Sepeda motor ikonik yang mengutamakan pencarian aman - WisataHits
Jawa Tengah

Sepeda motor ikonik yang mengutamakan pencarian aman

Diterbitkan pada 20 Agustus 2022.

SEMARANG – Baru-baru ini, AHM mengejutkan para pelanggan setia sepeda motor Honda yang hadir dalam pameran di GIIAS dengan merilis sepeda motor legendaris, yakni Honda ST125 Dax.

Daya tarik motor ini mampu memikat hati dengan terbuktinya jumlah pesanan Honda ST125 Dax di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa nama Dax berasal dari nama keluarga pendek anjing berkaki pendek dan berkaki panjang bernama Dachshund, yang menyerupai bentuk kerangka panjang dan rendah.

Dikenal dengan nama Honda Dax, motor ini pertama kali diperkenalkan pada Agustus 1969.

Versi asli dari motor legendaris ini banyak menggunakan komponen dari Honda Supercub yang kemudian dilengkapi dengan setang yang bisa ditekuk, tangki bahan bakar yang tidak bocor saat dimiringkan dan ban depan yang mudah dipasang bahkan memiliki ukuran yang cukup kecil. ukuran Dimensi.

Honda mendesain Dax agar mudah dibawa dan muat di bagasi mobil, nyaman untuk berkendara santai menikmati atraksi wisata sesuai budaya dan tuntutan konsumen dewasa dan muda saat itu di pasar Eropa dan Amerika.

Meski terlihat kecil, proporsinya tetap memberikan ruang yang cukup untuk ditunggangi 2 orang dewasa.

Perjalanan Honda Dax ini sempat terputus dua kali karena regulasi, pada tahun 1995 dan 1999, sebelum akhirnya lahir kembali pada tahun 2022, diterima dengan sangat baik oleh para pengguna dan pecinta motor legendaris sebelumnya.

Sepeda leisure oriented ini terlahir kembali dengan penyempurnaan menjadi lebih modern, canggih, lebih aman untuk digunakan di zaman sekarang dan tentunya tetap mempertahankan ciri dan karakter Dax yang proporsional lebih kecil untuk ukuran sport bike-nya.

Dari segi ukuran, Honda Dax juga lebih panjang dari Honda Monkey sehingga nyaman dikendarai. Yang paling menonjol adalah rangka berbentuk T, serta penempatan modulator ABS, baterai, filter udara, dan tangki bahan bakar di dalamnya.

Dengan perpindahan yang lebih besar dari aslinya hanya mesin karburator 50cc dan 70cc dengan 3-percepatan semi-otomatis, sama seperti mesin Supercub, Honda Dax saat ini menggunakan mesin 125cc PGMFI dengan gearbox semi-manual 4-percepatan berbagi basis mesin yang sama. sebagai Supercub 125. sesuai dengan kebutuhan performa mesin yang diinginkan pasar saat ini.

Dengan kemampuan untuk menghasilkan tenaga kuda dan torsi yang lebih besar, serta jarak sumbu roda yang relatif pendek, mesin kategori kecil ini menciptakan gaya inersia yang dapat menyebabkan mesin berputar ke depan di bawah pengereman depan yang berat.

“Tidak perlu khawatir, Honda selalu membuat kendaraan yang aman untuk digunakan, meskipun sepeda itu ditujukan untuk bersantai atau rekreasi. Honda ST125 Dax dilengkapi dengan IMU (Inertial Measurement Unit) yang bekerja sama dengan ABS, sehingga motor ini sulit untuk melaju ke depan, meski rem pada roda depan sangat bertenaga. Dengan cara ini, kami terus mengedepankan konsep berkendara yang aman,” jelas Oke Desiyanto, Senior Instructor Safety Riding Astra Motor, Jawa Tengah.(ima/rtc)

Baca juga:

  • Ada pergerakan 20 pasukan yang lepas kendali. Dukung Sambo, IPW Ketua: Brimob sampai tidak mau crash.

  • Ganjar, Anies, Kang Emil, Erick Thohir dan Susi Pujiastuti bersaing memperebutkan juara Makan Kerupuk dan Tarik Tambang.

Source: radartegal.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button