Sumber Cimincul - WisataHits
wisatahits

Sumber Cimincul

Sumber Cimincul

Soal destinasi wisata di Jawa Barat, Subang masih kalah gengsi dengan daerah lain seperti Sukabumi atau Garut.

Selain Ciater, Subang praktis tidak memiliki objek wisata lain yang dikenal luas oleh masyarakat. Pada kenyataannya Kabupaten Subang memiliki banyak tempat wisata dan surga tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan dan menjadi hits baru di tempat-tempat wisata populer.

Mata Air Cimincul, Subang

Salah satu objek wisata Subang yang mulai populer adalah Sumber Cimincul. Ya, seperti namanya, tempat wisata ini merupakan objek wisata kolam mata air yang sangat jernih sehingga sekilas terlihat seperti kolam kaca.

Berkat media sosial, Mata Air Cimincul yang dulunya dianggap hanya genangan air biasa. Tidak lebih dari sumber air bagi warga.

Namun kini mata air Cimincul telah menjadi objek wisata populer yang selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa dan akhir pekan.

Sumber Cimincul

Hal ini juga membuktikan bahwa Subang memiliki banyak potensi wisata yang menjanjikan. Dengan semakin dikenalnya berbagai objek wisata di Subang, seperti pemandian air panas di Ciater Resort, Kota Subang semakin terkenal.

Simak dan baca juga travel on Pemandian Air Panas Ciater Subang.

Lokasi Kolam Mata Air Cimincul

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Subang yang hanya berjarak sekitar 27 kilometer atau 90 menit berkendara.

Sedangkan jika Anda datang dari Bandung, Anda bisa mencapai tempat ini dengan berkendara sekitar 30 kilometer atau 2 jam.

Lokasi kolam mata air Cimincul di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Jika Anda datang dari Jakarta, langsung saja menuju Bandung melalui tol Cipali dan keluar melalui tol Kalijati. Setelah itu, Anda akan memasuki jalan Cijambe yang kemudian akan membawa Anda ke jalan Cagak, hingga akhirnya tiba di desa Pasanggrahan.

Sesampainya di Desa Pasanggrahan, Anda akan dengan mudah menemukan lokasi Mata Air Cimincul. Nantinya, banyak tulisan akan menunjukkan lokasi sumber Cimincul.

Lokasinya bersebelahan dengan pabrik air mineral PT Tirta Investama atau yang lebih dikenal dengan merek Aqua

Secara harfiah, Cimincul berarti air yang muncul. Kata tersebut berasal dari bahasa Sunda yang terdiri dari kata “Cai” dan “Muncul”. Cai artinya air, dan Mincul artinya muncul, maka lahirlah kata serapan Cimincul. Penamaan tersebut memang tidak terlepas dari kebiasaan penamaan sederhana khas masyarakat Jawa Barat.

Cimincul yang artinya air naik, menggambarkan gambaran keseluruhan objek wisata ini. Yaitu mata air yang airnya menyembur keluar membentuk kolam.

Sebagai objek wisata, ini terdengar seperti sumber yang sangat mudah, tapi tunggu, jangan menilai objek wisata dari namanya saja.

Padahal, meski terdengar sederhana, Mata Air Cimincul memiliki pesona dan keindahan yang membuat banyak orang berduyun-duyun ke tempat ini.

Ada dua kolam air jernih dengan kedalaman hanya sekitar 50 hingga 120 sentimeter. Tidak dalam dan sangat aman untuk anak-anak dan orang yang tidak bisa berenang.

Kolam tersebut dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau dan berbagai vegetasi yang menambah kesan asri dan alami. Selain itu, fasilitas pendukung yang mulai dibangun akan menambah pengalaman berwisata ke sini menjadi lebih hemat.

Dengarkan dan baca lokasi juga Desa Wisata Bunihayu, Subang.

Harga Tiket Masuk Cimincul Springs

Untuk memasuki daerah Kunjungan ke sumber Cimincul tidak membutuhkan biaya yang mahal. Biaya masuknya sangat bersahabat untuk mahasiswa dan asrama.

Hanya dengan membayar 9 ribu rupiahAnda dapat menikmati air jernih dari Mata Air Cimincul di waktu luang Anda, buka dari pukul 07:00 sampai 18:00.

Air kolam di sini sangat jernih dan transparan seperti kaca, bahkan bebatuan dan tanaman di dasar kolam terlihat jelas dari luar kolam. Inilah mengapa Mata Air Cimincul juga menjadi spot favorit para pemburu foto air (kapal selam) yang ingin eksis di jejaring sosial.

Mata Air Cimincul, Subang

Perpaduan antara gemericik air dan vegetasi dasar kolam akan menjadi kombinasi yang dapat menghasilkan kesejukan dan instagramable. Tidak masalah jika Anda hanya ingin menikmati sensasi sejuk berendam di air super jernih yang langsung dari sumbernya.

Atau Anda hanya ingin bersantai menikmati pemandangan alam sekitar. Tidak ada yang melarang, karena memang banyak cara untuk menikmati wisata Mata Air Cimincul ini.

Jika rasa lapar datang, tidak perlu khawatir dan bingung saat mencari makan jauh-jauh. Di sekitar objek wisata banyak terdapat penjual makanan dan rumah makan yang menawarkan berbagai macam masakan Subang.

Jangan lupa untuk mencicipi nasi liwet khas Subang yang disediakan oleh hampir semua penjual makanan di sekitar tempat wisata. Dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dan murah.

Mata Air Cimincul telah memberikan berkah bagi banyak orang. Sebelumnya, warga hanya memanfaatkannya sebagai sumber air untuk mengairi perkebunan dan persawahan. Namun kini juga menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan bagi warga sekitar yang berjualan makanan dan jasa sewa peralatan renang.

Dengan menjadikan mata air Cimincul sebagai objek wisata membuka pintu rezeki bagi yang membuka rumah makan di sekitar lokasi mata air.

Sedangkan bagi masyarakat umum, tentunya Mata Air Cimincul menjadi alternatif objek wisata bagi mereka yang mencari sensasi berwisata dan mandi di mata air yang masih alami.

Dengan segala keindahan dan pesona Mata Air Cimincul, sudah sepantasnya Mata Air Cimincul menjadi destinasi wisata yang patut Anda pertimbangkan untuk dikunjungi saat berada di Kabupaten Subang.

Simak juga dan baca: Wisata Planet Waterboom Subang

Musim semi Kasource

Selain Mata Air Cimincul, Desa Pasanggrahan memiliki banyak potensi wisata lain yang bisa Anda manfaatkan. Ada juga mata air Kasource yang juga merupakan mata air alami lainnya di desa Pasanggrahan.

sumber sumber

Berbeda dengan Mata Air Cimincul, mata air ini milik PT Tirta Investama sekaligus mata air untuk menghasilkan air mineral Aqua. Namun, pengunjung tetap bisa menikmati kesejukan berenang di kolam mata air ini.

Mata air Kasource juga memiliki pesona yang tidak kalah dengan Mata Air Cimincul. Airnya sangat jernih sehingga bebatuan di dasar kolam terlihat jelas dari luar kolam.

Apalagi airnya yang jernih selalu dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto bawah laut dengan hasil yang maksimal.

Selain objek wisata mata air, desa Pasanggrahan juga memiliki potensi wisata, keterampilan dan oleh-oleh yang dihasilkan oleh masyarakat desa. Masyarakat di sini terkenal dengan kepiawaiannya dalam membuat gula aren, aneka olahan sagu dan rengginang yang renyah dan enak.

Selain itu, ada juga makanan khas desa Pasanggrahan yang disebut Pakreng yang terbuat dari singkong.

Selain mengunjungi mata air, mengunjungi desa Pasanggrahan memberikan banyak pengalaman unik dan tak terlupakan.

Hal ini dikarenakan banyaknya pilihan aktivitas dan kuliner yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh atau oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Cek juga dan baca lokasi wisatanya di Kapal Subang Tangkuban.

Demikian informasi mengenai Obyek Wisata Mata Air Cimincul di Subang. Semoga informasi tentang tempat wisata ini dapat membantu Anda lebih memahami tempat wisata di subang. Saat Anda berkunjung ke Subang, Anda bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button