Tidak hanya Bromo, ini dia sejumlah destinasi wisata yang cocok untuk wisata Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Tidak hanya Bromo, ini dia sejumlah destinasi wisata yang cocok untuk wisata Jawa Timur

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Ada banyak destinasi wisata di Jawa Timur yang cocok untuk berwisata dengan motor atau mobil. Jadi dimana tempatnya?

Berikut rekomendasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto tentang destinasi wisata di Jawa Timur yang cocok untuk touring.

“Saya merekomendasikan desa wisata di Jawa Timur. Dari Banyuwangi ke Malang banyak tambahan tempat wisata dan jalannya bagus karena pemerintah pusat juga membantu perbaikan jalan dan keluarga angkat,” kata Sinarto kepada Tribun Jatim, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan liburan mengunjungi desa-desa wisata di kawasan tersebut dapat dilakukan selama berwisata. Tidak hanya untuk mengisi waktu liburan, tetapi juga untuk dapat menikmati keramahan penduduk desa wisata dengan pesona khasnya masing-masing.

Kawasan itu, lanjut Sinarto, juga memiliki berbagai wisata alam. Dari keindahan pegunungan hingga arung jeram di Madakaripura Probolinggo hingga pesona alam bawah lautnya.

Baca Juga: Kebun Raya Mangrove Surabaya, Mei Dibuka Akhir 2022, Hadir dengan Wisata Sungai ke ATV

“Tapi hati-hati dengan aliran air saat musim hujan. Meski Bromo-Tengger-Semeru tidak direkomendasikan, namun masyarakat memilih untuk datang. Akan segera ada jembatan kaca,” kata Sinarto.

Kemudian daerah Wilis Selingkar di sebelah barat. Sinarto mengatakan ada tujuh daerah yang telah mengembangkan pengelolaan pariwisata dan pemanfaatan alam di kawasan tersebut.

“Kediri, Kabupaten Trenggalek, ada Pandean, juara nasional 50 besar, Blitar ke depan, ketika Jalur Lingkar Selatan selesai itu bisa jadi pilihan. Ada gua, pantai, dan ekowisata dengan teh dan kopi terbaik,” katanya.

Wisata ke Jawa Timur bagian utara juga menawarkan berbagai pilihan wisata.

Berbeda dengan beberapa daerah sebelumnya yang menekankan wisata alam, bagian utara bisa digunakan untuk touring sambil jalan-jalan menyusuri kawasan religi, kata Sinarto.

“Tidak ada daerah yang memiliki lima penjaga. Kami ingin memperluasnya dengan festival,” katanya.

Sinarto juga optimistis daerah lain seperti Madura bisa lebih mudah dijangkau oleh agen perjalanan.

Moda transportasi ini diyakini dapat mempercepat akses wisatawan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di Madura.

“Nah, Madura pekerjaan penting buat saya, jadi ada upaya biro perjalanan yang bisa ditembus dari Probolinggo ke sana,” pungkasnya.

Source: jatim.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button