Tanah Gunungan di Salakambang berubah menjadi rest area - WisataHits
Yogyakarta

Tanah Gunungan di Salakambang berubah menjadi rest area

Tanah Gunungan di Salakambang berubah menjadi rest area

tanpa judul

Krjogja.com – PURBALINGGA – Lahan tanah berbentuk perbukitan di Desa Selakambang, Kecamatan Kaligondang akan dialihfungsikan menjadi rest area. Lokasi rest area bernama Taman Gembrungan ini sangat strategis karena berada di persimpangan jalan Purbalingga-Pengadegan dan Purbalingga-Penolih Kejobong.

Tanah untuk membangun rest area adalah tanah kas desa. Pemerintah Desa (Pemdes) Selakambang berencana mengalokasikan dana pembangunan Rp 1,5 miliar.

“Tapi saat ini kami baru bisa mengalokasikan Rp 200 juta dari dana desa. Dana ini hanya bisa digunakan untuk pertamanan,” kata Kepala Desa Selakambang Bambang Wibowo usai Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menandatangani prasasti peresmian Taman Gembrungan sekaligus Roadshow Pemulihan Ekonomi UMKM, Senin sore (28/1/2022).

Ide pembangunan rest area Taman Gembrungan ini muncul dari adanya tanah pusaka desa yang tidak terpakai yang masih berbentuk pegunungan. Setelah berdiskusi, Kades Bambang Wibowo dan perangkat desa lainnya menyusun masterplan Taman Gembrungan.

Setelah diresmikan, Taman Gembrungan akan diperluas menjadi pusat kuliner. Saat ini, tak kurang dari 125 UMKM laki-laki di Selakambang telah membuka lapak di Taman Gembrungan.

“Kami juga berharap Taman Gembrungan nantinya bisa menjadi tempat berkumpulnya pengunjung di sejumlah tempat wisata di Kecamatan Kaligondang,” ujarnya.

Pemdes Selakambang juga bekerjasama dengan Disnaker dalam bentuk kegiatan pelatihan bagi UMKM di Selakambang. Termasuk kegiatan pembuatan makanan olahan berbahan dasar singkong. Hasil pelatihan berupa singkong wingko.

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi mengumumkan desa Selakambang dipilih sebagai lokasi roadshow pemulihan ekonomi karena desa tersebut masuk dalam kategori sangat miskin. Penduduk desa membutuhkan sentuhan dan bantuan dari pemerintah. Roadshow pemulihan ekonomi ini hadir saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia dua tahun lalu sehingga melemahkan sendi-sendi perekonomian.

“Angka ekonomi di tingkat nasional dan daerah menjadi negatif secara drastis, termasuk Purbalingga,” kata Tiwi.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Purbalingga mencanangkan kegiatan roadshow pemulihan ekonomi di seluruh kecamatan Purbalingga. Roadshow pemulihan ekonomi untuk meluncurkan produk unggulan di setiap desa.

“Salah satunya yang dipatenkan sebagai souvenir adalah produk Sidanegara berupa patung Jenderal Soedirman.” dia berkata.

Sementara itu, Plt Sekretaris DinkopUKM Adi Purwanto mengatakan banyak produk unggulan yang akan dibawa ke tingkat kabupaten dan ditarik dalam roadshow pemulihan ekonomi kecamatan Kaligondang yang dipusatkan di Taman Gembrungan Selakambang. Rencananya dikuratori dan diperiksa untuk kekurangan. Seperti cheeseware, pot, kerajinan bambu, kerajinan bordir, keripik dan berlian.

“Beberapa produk bagus. Kami akan hadirkan 12 sampai 15 produk untuk tingkat kabupaten,” kata Adi. (Rusia)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button