Tiket & Atraksi CADAS NGAMPAR - WisataHits
wisatahits

Tiket & Atraksi CADAS NGAMPAR

Tiket & Atraksi CADAS NGAMPAR

Harga tiket masuk Batu Ngampar : Rp 1.500 – Rp 3.000. Jam buka: 07:30 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Gunungsari, Sadananya, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 46256.

Rocky Ngampor merupakan objek wisata alam sungai di Kabupaten Ciamis. Destinasi wisata ini bertempat di aliran Sungai Desa Gunungsari. Airnya jernih dengan lanskap berbatu yang membuatnya semakin menawan. Jika ingin mencoba rekreasi dengan nuansa pedesaan yang sesungguhnya, Cadas Ngampar adalah jawaban yang tepat.

Harga tiket masuk Batu Ngampar

Batu Karang Ngampar tergolong tujuan wisata murah. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati wisata di sini. Pengunjung hanya perlu membayar kurang dari 5.000 rupee per orang. Adapun kegiatannya tabung sungai tiket terpisah tersedia.

Biaya masuk
Tiket masuk dewasa Rp3.000
Tiket masuk anak Rp 1.500

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik di Ciamis

Jam buka

Cadas Ngampar terbuka untuk umum setiap hari kecuali hari Jumat. Jam buka dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada siang hari. Panas terik membuat bebatuan sungai panas dan tidak nyaman.

Jam operasional
Jam buka 07.30 – 16.00 WIB

Daya tarik Batu Ngampar

Batuan Sungai Cileur NgamparHamparan bebatuan di Sungai Cileueur yang menjadi kawasan wisata Rochers Ngampar – Foto: Gmap/Wisnu Prahara

Tidak jarang merasa lelah di tengah suasana kota dan segala aktivitasnya. Untuk itu, rekreasi telah menjadi kebutuhan primer sebagian besar penduduk kota. Banyak menghabiskan akhir pekan mereka mencari suasana baru dan berbeda.

Baca: Tiket Masuk Puncak Kertajaya Ciamis dan Pesona Perbukitan Hijau

Bagi yang ingin mencari suasana alam yang menyejukkan dan menyegarkan mata, pergilah ke Cadas Ngampar Ciamis. Objek wisata yang terletak di jalur air alami. Di sini, wisatawan bisa menikmati rekreasi alam di sekitar suasana pedesaan yang asri.

Kaki Gunung Sawal

Terletak di kaki Gunung SawalSungai Cileueur mengalir dari Gunung Sawal – Foto: Gmap/Wijaya Dewabhrata

Batu Ngampar terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Sektor tersebut menempati sebagian dari Sungai Cileueur. Sungai ini berasal dari mata air di Gunung Sawal.

Gunung Sawal sendiri terkenal sebagai suaka margasatwa. Gunung berapi ini memiliki ketinggian setidaknya 1.764 meter di atas permukaan laut. Daerah ini dikenal dengan beragam koleksi satwa liar. Dari monyet hingga macan tutul.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi PEAK BENCH

Sungai Alami

Suasana negaraSungai yang dikelilingi sawan dan hutan – Foto: Gmap/Nunu Kurnia

Daya tarik wisata Batu Ngampar adalah pesona sungai alami. Sektor Sungai Cileueur merupakan daerah aliran sungai yang cukup luas. Sungai ini dihiasi dengan banyak batu berserakan dengan berbagai ukuran. Bebatuan inilah yang menambah daya pikat sungai ini.

Nama Cadas Ngampar berarti “batu terbentang”. Nama ini memang diambil dari salah satu icon objek wisata tersebut. Karena di beberapa titik terdapat batu-batu besar yang bentuknya hampir rata.

Selain itu, di kanan dan kiri sungai terdapat areal persawahan dan kawasan hutan. Lanskap hijau ini melengkapi keindahan suasana di sekitar sungai. Untuk membuat semua orang betah dengan udara segar dan pemandangan yang menyejukkan.

Baca: LEMBANG PALSU Pesona alam yang luar biasa

rekreasi alam

Ramai turis Cadas NgamparMenikmati berbagai aktivitas rekreasi di sungai – Foto: Gmap/Fahmi A Aziz

Jika Anda sedang mencari kegiatan rekreasi dengan suasana pedesaan yang kental, disinilah tempat yang tepat. Di Cadas Ngampar, wisatawan bisa melakukan kegiatan rekreasi sederhana. Berenang dan permainan air menjadi kegiatan utamanya. Kemudian nikmati sejuknya aliran air Sungai Cileueur yang terduduk di bebatuan dengan permukaan yang halus.

Aliran sungai memiliki kedalaman yang beragam. Di beberapa bagian ada bintik-bintik dangkal. Namun ada juga bagian yang cukup dalam yang terlihat seperti kolam. Daerah yang dalam ini umumnya digunakan untuk mandi dan berenang.

Keberadaan bebatuan besar memang menjadi keuntungan yang jelas. Pengunjung dapat menguji keberanian mereka dengan melakukan ‘lompat tebing‘. Ada beberapa batu berukuran hingga 3 meter yang cocok sebagai alas. Namun jika masih ragu, untuk keamanan gunakan jaket pelampung yang bisa disewa murah di sini.

Piknik dan tubing

Botram berseru dengan orang yang dicintainyaBersantap dengan pemandangan dan suara aliran sungai – FOTO: Gmap/fidaul muttaqien

Usai bermain air, istirahatkan tubuh Anda di gazebo di tepi sungai. Kemudian, wisatawan bisa makan siang atau membeli di warung-warung yang ada. Atau kamu juga bisa mencoba sensasi bersantap di bebatuan sambil berteman dengan suara aliran sungai. Ingat, tetap buang sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan sungai ini ya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Cadas Ngampar adalah di luar musim hujan. Air yang mengalir umumnya lebih sedikit, tetapi lebih jernih tanpa membawa lumpur. Arusnya cukup kencang namun masih aman untuk berenang.

Aliran sungai jenis ini sangat cocok untuk kegiatan tabung sungai. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan dua jenis tube pack. dalam paket perjalanan panjang, wisatawan akan disarankan mengarungi sungai hingga 1 kilometer. Sedangkan paket short trip menempuh jarak 200 meter sehingga cocok untuk pemula dan anak-anak.

Peserta akan dibekali perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung dan helm. Selama kegiatan berlangsung, pemandu akan mendampingi dan menjaga keselamatan seluruh peserta. Rasakan serunya meluncur di antara bebatuan dengan aliran sungai yang jernih.

Fasilitas Batu Ngampar

Cadas Ngampar menawarkan toilet, gazebo, dan warung makan yang dilengkapi dengan gubuk. Karena terletak di pinggir jalan, maka area parkir yang tersedia sangat terbatas. Di sekitar lokasi wisata juga belum tersedia penginapan yang memadai. Asrama terdekat ada di Kota Ciamis.

Lokasi Batu Ngampar

Obyek wisata ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Jaraknya sekitar 12,5 kilometer sebelah utara Kota Ciamis. Lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi melalui jalan Jalan Sadana – Jalan Gunung Sari menuju Ciamis. Akses jalan cukup baik dengan jalan pedesaan yang sempit namun mulus.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button