Spectrum - Ada sejarah seni di balik objek wisata Jalan Braga di Kota Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Spectrum – Ada sejarah seni di balik objek wisata Jalan Braga di Kota Bandung

Bandung (ANTARA) – Kota Bandung memiliki berbagai tempat wisata. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Jalan Braga yang terletak di Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Jalan Braga merupakan salah satu destinasi wisata legendaris dan terkenal di Indonesia.

Jalan yang memiliki panjang sekitar 850 meter ini bisa dibandingkan dengan kawasan wisata serupa seperti Kawasan Kota Tua di Jakarta hingga Jalan Malioboro di Yogyakarta.

Jalan membentang utara-selatan, mulai dari kantor Bank Indonesia Indonesia Jawa Barat, dan berlanjut ke Gedung Merdeka di kawasan Jalan Asia Afrika. Jalan Braga dibagi oleh pertigaan Jalan Naripan dan pertigaan Suniaraja-Lembong.

Sejak berdirinya Jalan Braga di era Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung, kawasan tersebut semakin diminati wisatawan. Selain fotografi, kawasan Braga juga menawarkan banyak destinasi kuliner mulai dari kuliner lokal hingga restoran mewah.

Selain itu, Jalan Braga juga erat kaitannya dengan sejarah. Pasalnya di Jalan Braga terdapat gedung DENIS yang merupakan Bank Hindia Belanda dan sekarang menjadi kantor pusat Bank BJB.

Pada masa perjuangan kemerdekaan, pengibaran bendera Belanda di gedung tersebut dirobohkan, menyisakan warna merah putih seperti yang dilakukan warga Surabaya di Hotel Majapahit.

Dibalik pariwisata dan sejarahnya, ternyata Jalan Braga pernah menjadi art hub di kota Bandung. Bahkan seni menjadi salah satu pendorong bangkitnya pariwisata di daerah tersebut.

Source: jabar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button