Taman Kota Bekasi, sebuah taman eksotis dengan panorama alam yang mempesona - WisataHits
wisatahits

Taman Kota Bekasi, sebuah taman eksotis dengan panorama alam yang mempesona

Taman Kota Bekasi, sebuah taman eksotis dengan panorama alam yang mempesona

Taman Kota Bekasi merupakan salah satu taman kota yang tidak jauh dari pusat kota, yang menawarkan area berkemah dan jalur pengobatan rematik.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Veteran #46, Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Mengunjungi Taman Kota Bekasi cocok jika Anda bersama orang-orang terdekat, seperti rekan atau keluarga. Keindahan taman dan tanaman yang ada membuat suasana menjadi lebih sejuk. Itu yang menjadi daya tarik sebuah taman di tengah kota besar seperti Bekasi.

Taman kota ini mungkin akan mengejutkan sebagian orang di luar Bekasi, karena kota ini tidak hanya terdiri dari gedung perkantoran yang menjulang tinggi. Namun, ada taman kota yang indah yang membantu memberikan udara segar di kota.

Taman ini dikelola dengan baik, sehingga tata letaknya memungkinkan pengunjung betah berlama-lama. Selain udaranya yang segar berkat kumpulan pepohonan, lokasinya juga strategis. Lokasi ini memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah mengaksesnya.

Objek wisata milik Taman Kota Bekasi

Objek Wisata Taman Kota BekasiKredit gambar: Google Maps Mutiara Soprima

Daya tarik taman kota ini berhasil menarik perhatian wisatawan. Maka jangan heran jika pengunjung taman ini tidak pernah sepi setiap harinya. Selain rimbunnya pepohonan dan segarnya udara, apa saja sisi menarik dari taman kota ini?

1. Tempat bermain anak

Taman Kota Bekasi memiliki area khusus untuk wahana kiddie. Kawasan ini memiliki beberapa wahana, seperti terowongan, ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, dll. Di akhir pekan, anak-anak bisa bermain wahana.

2. Fasilitas olahraga

Selain bermain dan jalan-jalan, taman kota ini juga dilengkapi area dan fasilitas khusus bagi pengunjung untuk berolahraga. Fasilitas tersebut antara lain roller skating track, jogging track dan peralatan gym yang dapat digunakan secara gratis.

Fasilitas ini biasanya ramai saat liburan atau akhir pekan. Memang saat liburan, masyarakat memiliki waktu luang untuk jogging dan berolahraga di taman. Namun, hari kerja juga ramai karena sore hari sering digunakan untuk berolahraga.

3. Suasana sejuk dan asri

Tidak hanya memberikan pemandangan yang indah, suasana sejuk melihat pepohonan hijau membuat Taman Kota Bekasi semakin menarik untuk dikunjungi. Semua pohon dan tumbuhan tumbuh subur di taman ini.

Setiap pohon menumbuhkan daun-daun yang rimbun, memberikan udara segar di taman. Taman juga menawarkan pengunjung yang memilih untuk beristirahat di sana suasana yang nyaman dan tenang.

Biasanya pengunjung suka berpiknik di bawah pohon rindang. Wisatawan diperbolehkan menggelar kain untuk alas tikar kemudian bersama anggota keluarga berkumpul dan menikmati perbekalan yang dibawa dari rumah.

Pada musim kemarau, beberapa bagian halaman memang akan tampak gersang. Namun, bunga di taman biasanya tetap mekar. Kawasan Taman Kota Bekasi ini bisa digunakan untuk berfoto dengan latar bunga bugenvil.

4. Fasilitas lengkap

Tempat menarik di Bekasi ini setidaknya tumbuh sekitar 300 batang pohon lain dari berbagai jenis. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, taman ini sering dijadikan sebagai tempat olahraga, tempat bersantai bahkan tempat berkumpulnya komunitas.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan tidak perlu khawatir dengan minimnya fasilitas umum yang ada. Pengelola taman telah menyediakan toilet umum, area bermain anak, mushola bahkan area dengan akses jaringan wifi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Kota BekasiKredit gambar: Catatan Google Maps Fauzul

Taman Kota Bekasi tepatnya berada di Jalan Ahmad Yani No.2, Kelurahan Kayu Ringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Taman kota ini dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 13 menit dari terminal kota Bekasi. Jika ingin berangkat dari terminal, perjalanan dilanjutkan ke barat laut menuju Jalan Raya Pantura, atau Jalan Ir. H. Juanda. Kemudian lurus di bundaran, lanjutkan di Jalan Ir. H. Juanda.

Lanjutkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sejauh 290 meter. Lalu belok kiri ke Jalan Guntur Raya. Ikuti terus jalan tersebut kemudian belok kiri menuju Jalan Ahmad Yani. Taman Kota dekat saat berada di jalur ini.

Harga Tiket Masuk Taman Kota Bekasi

Saat berkunjung ke Taman Kota Bekasi, pengunjung hanya perlu membawa uang tunai dalam pecahan kecil untuk membayar biaya parkir. Tidak ada tiket masuk untuk berkunjung, karena taman ini bisa dikunjungi secara gratis.

Sedangkan biaya parkir yang dibebankan kepada pengunjung ditetapkan dengan harga yang berbeda. Untuk biaya parkir mobil sendiri dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Sedangkan biaya parkir sepeda motor adalah Rp 3.000.

Dengan budget minim ini, wisatawan bisa merasakan semua atraksi dan fasilitas taman kota. Sisa anggaran bisa digunakan untuk membeli oleh-oleh atau menikmati kuliner dengan harga murah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Kota Bekasi

Aktivitas menarik di Taman Kota BekasiKredit gambar: Google Maps Sensei hasan basri

Meski hanya sebuah taman, pengunjung tidak hanya bisa berjalan-jalan dan menikmati rimbunnya pepohonan, tapi juga menggunakan fasilitas tambahan di dalamnya. Serta berbagai aktivitas seru yang bisa dicoba saat berkunjung ke taman kota ini.

1. Perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, Taman Kota Bekasi menyediakan area khusus untuk institusi seperti kantor atau sekolah, bahkan kegiatan berkemah yang diprakarsai sendiri. Bumi perkemahan di sini sangat luas, sehingga bisa berdiri belasan tenda.

Di kawasan ini kondisi tanahnya berumput, landai dan datar sehingga cocok dan nyaman sebagai tempat berkemah. Namun ketika ingin membuat api unggun, pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu karena area camping ini masih merupakan bagian dari taman kota.

2. Monumen perjuangan

Sambil menjajal sarana dan prasarana taman kota, pengunjung juga bisa merasakan sejarah kawasan Taman Kota Bekasi ini. Terdapat bangunan khusus berupa tugu perjuangan yang memang dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan masa lalu.

Pahlawan rakyat dari Karawang ini bertempur dalam invasi militer pertama Belanda. Monumen ini diukir dengan puisi berjudul Karawang, Bekasi. Puisi yang ditulis oleh Chairil Anwar ini mengandung rasa sedih karena banyak orang yang kalah karena gugur dalam pertempuran di zaman itu.

Situs bersejarah ini tentu menjadi pilihan menarik bagi pengunjung, karena tidak harus ke gedung Juang Bekasi. Situs peninggalan sejarah Indonesia ini memang sengaja dibangun agar wisatawan bisa sekaligus belajar sejarah.

3. Jejak terapi rematik

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menjajal aktivitas menarik lainnya di taman cantik di selatan Bekasi ini, berupa jalur bebatuan yang disiapkan khusus untuk pengobatan rematik. Area ini sering digunakan oleh orang tua dan berjalan kaki singkat di jalur ini.

Hanya dengan berjalan kaki dalam beberapa menit saja, tubuh bisa terasa lebih fit dan keluhan akibat rematik bisa berkurang. Tentunya perawatan sederhana ini dapat dilakukan secara rutin, serta hasil yang maksimal karena dapat digunakan secara gratis.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Kota BekasiKredit gambar: Google Maps Mutiara Soprima

Taman Kota Bekasi memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap sebagai taman kota. Fasilitas tersebut tentunya ada untuk membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Beberapa fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut.

  • ruang sholat
  • Trek jogging
  • Tempat parkir
  • kursi taman
  • Kamar mandi
  • Jalur sepatu roda
  • Arena olahraga gratis
  • Tempat bermain
  • Kolam
  • Pusat Wisata Kuliner
  • Belvedere
  • lampu taman

Yang membedakan Taman Kota Bekasi dengan taman kota lainnya adalah daya tarik dan fasilitasnya yang lengkap. Oleh karena itu, taman kota ini tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai seorang turis, yang perlu Anda ingat adalah menjaga kebersihan karena tempat ini adalah tempat wisata umum.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button