Pantai Randusanga Indah Brebes - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Randusanga Indah Brebes – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kabupaten Brebes secara geografis terletak di sebelah utara dan barat Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap dan Banyumas, sebelah barat berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, dan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tegal. berbatasan langsung dengan perairan Laut Jawa. Dimana perbatasan laut membuat Kabupaten Brebes memiliki garis pantai yang panjang.

Berbicara tentang garis pantai, ada sebuah pantai di Brebes yang menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi, yaitu pantai Randusanga Indah. Dimana pantai merupakan kawasan yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan pelabuhan antar pulau atau kawasan wisata. Pantai dengan garis 2 km meter ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang menjadi andalan Brebes. Penasaran dengan pantainya? Yuk simak ulasannya di sini.

Sejarah Terbentuknya Pantai Indah Wisata Randusanga

Sejarah indah pantai RandusangaKredit Gambar: Google Maps alton super

Pada awalnya, pantai sepanjang kurang lebih 2 km ini hanyalah pantai yang tidak diperhatikan oleh pemerintah. Jadi dibiarkan begitu saja, tidak dikelola dengan baik. Namun, seiring banyaknya orang yang berkunjung atau berkumpul di pantai, pemerintah setempat menyadari potensi besar jika tempat tersebut dijadikan sebagai objek wisata. Akhirnya, sejak 2001, pantai ini diubah menjadi objek wisata.

Pengelola yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan pantai tunggal ini adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes. Dan pengelola akan terus mengembangkan tempat tersebut menjadi tempat wisata yang dapat menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Adanya potensi yang dimiliki pantai dengan luas 30 hektar tersebut tentunya dapat menjadi daya tarik wisata yang mendatangkan banyak pemasukan bagi daerah tersebut.

Daya tarik indah pantai Randusanga

Daya tarik indah pantai RandusangaKredit gambar: Google Maps Panji Pratikno

Objek wisata yang berada di utara kabupaten Brebes ini, memiliki panjang pantai sekitar 2 kilometer dengan luas sekitar 30 hektar. Namun, kawasan objek wisata tersebut baru dikembangkan sekitar 10 hektare. Terlepas dari segalanya, pantai ini memiliki panorama alam yang indah. Maka tidak heran jika banyak pengunjung yang datang hanya untuk menikmati indahnya panorama pantai.

Memiliki ciri khas pantai utara dengan ombak yang begitu tenang, sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata sepeda atau sekedar jalan-jalan. Selain memiliki pantai yang luas, tempat wisata ini cukup ideal untuk jalan-jalan karena pantai berpasir tanpa bebatuan dilengkapi dengan segarnya udara laut, apalagi jika aktivitas tersebut dilakukan di pagi hari untuk menikmati sunrise, atau di sore hari. untuk mengambil keuntungan dari kembalinya matahari ke kompetisi.

Karena struktur pantainya yang landai, objek wisata alam ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Sambil bermain air, Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain pasir membuat rumah. Pengunjung juga diperbolehkan berenang, jika berniat berenang bisa menyewa ban dalam sebagai pelampung yang sudah disediakan pengelola pantai.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Randusanga Indah

Alamat Pantai Randusanga IndahKredit gambar: Google Maps Indra Hutagalung

Pantai yang dulunya bernama Pantai Randusanga ini terletak di Desa Randusanga Kulon. Tepatnya, terletak sekitar 7 kilometer sebelah utara Jalan Raya Pantai Utara, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dalam perjalanan menuju pantai Anda akan menemukan hamparan perkebunan bawang merah yang sangat luas. Kemudian, saat mendekati pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan kolam warga untuk budidaya bandeng dan rumput laut.

Lokasi pantai ini sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 12 kilometer. Selain itu, terdapat banyak rambu lalu lintas di sisi jalan. Objek wisata dengan garis pantai sekitar 2 kilometer ini, merupakan salah satu objek wisata alam yang utama, sehingga pastinya akan mudah ditemukan. Namun, jika Anda tidak mengerti GPS atau rambu-rambu jalan, Anda bisa bertanya kepada masyarakat setempat.

Fasilitas lengkap yang dimiliki oleh Pantai Randusanga Indah

Fasilitas Pantai Randusanga yang IndahKredit gambar: Google Maps Edhy Hernanto

Sebagai objek wisata unggulan kabupaten Brebes, pantai Randusanga Indah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini dibuktikan dengan adanya anjungan dan penyediaan fasilitas umum seperti mainan anak, panggung hiburan, arena balap mobil (grass track), bumi perkemahan, kolam renang untuk taman air becak, taman air, serta arena wisata remaja dan dewasa. dilengkapi dengan paviliun.

Dengan banyaknya fasilitas yang ada di tempat wisata ini, pengunjung bisa menggunakannya ketika selesai bermain air laut, untuk anak-anak bisa bermain langsung di taman bermain anak, sedangkan orang tua bisa bersantai di gazebo sambil mengawasi anak-anak. Ada juga arena becak air yang bisa menjadi objek wisata romantis, di mana Anda dan pasangan mengayuh bebek sambil bercanda dan tertawa.

Jika beruntung, pada waktu-waktu tertentu akan ada hiburan yang biasanya bertempat di panggung hiburan. Atau performa balap mobil di trek rumput. Gazebo yang dibangun pengelola juga bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat atau menghindari terik matahari. Selain istirahat, pengunjung juga bisa makan siang bersama keluarga.

Seperti tempat wisata pantai lainnya, tempat ini dilengkapi dengan kamar mandi yang cukup bersih dan kamar flushing. Selain itu, ada juga mushola bagi umat Islam. Jika Anda merasa bingung atau ingin tahu lebih banyak tentang Pantai Randusanga Indah, Anda bisa menyewa pemandu untuk memandu Anda dan keluarga melalui wisata pantai.

Wisata Kuliner dan Belanja di Pantai Randusanga Indah

Wisata Kuliner yang Menyenangkan di Pantai RandusangaKredit gambar: Google Maps Muhammad Hanafi

Berkunjung ke wisata tepi laut, tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata kuliner dan berbelanja keliling. Sama seperti tempat wisata lainnya, di tempat wisata alam Kabupaten Brebes ini pengunjung dapat dengan mudah menemukan wisata belanja dan kuliner. Bagi pengunjung yang suka berbelanja, terutama oleh-oleh dan oleh-oleh, ada baiknya menyempatkan diri untuk berburu oleh-oleh sebelum pergi.

Ada banyak oleh-oleh khas Brebes yang bisa dibawa pulang, mulai dari kerajinan laut, kaos pantai, hingga perkebunan bawang merah juga bisa ditemukan di pantai Randusanga Indah. Pengunjung bahkan bisa membeli oleh-oleh berupa telur asin bakar atau telur asin bakar. Selain itu, ada juga oleh-oleh berupa rumput laut yang bisa dibeli langsung dari kolam budidaya warga.

Bagi Anda yang menggemari wisata kuliner, sayang sekali jika melewatkan keseruan kuliner di tempat wisata alam ini. Pasalnya di sepanjang jalan pantai banyak terdapat warung makan yang menawarkan berbagai menu, dan yang paling populer adalah masakan seafood, mulai dari ikan bakar dengan cita rasa khas Brebes, dari ikan bawal, olahan cumi, kakap, kepiting. , kepiting dan udang, semuanya bisa dicoba.

Untuk rasa, Anda tidak perlu khawatir. Karena cita rasa warung makan bisa dibandingkan dengan menu-menu restoran di kota. Apalagi jika seafoodnya masih segar, Anda tidak akan menyesal mampir untuk mencicipi masakannya. Untuk harga makanannya sendiri tentunya lebih murah dibandingkan dengan harga masakan seafood di tempat lain.

Akomodasi di dekat Pantai Randusanga yang indah

Akomodasi di sekitar Pantai Randusanga yang indahKredit gambar: Google Maps mohammad khoirul faiz

Ketika Anda mengunjungi tempat baru yang benar-benar asing dan nyaman, tentunya akan sulit untuk Anda tinggalkan. Jika Anda merasa seperti itu, Anda bisa bermalam dua malam di dekat pantai. Soal akomodasi jangan khawatir, di dekat pantai Randusanga Indah sudah banyak pengelola yang menawarkan akomodasi, losmen, hotel. Dari yang paling mahal sampai yang paling sederhana juga ada.

Jika Anda terlalu lelah untuk berkendara karena berasal dari luar kota dan ingin bermalam, Anda bisa memilih penginapan di dekat pantai. Karena selain tidak harus menempuh perjalanan jauh, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai di malam hari. Selain itu, mencari makan di malam hari juga akan lebih mudah karena dekat dengan warung di sepanjang jalan pantai. Jadi menginap satu atau dua malam tidak buruk.

Menjadi objek wisata alam yang menjadi andalan kabupaten Brebes, pantai Randusanga Indah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Memiliki panorama pantai yang begitu menyejukkan, juga ditambah dengan fasilitas yang cukup lengkap menjadikan objek wisata ini dikenal oleh wisatawan. Jika Anda ingin menikmati keindahan alam pantai Randusanga Indah, jangan lupa untuk mengunjungi Brebes.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button