PKL pindah dari Kenanga ke Kota Banjar, kata pedagang belum ada sosialisasi - WisataHits
Jawa Barat

PKL pindah dari Kenanga ke Kota Banjar, kata pedagang belum ada sosialisasi

Banjar News (harapanrakyat.com), – Pemkot Banjar (Pemkot) berencana merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) ke Kenanga, Kota Banjar, Jawa Barat.

Namun sejauh ini para PKL yang biasa berjualan di sepanjang Jalan Hamara Efendi belum mendapatkan sosialisasi terkait rencana relokasi pedagang tersebut.

Sebagai informasi, Pemkot Banjar akan menetapkan kawasan Jalan Hamara Efendi sebagai tempat wisata kuliner dalam waktu dekat.

Sementara itu, pedagang juga berencana pindah ke kawasan Kantor Pos Jalan.

Salah satu PKL di Kenangan, Ira, mengaku mendengar informasi kesepakatan dan rencana pembangunan mal di kawasan tersebut.

Namun, untuk mensosialisasikan penataan dan kapan dimulainya, para PKL di Kenanga belum mengetahui secara pasti bagaimana langkah tersebut akan dilaksanakan.

“Saat rencana pembangunan sudah terdengar. Tapi saya belum tahu point of salenya mau pindah atau pindah ke tempat lain. Tidak ada pemberitahuan,” kata Ira kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).

Ia melanjutkan, jika kondisi masih memungkinkan akan dijual kembali di lokasi tersebut. Juga, dia sudah lama berkeliaran di Jalan Hamara Efendi.

Namun belakangan, saat PKL Kenanga mulai bergerak, Ira mengatakan sebagai pedagang, keinginannya hanya pindah ke lokasi lain yang lebih strategis.

“Saya ingin berjualan di sini. Tetapi jika itu yang Anda butuhkan, apa yang dapat Anda lakukan? Yang penting lokasinya strategis,” ujarnya.

Pengumuman relokasi PKL dari Kenangan Kota Banjar Baru Informal

Sementara itu, Ketua Asosiasi PKL Kenanga Agus Suryaman mengatakan, rencana pembangunan mal di kawasan tersebut sudah diketahui warga dan pedagang setempat.

Namun untuk sosialisasi kapan akan dilakukan pemindahan dan kesepakatan, sejauh ini belum ada pemberitahuan formal atau konsultasi langsung dengan para pedagang. Jadi, menurut dia, itu hanya komunikasi informal.

“Kalau bicara rencana pembangunan, sudah ada dari pihak kelurahan. Tapi kalau pelaksanaan technical movenya berkenan, tidak ada pemberitahuan formal,” katanya, Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: Akan dibangun pusat perbelanjaan di kawasan Jalan Hamara Efendi di Kota Banjar, PKL sedang direlokasi

Dia melanjutkan, sebelumnya telah dikomunikasikan bahwa dealer masih bisa menjual di lokasi ini nanti selama proses konstruksi.

“Selama proses konstruksi dia bilang dia masih bisa menjualnya di sini. Setelah selesai, itu akan bergerak. Kalau pedagang mau pindah, minta di kawasan Kantor Pos Jalan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjar Ade Setiana mengatakan penataan dan relokasi PKL di Kenanga karena pembangunan mall dan hotel.

Relokasi atau penataan PKL di lokasi-lokasi tersebut diharapkan dapat dimulai dalam waktu dekat. Karena pada awal Agustus persiapan konstruksi sudah dimulai. (Mühlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)

Source: www.harapanrakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button