Tempat lomba dayung di Batang Baru, miniatur perahu naga siap menjadi oleh-oleh bagi pengunjung - WisataHits
Jawa Tengah

Tempat lomba dayung di Batang Baru, miniatur perahu naga siap menjadi oleh-oleh bagi pengunjung

Tempat lomba dayung di Batang Baru, miniatur perahu naga siap menjadi oleh-oleh bagi pengunjung

BATANG, AYSEMARANG.COM – Berpijak dari tradisi lomba perahu naga yang digelar setiap tahun sejak tahun 1977 di bulan Syawal, Eko Sulistiyo (36), warga Dukuh Sulur, Desa Karangsem Utara, Kabupaten/Kota Batang, berinisiatif mengadakan membuat miniatur perahu naga.

Ia membangun miniatur perahu naga karena tidak ada cinderamata khas lomba tradisional yang digelar warga Desa Klidang Lor secara turun temurun.

Pasalnya, tradisi yang sudah menjadi program wisata tahunan Pemkab Batang ini menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk sengaja melihatnya.

Baca Juga: Tawuran geng remaja di Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang, seorang remaja tewas akibat pukulan tajam

Apalagi saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang membangun tempat dayung tradisional perahu naga yang dilengkapi dengan tribun penonton. Hal ini akan menambah koleksi souvenir miniatur perahu naga khas Batang pada event pasca Idul Fitri tahun ini.

“Awalnya coba bikin sendiri, meski waktu itu kurang bagus, tapi berani mengkomersialkan miniatur perahu naga dengan mempostingnya di media sosial,” kata Eko Sulistiyo, Minggu, 15 Januari 2023.

Setelah diunggah ke media sosial, respon masyarakat cukup baik dan banyak juga yang memesan secara online. Penggemar miniatur perahu naga ini kebanyakan adalah anak-anak yang mengikuti lomba dayung tradisional dan beberapa pecinta perahu naga.

“Alhamdulillah model perahu naga ini mampu terjual sekitar 100 unit pada event dayung adat tahun 2022 nanti,” ujarnya.

Baca Juga: Mau Tahu Surga Tersembunyi di Pacitan? Mengunjungi Pantai Pangasan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button