Simak rekomendasi wisata kuliner khas di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Simak rekomendasi wisata kuliner khas di Gunungkidul

JAKARTA – Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain pantainya yang indah, wisata kuliner di Gunungkidul juga memiliki daya tarik tersendiri.

Ada banyak wisata kuliner di Gunungkidul yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Padahal, mengunjungi suatu daerah tanpa mencoba makanan khasnya tidaklah lengkap. Apa saja makanan khas Gunungkidul? Berikut rekomendasi kuliner khas Gunungkidul yang wajib kamu coba.

Makanan laut olahan
Sorotan kuliner pertama yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Gunungkidul adalah olahan seafood. Tentunya dengan banyaknya destinasi pantai, hasil laut juga melimpah di daerah ini.

Seperti hidangan lobster di pantai Timang dan pantai Sepanjang. Menikmati hidangan laut ditemani pemandangan pantai yang indah tentu akan membuat pengalaman Anda di Gunungkidul tak terlupakan.

Gatot Tiwul
Makanan khas Gunungkidul berikutnya adalah Gatot Tiwul. Makanan legendaris ini merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul jaman dulu. Namun kini Gatot Tiwul sudah menjadi makanan ringan sehari-hari.

Tiwul sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dikeringkan dan dijadikan tepung. Tepung tersebut kemudian dikukus dan menjadi tiwul. Agar rasanya semakin nikmat, tiwul biasanya diberi gula jawa yang dicairkan.

Rumput Goreng
Pengalaman kuliner unik lainnya yang tidak bisa Anda lewatkan di Gunungkidul adalah walang goreng. Makanan unik ini terbuat dari belalang goreng. Belalang, sebagai hama yang meresahkan masyarakat, kemudian mengolahnya menjadi masakan yang kaya protein.

Ada rasa yang berbeda pada hidangan walang goreng ini yaitu gurih, manis dan pedas. Wisatawan kini tak akan kesulitan menemukan jajanan yang satu itu karena walang goreng mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh dengan harga bersahabat.

Bakmi Jawa Piyaman
Bagi penyuka mie, wajib mengunjungi Bakmi Jawa Piyaman. Piyaman adalah sebuah desa di Gunungkidul yang mayoritas penduduknya berjualan bakmi. Karena itulah masyarakat menyebut kawasan ini Kampung Bakmi Jawa.

Dengan rasa yang khas, Bakmi Jawa Piyaman menjadi sajian kuliner yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke Gunungkidul.

Lombok Ijo
Sajian kuliner khas Gunungkidul berikutnya adalah Sayur Ijo Lombok. Seperti namanya, sayur ini didominasi oleh cabai hijau yang dicampur dengan irisan tempe dan dimasak dengan santan serta bumbu lainnya.

Hidangan ini disajikan dengan nasi merah, daun pepaya hangat, trancam, tahu bacem dan empal goreng. Menu khas ini bisa ditemukan di berbagai rumah makan di Gunungkidul.

Itulah rekomendasi kuliner khas Gunungkidul yang wajib kamu coba. Pastikan untuk mencoba makanan khas ini untuk melengkapi perjalanan Anda ke Gunungkidul.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button