Candi Jiwa Karawang, mengunjungi candi tertua di Kerajaan Tarumanegara - WisataHits
wisatahits

Candi Jiwa Karawang, mengunjungi candi tertua di Kerajaan Tarumanegara

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Candi Jiwa, Segaran, Kec. Batujaya, Kab. Karawang, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Tempat wisata di Kabupaten Karawang bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Selain pemandangannya yang menarik, banyak juga tempat wisata yang menawarkan tiket masuk yang relatif murah, seperti Candi Jiwa di Segaran, Karawang.

Sebuah kawasan wisata peninggalan candi Budha kuno, Candi Jiwa bisa menjadi pilihan destinasi liburan bagi anda yang menyukai wisata sejarah. Situs candi yang menyimpan misteri ini masih berada di kompleks candi Batujaya. Candi Jiwa atau Candi Batujaya I merupakan salah satu dari 46 titik yang terdapat di kawasan Batujaya.

Setelah ditemukannya kompleks candi ini, pemerintah melakukan pemugaran dan menjadikannya sebagai kawasan wisata di Karawang. Candi Jiwa merupakan destinasi liburan yang cocok untuk segala usia, dari anak-anak hingga dewasa. Ada beberapa pesona tempat ini, terutama sejarah misterius dari kuil jiwa itu sendiri.

Ikhtisar Kuil Jiwa

Tentang Kuil JiwaKredit Gambar: Desain Google Maps

Candi Jiwa merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang terdapat di kompleks candi Batujaya. Candi ini merupakan salah satu peninggalan agama Buddha di Karawang. Beberapa sumber menyebutkan bahwa bangunan candi sudah ada sejak zaman kerajaan Tarumanegara antara abad ke-2 hingga abad ke-12 Masehi.

Pada mulanya benda-benda purbakala ditemukan oleh masyarakat setempat kemudian dilaporkan kepada pemerintah. Pada tahun 1984 mulai dilakukan penelitian untuk penemuan-penemuan di areal persawahan. Puluhan situs ditemukan di dua desa, yakni di Tegaljaya hingga 11 situs dan di Segaran hingga 13 situs.

Candi Jiwa adalah salah satu situs bersejarah di Segaran, Karawang. Masyarakat sekitar menyebutnya Unur Jiwa. Situs bersejarah lain di sekitar Candi Jiwa antara lain Unur Danar, Unur Blandongan dan Unur Sumur.

Objek Wisata Pura Jiwa, Karawang

Atraksi Kuil JiwaKredit gambar: Google Maps Billy Tantri

Unur Jiwa atau Candi Jiwa memiliki banyak daya tarik dan salah satunya adalah arsitektur bangunannya. Bentuk bangunan bersejarah ini adalah persegi dengan ukuran 19m x 19m dengan tinggi kurang lebih 4,7m. Arsitektur Kuil Jiwa memiliki bentuk menyerupai bunga teratai.

Uniknya, bangunan candi ini tidak memiliki pintu atau tangga. Arah bangunan candi dapat menghadap ke barat daya atau tenggara. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, Candi Jiwa terletak di kawasan danau. Hal ini dikarenakan nama desa tersebut adalah Segaran yang bisa diartikan sebagai telaga atau telaga.

Penemuan candi tertua ini dilakukan pada kedalaman 2 meter dengan bentuk asli yang hampir sempurna dibandingkan dengan candi-candi lain di kompleks Batujaya. Setelah direstorasi, Candi Jiwa dapat dinikmati dengan lebih baik tanpa mengubah desain aslinya. Wisatawan dapat melihat dari dekat bagaimana arsitektur pada saat candi ini dibangun.

Selain lokasi candi, hal menarik lainnya tentang situs bersejarah ini adalah kisah-kisah misterius yang mengelilinginya. Menurut cerita penduduk setempat, areal candi yang sebelumnya masih tertutup tanah dilewati oleh ternak lokal seperti kambing. Yang aneh adalah hewan-hewan ini mati mendadak setiap kali melintasi bumi.

Selain kisah misterius Candi Jiwa, situs peninggalan sejarah ini kini bisa dinikmati sebagai objek wisata sejarah di Karawang. Candi yang tidak sebesar candi Budha lainnya ini sering dikunjungi wisatawan, baik pada hari libur maupun pada hari biasa.

Waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau sore hari. Jika tidak ingin terkena panas matahari, hindari datang pada siang hari. Jangan lupa membawa perlengkapan perjalanan seperti kamera, kacamata, topi, dll.

Pemandangan di Kuil Jiwa

Pemandangan kuil jiwaKredit gambar: Google Maps Billy Tantri

Wisatawan yang mengunjungi Kuil Jiwa dapat menikmati pemandangan dari bangunan kuno. Bangunan bersejarah peninggalan Buddhis ini tidak begitu tinggi, sehingga pengunjung dapat melihat keseluruhan sisi bangunan dengan lebih mudah. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berfoto di sekitar area candi.

Selain bangunan candi, wisatawan yang datang juga akan disuguhi pemandangan indah persawahan di sekitarnya. Candi Jiwa memang terletak di tempat yang dikelilingi persawahan. Pemandangan di sekitar kompleks candi juga cukup bagus untuk dijadikan latar foto liburan Anda di Candi Jiwa, Karawang.

Fasilitas yang tersedia di Candi Jiwa

Fasilitas Kuil JiwaKredit gambar: Google Maps Nuim Khayat

Tempat wisata di Karawang ini dikelola oleh pemerintah setempat dan merupakan situs peninggalan sejarah yang dilindungi. Wisatawan bisa datang dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahan bangunan candi. Pengunjung objek wisata ini juga dapat menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan, seperti berikut ini.

1. Parkir

Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, dapat menitipkan kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan. Tempat parkir kompleks candi cukup luas dan aman.

2. Masjid

Objek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Jawa Barat ini menawarkan beberapa fasilitas bagi pengunjung. Selain tempat parkir, juga disediakan musholla kecil untuk wisatawan.

3. Toilet

Fasilitas lain yang disediakan di kawasan wisata Candi Jiwa adalah toilet. Pengunjung tidak perlu bingung jika ingin buang air besar, karena terdapat toilet yang cukup nyaman untuk digunakan.

Lokasi dan rute ke Kuil Jiwa

Lokasi Kuil JiwaKredit Gambar: Google Maps Arief Surahman SMK Attaqwa 03 digunakan

Candi Jiwa terletak di Kompleks Candi Batujaya, Karawang, Jawa Barat. Situs bersejarah ini termasuk dalam wilayah desa Segaran, Batujaya. Bagi Anda yang ingin berkunjung, tidak perlu khawatir karena lokasi tempat wisata di Karawang ini mudah diakses. Anda juga dapat menggunakan peta google untuk mendapatkan lokasi kuil jiwa.

Wisatawan yang ingin mengunjungi Kuil Jiwa dapat menggunakan bantuan Internet atau Google Map untuk menuju ke sana. Selain itu, Anda juga dapat bertanya kepada penduduk setempat yang ramah tentang petunjuk arah ke kuil jiwa. Kawasan wisata ini cukup terkenal di Karawang sehingga warga sekitar tahu arahnya.

Jalan menuju pura jiwa dan menuju kawasan pura Batujaya cukup bagus dan mudah diakses dengan kendaraan. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk mencapai lokasi Kuil Jiwa. Setelah itu, kendaraan dapat diparkir di area yang telah ditentukan.

Biaya masuk ke Kuil Jiwa

Harga Tiket Kuil JiwaKredit gambar: Google Maps Indra Susanto

Tempat wisata Pura Jiwa di Karawang merupakan salah satu tempat wisata murah. Pengunjung yang ingin masuk hanya perlu membayar tiket sekitar 5.000 per orang. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau ini menjadikan Candi Jiwa sebagai destinasi liburan akhir pekan yang ideal bersama keluarga atau teman.

Setelah membayar tiket masuk, wisatawan bisa langsung menikmati pemandangan dan suasana kompleks Candi Jiwa. Jangan lupa untuk menggunakan kamera yang Anda bawa untuk mengabadikan momen dan pemandangan objek wisata bersejarah ini. Pilih sudut yang tepat sehingga semua bangunan candi dapat masuk ke dalam bidikan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button