Tiga museum di Jogja yang bisa disinggahi untuk "Museum Date". - WisataHits
Yogyakarta

Tiga museum di Jogja yang bisa disinggahi untuk “Museum Date”.

Harianjogja.com, JOGJA—Akhir-akhir ini, mengunjungi museum menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama pasangan. Orang-orang muda saat ini menyebutnya “pengangkatan museum”.

Bayangkan sebuah karya seni bisa menjadi diskusi yang menarik dengan pasangan. Selain itu, kini mengunjungi museum tidak lagi identik dengan kegiatan yang membosankan. Pasalnya, beberapa museum mulai berbenah dan menawarkan layanan menarik bagi para pengunjungnya.

Jogja sebagai kota budaya memiliki banyak museum yang menarik untuk ditawarkan. Tidak hanya bisa dikunjungi bersama teman, museum ini juga sangat cocok dikunjungi berdua saja dengannya.

DIDUKUNG:

Dinas Perinkopukm Jogja buka IKM di Umbulharjo dan berharap IKM naik peringkat

Berikut rekomendasi museum di Jogja yang cocok untuk: tanggal museum pada akhir pekan!

Museum Affandi

Museum Affandi adalah museum yang menyimpan berbagai lukisan karya pelukis master Indonesia Affandi. Selain 300 lukisannya sendiri, museum ini juga menampung lukisan-lukisan pelukis Indonesia lainnya termasuk Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono dan banyak lainnya.

Terletak di tepi Sungai Gajahwong, Depok, Sleman, Museum Affandi terdiri dari empat galeri serta bangunan tambahan seperti loket penjualan tiket, dua studio dan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Menariknya, rumah Affandi memiliki atap yang berbentuk seperti rusuk tengah pisang.

Museum ini dibangun secara bertahap dari tahun 1974 hingga 2002. Kini Museum Affandi dibuka untuk umum dan dikunjungi setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WIB.

Pengunjung lokal akan dikenakan HTM sebesar Rp 50.000 yang sudah termasuk minuman dan souvenir. Jika Anda ingin menggunakan kamera untuk mengambil foto, Anda perlu menambahkan biaya sebesar Rp 20.000-30.000.

Museum Ullen Sentalu

Di lereng Gunung Merapi terdapat museum yang indah bernama Museum Ullen Sentalu. Beralamat di Jalan Boyong, Kaliurang, museum ini siap menyambut pengunjung yang ingin tanggal museum sekaligus mengenal budaya Jawa.

Ullen Sentalu merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Di sini pengunjung bisa melihat lukisan, alat musik tradisional, koleksi foto, arsip surat, kain batik dan masih banyak koleksi lainnya.

Pengunjung juga dapat mengikuti tur berpemandu di sana. Dua wisata yang ditawarkan yaitu Wisata Adiluhung Mataram dengan harga Rp 50.000 dan Wisata Vorstenlanden dengan harga Rp 100.000 per orang. Setiap sesi tur berlangsung selama 45 menit.

Berbeda dengan museum lainnya, koleksi museum dan wisata berpemandu di museum ini tidak diperbolehkan untuk difoto atau direkam. Museum ini dapat dikunjungi setiap hari Selasa – Minggu pukul 08.30 – 16.00 WIB.

Museum Sonobudoyo

Di jantung Kota Jogja terdapat museum yang wajib dikunjungi yaitu Museum Sonobudoyo. Museum ini terletak di Jalan Trikora antara Point Zero dan Alun-alun Utara di Kota Yogyakarta.

Berkunjung ke Museum Sonobudoyo bisa mengenalkan kita pada budaya Jawa. Ada sekitar 43.000 koleksi di sana yang merupakan peninggalan dari zaman prasejarah yang juga menjadikan museum ini sebagai salah satu museum terlengkap di Indonesia.

Ada satu lagi kegiatan wajib yang harus dilakukan di museum ini untuk melengkapi agenda tanggal museum. Selain mempelajari berbagai koleksi museum, pengunjung Museum Sonobudoyo juga dapat menonton film secara gratis.

Pemutaran film di Bioskop Museum Sonobudoyo dilaksanakan setiap hari Senin – Minggu pukul 16.00 – 20.00 WIB. Setiap hari ada empat film terjadwal yang akan diputar untuk menampilkan film-film khas kota Jogja.

Apakah Anda siap untuk mengunjungi museum untuk kencan sekarang?

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button