervariasi. Terdapat kamar pribadi untuk keluarga atau pasangan yang ingin menikmati alam Curug Bayan. Ada juga vila yang luas untuk menginap rombongan, seperti kegiatan mahasiswa.

Baca: Tiket Masuk Curug Jenggala Banyumas dan Tempat Wisata

Spot foto di Curug Bayan

Pengunjung terlihat mengabadikan momen di depan air terjunPengunjung seolah mengabadikan momen di depan air terjun. Foto: Gmap/rufki vinanda

Alamnya yang indah sayang jika tidak diabadikan dengan berfoto. Pengunjung bisa merasakan ketenangan objek wisata ini sembari mengabadikan momen. Berfoto dengan background air terjun menjadi incaran para wisatawan. Meski tidak tinggi, air terjun ini masih terlihat dari jauh.

Batuan yang mencuat dari permukaan kolam juga bisa menjadi spot yang bagus. Pengunjung bisa memanjat batu-batu besar yang ada. Kemudian berpose dengan latar belakang air terjun yang terlihat lebih terang.

Tidak jauh dari air terjun juga terdapat panggung kayu. Platform kecil ini dapat menampung dua orang, bersandar di batu. Dimana, biasanya tempat ini menjadi spot favorit para pasangan untuk berfoto.

Baca: Curug Cipendok Banyumas Pamerkan Keindahan Alam

Kesejukan berenang di air dingin

Dinginnya air terjun tidak menjadi masalah untuk menyejukkan diri di sana. Pengunjung dapat berenang dengan bebas di kolam tersebut. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan dengan kedalaman kolam.

Selain itu, pengunjung juga bebas membawa jaket pelampung untuk berenang. Karena disini tidak ada persewaan pelampung, jadi lebih baik bawa sendiri. Tentunya akan lebih seru dan menyenangkan, apalagi jika dimainkan bersama keluarga dan teman-teman.

Baca: 11 Tempat Wisata Terbaik di Banyumas

Meredakan

Bisa dikatakan fasilitasnya masih tradisional, seperti toilet dan mushola. Untuk menghangatkan diri, pengunjung juga bisa makan di warung-warung kecil terdekat. Banyak yang menjual mendoan khas purwokerto yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Curug Bayan.

Lokasi Curug Bayan

Tempat wisata ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat kota Banyumas, air terjun ini dapat dicapai dalam waktu 1 jam berkendara.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button