Stasiun Slawi, hidup kembali setelah pelayanan di KA Kaligung - KabarPasumpang - WisataHits
Jawa Tengah

Stasiun Slawi, hidup kembali setelah pelayanan di KA Kaligung – KabarPasumpang

Tentu bagi anda yang pernah naik kereta api Joglosemarkerto atau KA Kamandaka pasti tahu stasiun yang satu ini. Ya, satu-satunya stasiun di garis tengah antara stasiun Tegal dan stasiun Prupuk adalah stasiun yang sudah aktif sejak melayani KA Kaligung. Stasiun Kereta Api Slavi yang terletak di Jalan Kemiri No. RT 03/02 Kecamatan Slavi, Tegal ini sebelumnya tidak digunakan untuk angkutan penumpang sama sekali. Karena jalur ini biasanya digunakan oleh sejumlah KA pengangkut BBM dengan rute Maos – Purwokerto – Prupuk – Slawi – Tegal – Larangan.

Baca juga: Singkatan Nama Kereta Berasal Dari Nama Kota, Apa Itu Ya?

Stasiun kereta api Slawi yang berada pada ketinggian +38 m dpl merupakan stasiun kereta api yang hanya berhenti satu jalur kereta api yaitu KA Kaligung dengan trayek Semarang Poncol – Tegal – Slawi pp. Tenaga mesin KA masih berupa hidrolik diesel yang mampu mengangkut penumpang setiap hari. Namun KA Kaligung saat ini hanya melayani Samaran Poncol – Tegal – Brebes – Cirebon Prujakan hlm yang terdiri dari Kelas Eksekutif dan Ekonomi Premium.

Stasiun yang sudah menggunakan persinyalan listrik ini tersedia 3 jalur, jalur atau jalan raya yang paling banyak digunakan adalah jalur 2. Kemudian untuk jalur 1 dan 3 hanya untuk keadaan darurat atau untuk kereta yang mengalami perubahan jalur. Maklum, jalur Tegal – Slawi – Prupuk hanya memiliki satu jalur, mengingat hanya beberapa kereta yang beroperasi.

Baca Juga: 5 Tahun Vakum, Stasiun Prupuk Kembali Layani Kereta Penumpang

Stasiun Kereta Api Slawi juga dapat menawarkan pemesanan tiket online perjalanan kereta api dengan rute yang diinginkan. Hingga saat ini stasiun Slawi masih diminati oleh masyarakat Slawi dan sekitarnya mengingat Slawi merupakan kawasan yang dekat dengan obyek wisata Pemandian Air Panas Guci dan jalur pendakian Gunung Slamet di Jawa Tengah. (PRAS – kereta cinta)

Source: www.kabarpenumpang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button