Siap-siap! Diperkirakan 4 juta lebih wisatawan akan datang ke Jogja menjelang hari raya Nataru - WisataHits
Yogyakarta

Siap-siap! Diperkirakan 4 juta lebih wisatawan akan datang ke Jogja menjelang hari raya Nataru

Indonesia – Pemerintah daerah (Pemda) DIY memprediksi peningkatan wisatawan yang datang ke Jogja hingga 4 juta orang lebih.

Perkiraan ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti.

“Diperkirakan lebih dari empat juta (wisatawan) akan masuk ke pasar home improvement pada akhir tahun ini,” kata Indrayanti pada (15/12/2022), seperti dikutip situs Pemprov Jogja.

Menilik kehadiran wisatawan tersebut, Indrayanti mengingatkan masyarakat untuk bersiap-siap karena juga akan terjadi serbuan ke tempat wisata.

Baca Juga: Kamp Sungai Potrobayan, Bumi Perkemahan Seru di Jogja yang Menghadap Sungai

“Karena itu, semua tempat yang memiliki objek wisata pasti mengalami peningkatan pengunjung,” ujarnya.

Menurut dia, dengan perkiraan 4 juta pendatang baru di Yogyakarta, akan terjadi manuver yang ketat. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus untuk menjaga mobilitas yang kondusif.

“Masalahnya bukan kapan mereka masuk atau keluar, tapi selama para pendatang ini ada di DIY. Oleh karena itu, upaya harus dilakukan untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi mobilitas masyarakat di bidang perbaikan rumah,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan jauh-jauh hari sederet posko yang ditempatkan di beberapa titik penting.

“Kami sudah menyiapkan empat posko. Kita perkuat dari entry point, misalnya di Prambanan lalu Tempel. Sementara di bagian barat kita tambahkan sedikit, di Temon sedikit, lalu untuk wilayah selatan kita kerjasama dengan Dinas Perhubungan Gunungkidul di wilayah Pathuk,” jelasnya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata Seru di Gunungkidul Jogja

Selain itu, Indrayanti juga mengungkapkan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk bertugas sebagai koordinator.

“Bersama polisi sebagai koordinator, tentu kita akan berusaha melihat ke depan. Untuk kawasan wisata, kami juga dapat mengimbau Anda untuk membatasi kapasitas pengunjung. Dan kami berencana untuk mengaktifkan semua alat Area Traffic Control System (ATCS) kami”,

Dia juga mengatakan akan menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk menghindari macet dan kemacetan di tengah kota.

Sedangkan para porter diharapkan masuk ke Jogja mulai 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Tak heran, karena DIY merupakan salah satu provinsi wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Selain itu, Jogja juga dikenal sebagai kota wisata yang menyuguhkan berbagai destinasi wisata.

Sementara itu, imbauan pemerintah terkait hari raya Nataru telah tertuang dalam SKB 3 Menteri Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 03 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Hari Libur Umum Tahun 2023.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button