Status Waspada, Pendakian Gunung Ijen Dilarang - WisataHits
Jawa Timur

Status Waspada, Pendakian Gunung Ijen Dilarang

Status Waspada, Pendakian Gunung Ijen Dilarang

Liputan6.com, Banyuwangi – Kegiatan pendakian ke Gunung Ijen yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso tetap dibuka, meski status gunung tersebut waspada atau Level II.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur membatasi waktu mendaki gunung dengan danau kawah terbesar di Indonesia itu.

Aturan pembatasan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE.54/K.2/BIDTEK.1/KSA/1/2023 tentang Pembatasan Waktu Kunjungan Selama Peningkatan Aktivitas Vulkanik di Kawasan Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

“Ada pembatasan kunjungan ya sesuai surat edaran,” kata Kepala Balai Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Purwanto, Minggu (1/8/2023).

Dengan adanya pembatasan kunjungan tersebut, maka pendakian Gunung Ijen yang semula dimulai pukul 02.00 WIB, diundur menjadi pukul 04.00 WIB.

“Untuk pendakian yang dimulai hari Minggu ini, kami buka mulai pukul 04.00 dari sebelumnya pukul 02.00,” jelasnya.

Selain membatasi waktu pendakian, pengunjung atau wisatawan juga dilarang turun di sekitar danau kawah. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal berbahaya dari danau kawah.

“Sebaiknya pengunjung memakai masker selama pendakian agar lebih aman,” tambah Purwanto.

Seperti diinformasikan sebelumnya, status Gunung Ijen mengalami peningkatan dari status normal Level I menjadi Level II waspada. Peningkatan status tersebut diumumkan melalui rilis resmi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) RI pada 7 Januari 2023.

Peningkatan status Gunung Ijen menjadi Waspada mulai 7 Januari 2023 pukul 14.00 WIB dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman terkini,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen Suparjan.

Di Bondowoso ada pesona puncak bukit yang menyegarkan mata dan pikiran sejenak yaitu Kawah Wurung. Untuk memasuki Kawah Wurung, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp 5.000. Kawah Wurung berada di atas ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button