Sedekah Laut Pantai Baron dibanjiri ribuan turis asing - WisataHits
Yogyakarta

Sedekah Laut Pantai Baron dibanjiri ribuan turis asing

Sedekah Laut Pantai Baron dibanjiri ribuan turis asing

tanpa judul

Krjogja.com – WONOSARI – Masyarakat dan nelayan pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul menggelar ritual sedekah di Pantai Baron, Tanjungsari, Rabu (10 Mei 2022). Ada rangkaian gunung dengan sesaji seperti kepala kambing, dua ekor ayam, nasi uduk, ingkung dan ubo landai lainnya yang dibawa ke Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Prosesi Berdodo bersama enam perempuan yang membawa karangan bunga turut memeriahkan karnaval gunung yang disaksikan oleh ribuan orang dan wisatawan.

“Sedekah laut ini merupakan ungkapan rasa syukur warga sekitar pantai kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sudah dilakukan selama ratusan tahun,” kata Panewu Tanjungsari, Edy Sedono.

Upacara Sedekah Laut dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dilakukan melalui doa bersama untuk menjaga keselamatan masyarakat pesisir, nelayan dan wisatawan. Kegiatan ini rutin dilakukan menjelang puncak panen ikan, yang biasanya terjadi di Pantai Baron pada akhir tahun.

Upacara budaya ini juga mensyukuri anugerah laut yang saat ini menjadi salah satu sumber pendapatan warga sebagai tempat menangkap ikan dan mengunjungi wisatawan.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, turut menyaksikan prosesi sedekah ini dari awal hingga akhir. Ia pun ikut Melarung atau mengambil sesajen dan sesajen yang telah disiapkan. Wakil Bupati Heri Susanto mengharapkan sinergi lintas industri untuk melestarikan tradisi ini dan mengangkatnya sebagai objek wisata. Selain itu, tradisi ini sudah menjadi kearifan lokal.

“Tradisi ini merupakan bagian dari keistimewaan kita, yang harus terus dilestarikan,” pungkasnya. (Bmp)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button