Taman Mangkubumi, sebuah taman hiburan dengan kombinasi wahana air dan resto di Tasikmalaya - WisataHits
wisatahits

Taman Mangkubumi, sebuah taman hiburan dengan kombinasi wahana air dan resto di Tasikmalaya

Taman Mangkubumi, sebuah taman hiburan dengan kombinasi wahana air dan resto di Tasikmalaya
Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 07.00-16.30 WIB, Alamat: Jl.AH Nasution No.Km 7, Kec. Mangkubumi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Taman Mangkubumi merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di kota Tasikmalaya. Konsepnya yang unik menjadi alasan mengapa banyak pengunjung datang setiap hari. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat berlibur, tempat ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berburu kuliner, karena dipadukan dengan konsep restoran.

Nama lain tempat wisata ini adalah Kamandara Resto. Sederhananya, destinasi wisata yang kita bahas kali ini sebenarnya adalah restoran yang menawarkan berbagai menu makanan. Namun karena letaknya yang menonjol, pengelola juga membangun taman yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain.

Taman Mangkubumi dikunjungi wisatawan dari berbagai lapisan masyarakat, tergantung tujuannya. Misalnya dari pihak keluarga biasanya bertujuan untuk mengajak anaknya bermain di taman. Sedangkan bagi pasangan muda lebih memilih untuk memanfaatkan makanan yang tersedia di restoran dengan menu yang cukup variatif.

Objek Wisata Taman Mangkubumi

Objek Wisata Taman MangkubumiKredit gambar: Google Maps Nino Marcelino

Banyaknya pengunjung yang datang ke Taman Mangkubumi bukan tanpa alasan, semua karena daya tariknya. Dilihat dari konsep wisatanya, tempat ini memiliki daya tarik utama berupa permainan dan wisata kuliner. Untuk lebih jelasnya, beberapa poin telah kami rangkum di bawah ini!

✦ Restoran dan Kafe Kamandara

Daya tarik pertama yang menarik pengunjung khususnya generasi muda milenial adalah karena adanya Kamandara Resto and Café. Beragam menu makanan tersedia di sini, kebanyakan berupa hidangan modern. Namun bukan berarti tidak ada makanan lokal, anda bisa mencicipi masakan khas Tasikmalaya dengan rasa yang enak dan nikmat.

Taman Mangkubumi tidak hanya mengandalkan restoran yang menyajikan makanan lezat untuk menarik perhatian wisatawan atau pelanggan. Pada hari-hari tertentu pengunjung dihibur oleh band-band independen yang membawakan lagu-lagu lokal maupun mancanegara. Menyantap makanan sambil mendengarkan musik favorit dijamin jadi lebih nikmat.

✦ Naik air terjun

Wahana waterboom juga menjadi salah satu daya tarik Taman Mangkubumi yang banyak diminati wisatawan. Sebagai pengunjung, Anda tidak harus ke restoran terlebih dahulu, namun Anda bisa langsung menuju ke waterpark yang dimaksud. Seperti di tempat lain, ada juga beberapa jenis kolam yang tersedia dari segi kedalaman.

Memang kebanyakan adalah kolam anak-anak yang dalamnya sekitar 50 sentimeter. Tapi soal fasilitas tetap sama, anak-anak bisa menikmati water slide atau seluncuran air dengan ketinggian yang lumayan. Selain itu, ada juga shower yang membuat mandi menjadi lebih menyenangkan.

✦ Tempat foto selfie tersedia

Bagi yang suka selfie, Taman Mangkubumi wajib dikunjungi karena memiliki beberapa spot cantik. Saat ini sedang tren digital, dimana foto bisa dijadikan sebagai konten media sosial. Sangat disayangkan tentunya jika berkunjung ke sini tanpa mencari spot foto. Selain itu, beberapa spot didesain khusus untuk menawarkan hasil jepretan yang unik dan indah.

Sebut saja jembatan beton melengkung. Tidak terlalu panjang, namun bentuknya unik dan cocok sebagai background. Jembatan ini terlihat klasik karena sisi-sisinya terbuat dari bata merah. Tempat lain yang perlu diperhatikan adalah rumah pohon di sebelahnya yang dihiasi dengan lampu warna-warni.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman MangkubumiKredit gambar: Google Maps Achmad Fitri

Selain daya tariknya, lokasi Taman Mangkubumi yang strategis juga menjadi alasan mengapa banyak dikunjungi wisatawan. Seperti namanya, tempat ini terletak di Mangkubumi, tepatnya di Jalan AH Nasution No.Km 7, Mangkubumi, Kecamatan Mangkubumi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jarak ke pusat kota sangat dekat, hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan kendaraan bermotor. Butuh waktu untuk menempuh jarak sekitar 4 kilometer dengan kecepatan rata-rata. Rute termudah dan tercepat adalah ke Jalan Pembangunan jika lokasi Anda saat ini berada di pusat kota.

Kemudian menuju Jalan Mayor SL Tobing sampai Anda tiba di Monumen Pahlawan Nasional. Dari titik ini ikuti Jalan AH Nasution, setidaknya sekitar 1 kilometer lebih. Jika Anda menemukan Alfamart di sisi kanan jalan, maka tujuan wisata sudah dekat. Silakan ikuti rambu-rambu tersebut sampai Anda tiba di kawasan wisata.

Harga tiket masuk dan jam buka

Taman Mangkubumi sebenarnya adalah tempat wisata dengan konsep resto, wahana air, dan spot foto selfie. Tentunya banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah karena objek wisata ini. Meski terlihat mewah, sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunjungi tempat wisata populer ini.

Bagi Anda yang sekedar duduk-duduk atau jalan-jalan, areanya gratis. Namun, jika Anda ingin memanfaatkan menu restoran, Anda harus membelinya dengan ketentuan harga saat ini. Jika ingin masuk kolam dan bermain di sana, Anda harus merogoh kocek 25.000 rupiah untuk satu orang.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Taman Mangkubumi yang MenarikKredit gambar: Google Maps Yadi Kusmayadi

Berkunjung ke Taman Mangkubumi sangat menyenangkan dan dijamin betah. Bagaimana tidak, tempat ini menawarkan berbagai aktivitas untuk segala usia. Misalnya anak-anak yang bisa menggunakan kolam atau anak muda yang mencari spot selfie.

1. Piknik Santai

Bagi para orang tua atau yang sudah menikah, kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini adalah piknik santai. Wisata hits di Tasikmalaya ini dibangun di atas lahan yang sangat luas. Banyak lapangan yang tidak digunakan, artinya tidak ada bangunan yang berdiri di sana. Lahan ini ditumbuhi rerumputan yang lebat, di beberapa sudut terdapat tanaman hias.

Wisatawan yang datang ke Taman Mangkubumi memanfaatkan lahan untuk piknik santai. Meski kegiatan ini sebenarnya lebih cocok untuk keluarga, banyak juga pasangan muda yang mempraktekkannya. Sambil bersantai, Anda bisa menikmati pemandangan taman yang indah dan semak belukar yang ada di sekitar lokasi.

2. Berburu spot foto

Spot foto menjadi salah satu daya tarik yang banyak diminati anak muda. Keberadaan spot ini tentunya sangat kondusif untuk kegiatan selfie hunting. Seperti disebutkan sebelumnya, ada jembatan melengkung dengan latar belakang pepohonan. Pilihan spot lainnya adalah bangunan berbentuk segitiga yang bentuknya seperti huruf A dan terbuat dari kaca.

3. Berenang di kolam renang

Bisa dikatakan kolam renang di Taman Mangkubumi merupakan kegiatan yang paling menarik, terutama untuk anak-anak. Selain itu, tersedia beberapa permainan, meski tidak terlalu lengkap. Anggap saja seluncuran air sudah lebih dari cukup untuk menambah keseruan aktivitas yang Anda lakukan saat berenang, apalagi pilihannya ada dua.

4. Kunjungan kuliner ke Café

Selain kegiatan yang disebutkan di atas, masih ada hal lain yang harus Anda lakukan saat berada di sini. Kegiatan yang dimaksud memang berburu kuliner, karena tempat ini menggabungkan konsep resto. Memang butuh budget lebih, tapi soal menu dan rasa makanan dijamin tidak akan mengecewakan.

Makanan yang tersedia di Mangkubumi Park Restaurant meliputi menu modern dan tradisional. Tidak hanya makanan saja tentunya, Anda juga bisa menikmati berbagai jenis minuman yang enak dan menyegarkan. Salah satu menu minuman favorit yaitu kopi pasti akan terasa lebih nikmat jika diiringi musik.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Taman MangkubumiKredit gambar: Google Maps Rizal wee

Berbagai fasilitas penting untuk memenuhi kebutuhan wisatawan ada di sini, jadi tak perlu khawatir. Tempat parkir yang luas mampu menampung puluhan mobil dan motor sekaligus. Tempat ini juga menawarkan toilet, tempat duduk berupa bangku, mushola, spot foto selfie dan wahana air sebagai fasilitas tambahan.

Banyak cara untuk mengisi waktu liburan, salah satunya dengan mengunjungi destinasi wisata. Taman Mangkubumi adalah salah satu wisata yang wajib Anda pertimbangkan bersama dengan objek wisata yang disebutkan di atas. Berkunjung ke tempat ini memang tidak membosankan, namun pastikan datang pada pagi atau sore hari saat tidak panas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button