Taman Hutan Kota Penjaringan di kawasan asri ini memiliki labirin - WisataHits
wisatahits

Taman Hutan Kota Penjaringan di kawasan asri ini memiliki labirin

Taman Hutan Kota Penjaringan di kawasan asri ini memiliki labirin

Harga tiket masuk Taman Hutan Kota Penjaringan: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl.Pramuka II, RT.7/RW.16, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14450.

Taman Hutan Kota Penjaringan adalah ruang terbuka hijau yang cukup terkenal di ibu kota. Memang seperti namanya, taman ini seperti hutan dengan banyak pepohonan yang tumbuh lebat. Tak salah jika taman dengan luas hampir 14 hektar ini disebut sebagai paru-paru kota Jakarta.

Selain kawasan teduh, terdapat berbagai atraksi di taman kota ini. Dari jogging track hingga labirin yang unik. Banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di tempat ini. Baik bersantai, berolahraga atau bermain dengan anak-anak.

Harga tiket

Taman kota ini tidak memungut biaya pengunjung dengan tiket masuk atau gratis. Siapkan saja uang tunai untuk parkir jika Anda membawa kendaraan.

Harga tiket
Tiket masuk Bebas
Tempat parkir mobil 2.000

Baca: Tiket GBK CITY HUTAN, Jam Buka dan Atraksi

Jam buka

Tidak ada jam buka di Taman Hutan Kota Penjaringan. Taman ini buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa datang kapan saja. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pada pagi atau sore hari. Saat matahari tidak terlalu terik, Anda bisa menikmati udara segar sambil jogging.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Objek Wisata Taman Hutan Kota Penjaringan

Pemandangan Taman Hutan Kota PenjaringanSuasana asri sangat terasa di sekitar taman. Foto: google maps/Gusti Myono

Daya tarik utama hutan kota ini adalah suasananya yang asri. Hampir setiap sudut taman ini berwarna hijau karena dipenuhi berbagai jenis pohon. Pengunjung yang terbiasa tinggal di ibu kota pun akan merasakan sensasi yang berbeda. Perasaannya seperti bukan berada di kota metropolitan, melainkan di pedesaan yang sejuk.

Taman diadaptasi sebagai tempat berolahraga

Tamannya yang luas cocok dijadikan lapangan olahraga. Selain itu, taman ini telah dilengkapi dengan ground jogging track paver. Di sekitar jogging track tumbuh rerumputan hijau dan pepohonan yang menyejukkan mata. Pepohonan dinaungi agar pengunjung yang jogging tidak kepanasan.

Taman Hutan Kota Penjaringan juga kerap menjadi pilihan area group gym. Hal ini dikarenakan ketersediaan lahan di area taman yang mampu menampung banyak peserta. Lokasinya memang sangat cocok untuk menunjang aktivitas warga yang mencari kebugaran.

Baca: Tiket Gratis Wisata Danau & Skywalk SENAYAN PARK

Menyenangkan untuk taman bermain

Taman ini juga merupakan tempat yang menyenangkan dimana anak-anak bisa bermain. Karena selain luas, taman ini juga dilengkapi dengan ayunan. Ada 4 fasilitas ayunan di Taman Hutan Kota Penjaringan. Selain bermain ayunan, anak-anak juga bisa membawa sepeda untuk bermain di taman ini.

Labirin di Taman Hutan Kota Penjaringan

Labirin Taman Hutan Kota Penjaringan-Nanang SamsirLabirin yang terbuat dari pucuk pohon merah. Foto: google maps/Nanang Samsir

Setelah berjalan 300 meter dari pintu masuk taman, wisatawan bisa melihat labirin yang megah. Labirin itu terdiri dari serangkaian pucuk pohon merah di area seluas 1000 meter persegi. Memilih tanaman hias jenis kecambah merah seperti dinding labirin adalah hal yang tepat. Karena tanaman hias ini akan menghasilkan corak warna yang indah.

Labirin memang asyik jika dijadikan tempat bermain petak umpet. Tapi tidak perlu khawatir tersesat karena ada menara pengawas di luar labirin. Fungsinya untuk memantau keadaan taman labirin dari atas.

Baca: Taman Unik TAMAN SAMBAS Banyak Wahana

Piknik di Taman Hutan Kota Penjaringan

Piknik di Taman Hutan Kota Penjaringan - Kanal HotcamelPiknik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan di taman ini. Foto: google maps/Hotcamel Channel

Hamparan area tamannya sangat cocok dijadikan pilihan kegiatan piknik bersama keluarga, sahabat atau pasangan. Namun jika ingin piknik, sebaiknya wisatawan membawa tikar atau permadani sendiri. Wisatawan dapat membawa makanan dari luar karena tidak ada penjual di taman. Padahal, taman tersebut kekurangan kursi, sehingga pengunjung hanya duduk di rerumputan.

Taman terawat dan nyaman

Jalan di tamanTanaman dan pepohonan di taman sangat terawat. Foto: google maps/Mitzya Talogo

Taman Hutan Kota Penjaringan dibangun pada tahun 2010 dan dirawat secara rutin untuk kebersihannya. Ada puluhan petugas kebersihan berpakaian hijau menunggu untuk membersihkan taman. Kebersihan yang baik membuat pengunjung betah berlama-lama.

Ada juga penjaga taman yang memantau dari pintu masuk gangguan tertentu. Hal-hal seperti pedagang ilegal atau pengunjung jalanan tidak akan ditemukan di taman. Sehingga taman ini sangat nyaman untuk bersantai.

Akses Masuk

Taman Hutan Kota Penjaringan memiliki akses tersembunyi dari jalan utama. Lokasi taman dekat tol agak dalam. Tepat di bawah flyover Simpang Tol Penjaringan. Sehingga pengunjung taman dapat melihat dengan jelas kendaraan di jalan tol menuju bandara.

Taman ini juga terletak di dekat sungai. Untuk menuju ke sana, di seberang Kalijodo, ikuti jalan sekunder melewati desa. Mengunjungi taman ini paling baik dengan sepeda motor. Karena jika membawa kendaraan besar seperti mobil, akses jalannya agak sempit.

Kemudahan

Terdapat berbagai fasilitas di dalam taman, seperti musala untuk beribadah dan toilet. Kemudian ada ruangan/pendopo untuk mengadakan acara seperti buka puasa bersama, dan lain-lain. Ada tempat parkir untuk mobil dan motor. Selain itu, terdapat tempat sampah agar pengunjung dapat membuang sampah dengan tertib.

Lokasi Taman Hutan Kota Penjaringan

Hutan kota ini terletak di Jalan Pramuka II, RT.7/RW.16, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button