Siapkan budget Anda, kunjungi lima destinasi prioritas di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Siapkan budget Anda, kunjungi lima destinasi prioritas di Indonesia

TEMPO.CO, jakarta -Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Tetapkan lima Sasaran Prioritas Utama di Indonesia. Identifikasi destinasi wisata prioritas di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2015. Lantas tempat wisata mana saja yang ditetapkan sebagai destinasi prioritas menurut Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif?

Dengan diluncurkannya kemenparekraf.go.id, Destinasi Super Prioritas merupakan sebutan untuk objek wisata di Indonesia yang memiliki potensi besar sebagai “Bali Baru” dan dapat meningkatkan pariwisata di Indonesia. Berikut lima destinasi wisata prioritas yang bisa Anda pertimbangkan untuk disimpan dan dikunjungi, menurut Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Lima Sasaran Prioritas

1. Candi Borobudur

Seperti dilansir repository.kemdikbud.go.id, Candi Borobuudur merupakan salah satu warisan budaya bangsa dan terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sebagai peninggalan Buddha kuno terbesar di dunia, Candi Borobudur memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Candi Borobudur menawarkan pengalaman berwisata menikmati candi-candi bersejarah. Tak heran, kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur terus meningkat setiap tahunnya.

2. Danau Toba

Danau Toba telah menjadi primadona kebanggaan destinasi pariwisata Indonesia, khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Uniknya, danau yang di tengahnya adalah Pulau Samosir ini merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau Toba terletak di provinsi Sumatera Utara yang dikelilingi oleh tujuh kabupaten yaitu Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasunudan, Dairi, Karo dan Samosir. Danau Tob menawarkan keindahan alamnya berupa hamparan luas danau berhawa sejuk yang asri. Wisatawan juga bisa mengelilingi Pulau Samosir dan Danau Toba untuk menikmati pemandangan Danau Toba.

3. Labuan Bajo

Pemandangan kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Menurut eprints.itn.ac.id, Labuan Bajo dikenal dengan wisata yang beragam mulai dari gugusan pulau, air terjun, pantai, gua alam hingga taman nasional. Labuan Bajo juga merupakan rumah bagi Taman Nasional Komodo, yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Beberapa tempat wisata yang direkomendasikan di Laboan Bajo adalah Pantai Pink, Air Terjun Cuaca Rami, Manta Point, Pulau Kelor, Danau Sano Nggoang, dll.

4. Likupang

Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang masuk dalam daftar lima besar destinasi wisata menawarkan keindahan pantai berpasir putih. Di kawasan ini terdapat tempat-tempat menyelam, salah satunya di sekitar Pulau Lihaga. Likupang siap menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), khususnya di Pantai Paal dan Pantai Pulisan. Shutterstock.com

Terletak di Sulawesi Utara, Likupang memiliki potensi wisata yang indah dan beragam mulai dari wisata alam bawah laut, perbukitan hijau yang luas, pantai berpasir putih hingga flora dan fauna endemik, yang dapat dijadikan sebagai kawasan wisata unggulan. Salah satu wisata yang layak untuk dikunjungi di Likupang adalah wisata bukit dari Bukit Pulisan ke Bukit Larata.

5. Mandala

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika untuk Pariwisata di Lombok Tengah. Foto: ITDC

Mandalika terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Seperti dilansir kek.go.id, Mandalika memiliki potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan antara lain pantainya yang mempesona dan pesona bawah lautnya. Mandalika juga dikenal sebagai daerah yang masih sangat melestarikan budaya nenek moyang. Setiap tahun masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika, sosok leegnda Mandalika. Sekarang lebih menarik karena ada Sirkuit Mandalika yang digunakan untuk balapan MotoGP.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca Juga: Lihat Pesona dan Keunikan Lima Destinasi Wisata Prioritas Indonesia

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita dan berita terbaru Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button