Sungai Landak, sungai jenuh yang indah di Langkat - WisataHits
wisatahits

Sungai Landak, sungai jenuh yang indah di Langkat

Sungai Landak merupakan salah satu wisata alam yang menawan di tengah hutan hujan Bahorok, Langkat. Pemandian alami dengan air yang jernih, pesona batu namo samsah dan pemandangan hijau di sekitarnya.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Di Langkat, Provinsi Sumatera Utara, mengalir sebuah sungai yang menarik perhatian banyak orang. Air yang mengalir di sana sangat jernih sehingga menciptakan efek biru-hijau saat dipantulkan oleh sinar matahari. Tempat bernama Sungai Landak ini ramai dijadikan tujuan wisata bagi beberapa orang.

Kebersihan yang dijaga oleh pengelola tempat wisata juga membuat banyak orang mengapresiasi saat berada di sana. Berbagai kegiatan yang dilakukan juga menjadi lebih seru karena tidak terhalang oleh sampah atau kotoran yang ada di sekitarnya. Bahkan, wisatawan juga bisa menyantap hidangan dari tengah sungai tepat di atas alirannya.

Pergi ke sana memang akan menghadirkan sensasi rekreasi yang dekat dengan alam dan tentunya cukup mengasyikkan. Saku yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, sehingga aman bagi siapa saja yang ingin pergi. Jalurnya juga tidak terlalu sulit jika ditempuh dari beberapa kota terdekat.

Atraksi River Hedgehog

Atraksi River HedgehogKredit Gambar: Saluran Facebook Gapskin

1. Kejernihan Air Sungai

Hal inilah yang menjadikan Sungai Landak menjadi tujuan wisata bagi sebagian orang yang berniat menghabiskan waktu di Sumatera Utara. Air sungai yang mengalir di sana cukup jernih sehingga pengunjung bisa leluasa melakukan aktivitas apapun untuk membuat momen liburan semakin seru.

Pantulan cahaya saat mengenai air di sungai juga menarik perhatian banyak orang. Gradien warna antara hijau dan biru muda terlihat begitu halus. Tidak jarang orang juga menggunakannya sebagai latar belakang untuk foto yang mereka ambil.

Juga, jika air sungai menyentuh kulit tangan atau kaki, itu akan cukup dingin. Hal ini menambah minat masyarakat untuk terus menelusuri sungai lebih lama. Tidak jarang mereka yang melakukan aktivitas mandi berenang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencerahkan waktu liburan Anda di tempat ini.

2. Vegetasi hijau di sekitarnya

Banyak pohon tumbuh di sekitar kawasan Sungai Landak. Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk datang dan menghabiskan liburannya di sana. Keberadaan vegetasi alam sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana yang nyaman dan teduh saat mengunjunginya.

Tak jarang orang yang singgah di situ untuk sekadar berteduh di bawah rimbunnya tanaman yang mengelilinginya. Cukup nyaman memang di bawah pohon yang mendominasi cukup tinggi. Tentu saja, udara segar akan dihirup oleh orang-orang yang berada di sana.

Hal ini juga membuat atraksi terasa lebih sejuk. Meski siang hari saat terik matahari sangat terik bagi kulit, namun tempat ini cukup memberikan efek penetralisir. Beberapa orang juga merasakan suasana damai dan tenteram karena vegetasi alami yang tumbuh dengan indah.

Orang juga dapat menjadikannya latar belakang yang sempurna untuk foto yang mereka ambil. Aliran sungai yang jernih sangat lembut berpadu dengan pepohonan yang rindang, dan dedaunan hijau yang sangat halus untuk diabadikan. Itu sebabnya banyak orang datang ke tempat yang cukup mempesona.

3. Pasir Beting di tepi Sungai Hedgehog

Atraksi Sungai LandakKredit gambar: Google Maps Nuries Shobakh

Ini bisa menjadi daya tarik lain dari sungai Landak karena dengan gumuk pasirnya terlihat seperti pantai kecil di tepi laut, hanya saja luasnya tidak besar ditambah arus sungai yang tidak hanya arusnya tidak terlalu besar sehingga tidak ada ombak seperti ombak besar. pantai yang sebenarnya.

Tempat ini dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung tempat tersebut untuk melakukan berbagai aktivitas menarik. Bahkan, beberapa orang menggunakannya sebagai tempat mendirikan tenda untuk bermalam di sana. Tidak jarang terlihat beberapa tenda didirikan di area tersebut.

4. Kebun buah di dekat sungai

Tidak jauh dari tempat wisata, pengunjung dapat menemukan perkebunan yang menghasilkan berbagai buah-buahan, termasuk durian. Cukup menarik untuk ditelusuri lebih jauh, menambah pengalaman berwisata menjadi lebih seru.

Wisatawan bisa langsung melihat durian yang menjulang tinggi di sini. Apalagi mencicipi buahnya secara langsung juga merupakan hal yang cukup menyenangkan. Beberapa jenis durian yang rasanya enak bisa dicoba dan dibeli sebagai perlengkapan perjalanan atau oleh-oleh.

Alamat dan rute ke Sungai Landak Lokasi

Alamat Sungai Hedgehog AlamatKredit Gambar: Google Maps Suwondo Ng

Objek wisata Sungai Landak ini terletak di provinsi Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Langkat. Tempatnya tidak jauh dari Bukit Lawang di distrik Bohorok. Merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) wilayah Timbang Lawan.

Jika ingin sampai ke tempat ini, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari Medan. Pengunjung harus melewati kawasan Binjai segera setelah meninggalkan kawasan Kota Medan. Setelah itu dilanjutkan melalui kawasan Namu Mbelin dan dilanjutkan ke Bukit Lawang.

Saat sampai di Bukit Lawang, jalur yang ditempuh adalah sisi kiri sesaat setelah melewati jembatan penyeberangan. Kendaraan yang digunakan hanya tinggal mengikuti jalan setapak dan akhirnya sampai di lokasi lokasi wisata.

Harga tiket masuk Sungai Landak

Harga tiket Sungai LandakKredit gambar: Google Maps Taras Nadtoka

Untuk mengakses tempat wisata ini, Anda tidak perlu merogoh kocek. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk mendapatkan tiket masuk. Sangat terjangkau mengingat banyak sekali hal yang bisa didapatkan wisatawan selama menginap.

Sementara itu, biaya parkir yang dikenakan kepada pengunjung kawasan wisata ini juga tidak terlalu tinggi. Untuk setiap kendaraan, Anda hanya perlu membayar harga yang hampir sama dengan harga tiket masuk. Setiap kendaraan bermotor hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000 untuk dapat memarkirnya di tempat yang telah disediakan.

Jika Anda ingin ke Sungai Landak, Anda juga harus memperhatikan waktu berkunjung. Meski pengunjung bisa datang ke sini kapan saja, namun pada malam hari dan tentunya dini hari, tidak ada petugas pengelola yang berjaga. Oleh karena itu disarankan untuk datang ke sana setidaknya antara jam 8 pagi dan waktu yang sama di malam hari.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Sungai Hedgehog

Aktivitas di Sungai HedgehogKredit gambar: Google Maps Suhar Mingal

1. Cobalah tur taman

Jika ditelusuri lebih jauh, lokasi wisata ini menawarkan aktivitas menjelajahi perkebunan di sekitarnya. Pengunjung bisa langsung melihat hasil kebun di sana. Ada beberapa buah yang dihasilkan seperti cempedak, durian, dll.

Melewati areal tanam buah memang menjadi kegiatan alternatif yang sangat menarik untuk dilakukan. Selain bisa dinikmati buah-buahan segar yang diambil langsung dari tempat tumbuhnya, juga bisa digunakan untuk menyegarkan kembali semangat dari penatnya aktivitas sehari-hari.

2. Sensasi makan di tengah sungai

Ini mungkin daya tarik terbesar di Sungai Hedgehog. Ada ruang makan yang sangat berbeda dan unik untuk pengunjung yang lapar. Tempatnya tidak biasa karena berada tepat di tengah sungai yang mengalir.

Sensasi menyantap hidangan menjadi lebih menyenangkan saat merasakan air tepat di bawahnya. Selain itu, suara gemericik air bisa langsung terdengar sehingga menciptakan suasana yang pas untuk menikmati berbagai makanan yang bisa dipesan di tempat.

Tempat ini menawarkan pengalaman bagi setiap orang yang datang ke sini untuk lebih dekat dengan alam. Perasaan air yang mengalir di atas kaki Anda saat Anda makan tidak dapat ditemukan di mana pun kecuali di Sungai Hedgehog.

3. Nikmati Aliran Sungai yang Jernih

Air yang mengalir di sungai ini sangat jernih dan memberikan rasa kesegaran yang tidak akan mudah dilupakan. Pengunjung bisa menikmatinya dengan berbagai cara. Misalnya, sekadar mandi untuk menyegarkan tubuh dan merilekskan tubuh.

Beberapa wisatawan juga berenang di sungai dan menemukan kesenangan mereka sendiri. Bebatuan di bagian bawah terlihat dari atas permukaan dan dapat digunakan sebagai titik penyangga. Aliran yang tidak terlalu besar membuat aliran air di Sungai Landak tenang dan tidak terkesan begitu deras.

4. Siapkan tenda di dekatnya

Aktivitas menarik di Sungai HedgehogKredit gambar: Google Maps Dhedi Zawa

Tempat wisata ini juga menawarkan aktivitas yang jarang bisa dilakukan di tempat lain. Ada area berpasir kecil tetapi dapat digunakan untuk berkemah di tepi sungai. Suasana tempatnya sejuk dan cukup cozy bagi yang suka camping bersama sanak saudara atau teman.

5. Coba Hosting Unik

Tidak jauh dari lokasi objek, terdapat beberapa penginapan unik berupa rumah-rumah mungil bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan tersebut. Desain tempat ini menyerupai suku-suku primitif di pedalaman.

Lebih dari satu chalet bisa disewa oleh pengunjung yang menginginkan pengalaman berbeda. Fasilitas yang disediakan di lokasi juga tentunya lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan para tamu yang hadir. Selama menginap, para tamu yang menginap juga dapat merasakan indahnya suasana lingkungan alam.

6. Bersantai di tepi sungai

Berbagai titik dapat ditemukan wisatawan untuk sekedar beristirahat sejenak di tempat yang sangat menyegarkan pikiran. Pengunjung bisa menikmati sejuknya suasana di sekitar sungai sambil merasakan sejuknya air yang menerpa kulit kaki.

7. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Ini adalah suatu keharusan ketika mengunjungi tempat wisata alam yang menarik yang menampilkan campuran aliran sungai dan vegetasi alami di lingkungan yang indah. Berkat keindahan kombinasi ini, pengunjung dapat menemukan berbagai spot yang cocok untuk berfoto dan hasilnya akan sangat menakjubkan untuk mengabadikan momen liburan.

Fasilitas yang tersedia di Landak River Langkat

Sungai Landak.Kredit gambar: Google Maps Habib Arianto

Jika berkunjung ke tempat tersebut, pengunjung tidak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan pengelola cukup lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Toilet umum dan mushola juga tersedia. Selain itu, tersedia juga area parkir yang cukup untuk menampung kendaraan milik pengunjung.

Berkunjung ke Sumatera Utara memang merupakan pengalaman wisata yang menyenangkan. Selain Danau Toba, Sungai Landak juga bisa menjadi destinasi wisata yang sangat cocok, apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau teman. Berbagai pesona bisa dinikmati dengan berbagai aktivitas menarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button