Situ Ciburuy merupakan destinasi wisata tepi danau di Kabupaten Bandung Barat yang kini terlihat semakin indah - WisataHits
Jawa Barat

Situ Ciburuy merupakan destinasi wisata tepi danau di Kabupaten Bandung Barat yang kini terlihat semakin indah

CARAVAN MAIL – Destinasi wisata Danau Situ Ciburuy di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat kini terlihat semakin asri.

Pengunjung atau orang yang hanya sekedar lewat dan singgah di Situ Ciburuy dijamin betah berlama-lama di destinasi wisata tepi danau yang sejuk ini.

Wajah baru Situ Ciburuy tidak hanya terlihat lebih indah, tetapi juga lebih tertata tanpa mempengaruhi fungsi air baku dan irigasi.

Situ Ciburuy yang sebelumnya terlihat terabaikan, kini telah dihidupkan kembali dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Sabtu 13 Agustus 2022.

Pemprov Jabar merevitalisasi danau ini sejak 2019, menghabiskan anggaran sebesar Rp 32 miliar.

Baca Juga: LPSK Sebut Bharada E Tidak Ada Niat Bunuh Brigadir J dan Hanya Berperan Kecil Dalam Pembunuhan

“Revitalisasi Ciburuy sudah selesai, yang dulu kurang tertata, warung-warung kumuh, sekarang bisa terlihat rapi dan bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, kita juga dukung UMKM. Ini menjadi kado bagi warga KBB untuk menambah pusat-pusat pariwisata yang memang sudah luar biasa di KBB,” kata Ridwan Kamil.

Situ Ciburuy memiliki luas 41 hektar. Revitalisasi danau yang memiliki kapasitas air 1,2 juta meter kubik itu sempat tertunda karena perlunya pengalihan anggaran untuk penanganan COVID-19, namun setelah situasi membaik, revitalisasi tetap dilanjutkan.

“Total anggaran Rp 32 miliar dari APBD Provinsi Jabar pada dua tahun anggaran 2019 dan 2020 agak tersendat akibat pandemi COVID-19, tapi 2022 bisa digunakan,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Source: karawangpost.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button