"Sistem Pemotongan" dan Rekayasa Lalu Lintas "Satu Arah" berakhir, Jalur Puncak Bogor kembali normal - WisataHits
Jawa Barat

“Sistem Pemotongan” dan Rekayasa Lalu Lintas “Satu Arah” berakhir, Jalur Puncak Bogor kembali normal

BOGOR, KOMPAS.com – Seluruh rekayasa lalu lintas yang dilakukan di sepanjang jalur Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada akhir pekan dihentikan atau dihentikan pada Minggu (20/11/2022). Arus lalu lintas di kedua arah telah kembali normal.

Selama ini polisi telah melakukan rekayasa lalu lintas dari skenario pemblokiran arus kendaraan di titik atau persimpangan tertentu (window blocking) menjadi sistem satu arah atau jalan satu arah menuju Jakarta.

Kepala Satuan Pengamanan, Pengamanan, Pengamanan dan Patroli (Kanit Turjawali) kemudian Polres Bogor, kata Ipda Ardian, mengakhiri semua penegakan rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Kemacetan Lalu Lintas di Puncak Bogor Macet, Polisi Lakukan Satu Arah Hingga Jam 5 Sore

“Sekarang dua arah sudah normal, baik naik maupun turun,” kata Ardian Kompas.comMinggu.

Dengan demikian, kata dia, arus lalu lintas dapat dilintasi secara normal dari Puncak Pass hingga perbatasan Cianjur atau dari Gerbang Tol ke Jakarta atau sebaliknya.

Penyesuaian rekayasa lalu lintas dilakukan sebagai bagian dari penyelesaian kemacetan yang terjadi sepanjang hari Minggu atau arus balik hari libur nasional.

Ardian mengatakan sebagian besar wisatawan sudah kembali ke rumah masing-masing.

“(Kemacetan lalu lintas) aman. Yang penting, sektor atas dari Pasar Cisarua hingga Puncak Pass, perbatasan dengan Cianjur, tidak lagi ramai. Jadi yakinlah,” katanya.

“Sekarang hanya di tengah Mah Nah, tentu saja,” tambahnya.

Baca juga: Air Terpencil di Puncak Bogor Lambat Meluap, Polisi Terapkan Sistem Pemenggalan Kepala

Seperti diketahui, polisi sebelumnya telah menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem pemblokiran hingga pintu masuk di Jalan Raya Puncak Bogor.

Penerapan skenario cut off system atau pemblokiran arus kendaraan di titik-titik tertentu di Puncak Bogor berlangsung sejak Minggu (20/11/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

Sedangkan untuk kebijakan rekayasa lalu lintas sekali pakai turun atau menuju Jakarta diberlakukan pada pukul 11.00 WIB.

Seluruh penerapan rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan akibat arus balik wisatawan ke kawasan wisata Puncak Bogor.

Kemacetan terjadi akibat meningkatnya jumlah kendaraan wisatawan yang pulang dari berlibur dari Puncak Pass di perbatasan Cianjur.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button