Sesar Cimandiri Direkomendasikan Sebagai Zona Merah, Ternyata 5 Tempat Wisata Ini Juga Masuk Sesar, Yuk Cek... - WisataHits
Jawa Barat

Sesar Cimandiri Direkomendasikan Sebagai Zona Merah, Ternyata 5 Tempat Wisata Ini Juga Masuk Sesar, Yuk Cek…

JAKARTA, Suaramerdeka.com – Bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat saat ini sedang dalam pemulihan oleh berbagai pihak terkait.

Seperti dilansir dari mind-rakyat.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merekomendasikan kepada pemerintah Kabupaten Cianjur agar kawasan aktif jalur patahan Cimandiri ditetapkan sebagai kawasan zona merah.

Sesar Cimandiri sendiri sebenarnya membentang sepanjang 9 kilometer. Melewati sembilan desa.

Pasca bencana gempa, masyarakat kini dilarang membangun rumah tinggal di daerah yang termasuk dalam zona sesar aktif.

Baca Juga: Mudah sekali, berikut cara mudah menggunakan laptop sebagai pengganti set-top box. Nonton TV digital masih lancar

Berdasarkan informasi dari Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Ivan Suprijanto, rekomendasi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan rumah guna menghindari peluang korban.

“Kami merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk menjadikan lokasi bencana di sepanjang Sesar Cimandiri sebagai zona merah dan kawasan non pemukiman,” ujarnya dikutip dari Pikiran-Rakyat.com.

Kemudian Iwan Suprijanto juga menyampaikan bahwa untuk wilayah yang berada dalam radius 300-500 meter dari sesar Cimandiri, diupayakan untuk difungsikan sebagai kawasan non pemukiman, seperti: jalur hijau, pertanian dan ruang terbuka hijau.

“Dengan demikian sekitar 300 hingga 500 meter jalur sesar Cimandiri menjadi kawasan non pemukiman seperti green belt, pertanian atau ruang terbuka hijau sebesar-besarnya,” ujarnya.

Baca Juga: Petarung Langsung dan Gacor, Lakukan 4 Perawatan dan Tips Murai Batu Ini Tidak Perlu Doping

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button