Karnaval budaya dimulai dengan Festival Internasional Teluk Lalong di Banggai - WisataHits
Jawa Tengah

Karnaval budaya dimulai dengan Festival Internasional Teluk Lalong di Banggai

Laporan wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI – Karnaval Budaya, rangkaian kegiatan di Teluk Lalong International Festival 2022, menandai dimulainya semarak event pariwisata di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili secara resmi melepas 41 peserta karnaval di Lapangan Bumi Mutiara Luwuk pada Rabu sore (24/822).

Karnaval budaya tersebut tidak hanya dihadiri oleh berbagai komunitas seni, suku dan pemerintah kecamatan yang menampilkan ciri khas budayanya masing-masing, namun juga dimeriahkan oleh delegasi dari negara sahabat, khususnya Filipina dan Korea Selatan.

Meski belum tiba di Banggai, delegasi dari Malaysia telah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti Festival Teluk Lalong 2022.

Baca Juga: Harmoni Maluku di Banggai Ikut Karnaval Budaya dengan Tari Lenso dan Cakalele

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Furqanuddin mengatakan Festival Teluk Lalong 2022 merupakan ajang promosi pariwisata yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan khususnya wisatawan mancanegara ke Banggai. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi kota juga harus meningkat.

“Insya Allah budaya yang kita promosikan akan menarik perhatian dari luar negeri sehingga membuat turis asing membanjiri Banggai. Hal ini tentunya akan berdampak positif terutama terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Banggai,” kata Wakil Bupati Furqanuddin sebelum membubarkan peserta karnaval.

Wakil Bupati Furqanuddin mencerminkan melalui keragaman budaya yang dipamerkan bahwa persatuan dan kesatuan selalu terjaga di Kabupaten Banggai.

“Walaupun kita berbeda budaya dan suku, kita tetap satu,” katanya.

Baca Juga: Kasus Pembom Ikan Terhadap Petugas yang Ditahan Masuk Tahap Penyidikan

Usai membubarkan peserta, Wakil Bupati melanjutkan pertemuan dengan Jl Ir Soekarno di depan kantor Bupati dan bergabung dengan jajaran Pemkab Banggai dan Forkopimda yang bersiap menyambut seluruh peserta karnaval budaya.

Marching Band SMAN 3 Luwuk mengawali parade peserta karnaval dengan mengenakan pakaian khas dari berbagai etnis di Banggai seperti Andio, Saluan, Balantak, Banggai, Laut-Laut (Kepulauan Banggai) serta etnis lainnya.

Beberapa di antaranya adalah etnis Bugis, Makassar, Kaili, Mori, Minahasa, Minang, Jawa, Maluku dan lain-lain.

Rute peserta berangkat dari Lapangan Bumi Mutiara Luwuk menuju pertigaan kantor PLN Luwuk dan berbelok ke tugu Adipura. Selanjutnya terjadi Jl. orang Irlandia Soekarno di depan rumah Bupati. Di hadapan Wakil Bupati dan Pemkab Banggai, masing-masing delegasi menampilkan atraksi seni seperti tarian dan permainan tradisional.

Dari sana, peserta berbelok ke arah jalan di depan Kantor Camat Luwuk, kemudian menuju Graha Pemda dan berakhir di Astaka di depan Masjid Raya AnNur Luwuk. Dengan berjalan kaki, para peserta karnaval disambut hangat oleh masyarakat yang memadati sejumlah ruas trotoar di sepanjang jalur karnaval.

Festival Teluk Lalong 2022 resmi dibuka pada Rabu malam (24/8/2022) di Ruang Terbuka Hijau Teluk Lalong.

Source: palu.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button