Sultan HB X diperkirakan akan menghadiri hari jadi pemerintahan Trenggalek pada akhir Agustus - WisataHits
Yogyakarta

Sultan HB X diperkirakan akan menghadiri hari jadi pemerintahan Trenggalek pada akhir Agustus

Trenggalek (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengukuhkan kesediaan Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk hadir pada puncak perayaan HUT Kabupaten Trenggalek ke-828 pada 31 Agustus mendatang.

“Kami atas nama pemerintah daerah dan seluruh warga Trenggalek mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas undangan yang kami terima. Sebelum kedatangan Sri Sultan (setelah Trenggalek), kami akan mempersiapkan semuanya,” kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin Trenggalek, Rabu.

Kepastian kehadiran Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu diperoleh Arifin usai mengunjungi Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari sebelumnya, didampingi istri dan rombongan.

Sri Sultan bahkan memastikan bahwa ia tidak akan datang sendiri melainkan dengan “Ngarso Dalem”.

Selain rencana kehadiran Sri Sultan HB X, perayaan HUT Trenggalek akan lebih semarak karena akan ada pemberkatan budaya mulai dari wayang golek hingga workshop budaya Pemprov DIY untuk Trenggalek.

Ayunan menjadi kebanggaan masyarakat Trenggalek karena memungkinkan mereka untuk lebih mengenal budaya Mataraman.

“Terima kasih, selama beberapa tahun terakhir termasuk tahun ini, kami telah menerima hadiah dari pemerintah DIY melalui hibah budaya untuk ulang tahun Trenggalek,” katanya.

Sebelumnya, Pemkab Trenggalek akan bekerja sama dengan pemerintah DIY dalam pengembangan budaya untuk revitalisasi ekonomi.

Strategi cerdas DIY menjadikan seni dan budaya nasional sebagai tujuan wisata populer dinilai patut dicontoh.

Selain itu, Trenggalek memiliki sejarah yang tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta.

“Kami mengikuti rencana kerjasama Pemkab Trenggalek dengan Provinsi DIY. Khususnya untuk promosi budaya, kemudian untuk rekreasi dan revitalisasi ekonomi. Jadi kita bertukar budaya untuk memperkuat budaya Mataraman karena kita adalah keluarga. Apalagi dengan gaya Jogja untuk diperkenalkan kepada masyarakat Trenggalek,” kata Arifin.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button