Sungai-sungai yang menarik di Indonesia untuk dijelajahi - WisataHits
Jawa Tengah

Sungai-sungai yang menarik di Indonesia untuk dijelajahi

JAKARTA – Gunung dan pantai menjadi destinasi alam yang paling banyak dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Namun, jika kedua tempat tersebut dianggap terlalu biasa, tak ada salahnya mencoba berbagai aktivitas alam di sungai tersebut.

Wisata sungai menjadi salah satu pilihan liburan anti korupsi.arus utama itu sayang untuk dilewatkan. Saat ini sudah banyak destinasi wisata sungai yang menawarkan paket aktivitas wisata seru. Berikut enam destinasi wisata sungai yang menarik di Indonesia untuk dijelajahi. dikutip dari halaman kemenparekraf.go.id:

Sungai Mahakam
Destinasi wisata sungai pertama di Indonesia dan tujuan wisatawan adalah Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Sebagai sungai terpanjang kedua di Indonesia, Sungai Mahakam menawarkan pengalaman liburan sungai yang menyenangkan.

Sungai sepanjang 920 kilometer ini menjadi rumah bagi hewan langka yakni lumba-lumba air tawar atau yang dikenal dengan Mahakam Pesut. Selain itu, wisatawan dapat bertemu langsung dengan raja udang, rangkong, bangau, lutung, berang-berang di Sungai Mahakam.

Sungai Asahan
Bisa dibilang Sungai Asahan merupakan salah satu destinasi wisata primadona Sumatera Utara. Tidak hanya menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan lokal, Sungai Asahan juga menjadi tujuan para pecinta arung jeram karena meliputi: Pekerjaan Perjalanan arung jeram terbaik ke-3 di dunia.

Bagi wisatawan yang masih pemula, jangan khawatir karena Sungai Asahan memiliki beberapa spot dan jeram yang bisa dipilih. Saat bermain arung jeram Anda akan disuguhi pemandangan tebing dan air terjun yang indah.

sungai maron
Berikutnya adalah Sungai Maron, salah satu destinasi wisata sungai di Indonesia yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini menawarkan pemandangan dan suasana seperti Amazon.

Meski harus melewati medan yang cukup menanjak dan terjal, bisa dipastikan tidak akan menyesal. Saat wisatawan disambut dengan pemandangan perairan Sungai Maron yang berwarna hijau kebiruan dan dikelilingi pepohonan rindang yang indah.

Sungai Ayung
Selain pantai, Bali juga memiliki destinasi wisata sungai yang menarik, yaitu Sungai Ayung. Sungai terpanjang di Bali yang terletak di Kedewatan Ubud ini dikenal sebagai tempat arung jeram menurut “Skala Kesulitan Sungai Internasional” dengan enam tingkat kesulitan.

Di Sungai Ayung, wisatawan akan dibuat takjub dengan airnya yang jernih, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Saking indahnya, panjang arung jeram di Sungai Ayung yang mencapai 10 kilometer ini terasa sangat mudah dan nyaman.

Sungai Cukang Taneuh
Destinasi wisata sungai di Indonesia selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi terletak di Kabupaten Pangandaran yaitu Sungai Cukang Taneuh atau lebih dikenal dengan Green Canyon. Dalam bahasa setempat, Cukang Taneuh berarti “jembatan tanah”. Pemilihan nama ini didasarkan pada jembatan alam yang keluar dari tanah dan melintasi Sungai Cijulang.

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda coba di Sungai Cukang Taneuh adalah naik perahu sambil menelusuri Sungai Cijulang. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan alam yang masih asli dan akan menyusuri gua-gua yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit.

Sungai Musi
Destinasi wisata sungai lain yang sangat populer di Indonesia yaitu Sungai Musi, Palembang. Dijuluki sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Musi menawarkan aktivitas dan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Saat berkunjung ke Sungai Musi, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir ke Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro, Anda bisa mengunjungi berbagai objek wisata menarik, seperti klenteng, pura Hok Tjing Rio atau pohon cinta.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata sungai di Indonesia yang layak untuk dikunjungi. Selamat berlibur.

Source: www.validnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button