Tak hanya Soto Lamongan, 4 jajanan khas Lamongan ini wajib dicoba - WisataHits
Jawa Tengah

Tak hanya Soto Lamongan, 4 jajanan khas Lamongan ini wajib dicoba

TEMPO.CO, LamonganLamongan merupakan salah satu nama kota di provinsi Jawa Timur. Tak hanya dikenal sebagai kawasan pesisir yang kaya akan wisata bahari, Lamongan juga menawarkan wisata kuliner yang patut dicoba. Popularitas masakan Lamongan sudah tidak diragukan lagi di setiap pelosok Jawa saat ini.

4 menu kecuali Soto Lamongan

Hal ini ditandai dengan mudahnya menemukan warung makan Lamongan di kawasan pulau Jawa. Kelezatan kuliner dari Soto Lamongan hingga Nasi Lamongan siap menawarkan cita rasa yang lezat.

Selain dua kuliner andalan seperti dilansir lamongankab.go.id, berikut empat kuliner khas Lamongan, Jawa Timur.

Kuliner khas Lamongan yang populer dan melegenda selanjutnya adalah pecel lele. Kuliner ini mudah ditemukan di berbagai sudut kota di pulau jawa. Sesuai dengan namanya, Pecel Lele Lamongan memiliki sajian utama berupa lele goreng kering. Agar lebih lengkap, pecel lele disajikan dengan sambal yang terbuat dari tomat segar, cabai rawit dan merah, bawang putih dan terasi merah dan bakar.

Dikenal sebagai kota tepi laut, tak heran jika Lamongan memiliki beragam kuliner berbahan dasar ikan. Salah satunya adalah susu asam yang terbuat dari bahan utama berupa bandeng. Meski disebut asam, jajanan ini tidak memiliki rasa asam. Sebaliknya, hidangan ini terdiri dari saus bening yang disajikan dengan nasi panas. Olahan daging dengan kuah rempah bening ini dikenal dengan istilah “asem-asem” di Jawa.

Yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Lamongan, Jawa Timur adalah Nasi Boranan. Hidangan ini terdiri dari nasi, lauk pauk, bumbu dan rempeyeng yang disajikan dalam wadah anyaman bambu. Sisinya adalah ayam, jeroan, bandeng, telur asin/telur dadar, tahu dan tempe. Selain itu, ada beberapa lauk pelengkap lainnya yang disajikan di atas nasi boranan: Soft (tepung goreng) dan Pletuk (kacang tanah dan remah nasi Aking).

Bandeng Colo adalah kuliner yang wajib dicoba di Lamongan. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar ikan bandeng yang diolah dengan racikan bumbu khusus. Saat mengonsumsinya, Anda tidak perlu khawatir dengan bau tanah atau ikan pada bandeng karena bumbunya bisa menghilangkan bau tersebut.

NAOMY A. NUGRAHANI
Baca Juga: Oleh-oleh Khas Lamongan Cocok Untuk Keluarga di Rumah

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan di saluran Telegram “Tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button