Sambut Bulan Muharram, Desa Songgokerto Angkut Ratusan Peserta Bullock - WisataHits
Jawa Timur

Sambut Bulan Muharram, Desa Songgokerto Angkut Ratusan Peserta Bullock

Karnaval banteng di desa Songgokerto, kota BatuKarnaval banteng di desa Songgokerto, kota Batu

BATU (Surabayapost.id) – Melestarikan budaya Jawa untuk melestarikannya, di bulan Muharram 1444H/2022, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu menggelar karnaval bantengan dan beberapa kegiatan lainnya pada Senin (1/8/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Kecamatan Songgoriti Desa Songgokerto beberapa hari terakhir ini diawali dengan Ngudek Jenang Suro pada Sabtu (29/7/2022), bersama tokoh masyarakat dan budaya, bahkan berpartisipasi langsung dari kepala daerah. Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As. Sidiq.

Tak hanya itu, Danramil Batu, Kabag Pendidikan, Kepala Intelijen Kota Batu, Edi Sutomo, Kepala Desa Temas Adi Santoso, organisasi pemuda setempat dan tokoh masyarakat lainnya di Kota Batu ikut menggalakkan kegiatan tersebut.

Sekedar mengingatkan, selain Ngudek Jenang Suro, rangkaian acara ini juga menampilkan pagelaran Wayang Kulit dan pengajian akbar dan Bantengan yang dihadiri sekitar 30 orang dari wilayah Malang Raya pada Minggu malam, 31 Juli 2022, dan difokuskan pada Candi Songgoriti di kecamatan setempat.

Selain itu, di akhir kegiatan akan ada pengajian atau doa bersama di Hotel Jambuluwuk, Kota Batu.

Arsyam Dhian Ramadhan, Kepala Desa Songgokerto mengatakan, semua kegiatan ini dalam rangka menyambut 1 Muharram 1444 H/2022.

“Sebagai bentuk pelaksanaan perawatan, pemeliharaan dan pelestarian budaya Jawa untuk menjaga kelestariannya,” kata Rama Pangilan, Kepala Desa Songgokerto, setiap hari.

Selain itu, ia meyakini ada peninggalan sejarah di kawasan ini yang dikenal dengan Candi Songgoriti atau dikenal juga dengan Candi Supo, yang merupakan situs wisata budaya yang perlu dilestarikan.

Ngudek Jenang SuroNgudek Jenang Suro

Sementara itu, Wiwin, ketua panitia penyelenggara, sapaan akrab Bebep menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan secara rutin.

“Mulai dari Ngudek Jenang Suro bersama, Wayang dan juga Bantengan, dari puluhan kelompok peserta, berdasarkan undangan hingga 50 kelompok.

“Atas nama panitia saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Songgokerto beserta jajarannya Bapak Babinsa dan Babinkamtibmas serta Linmas, tidak lupa dukungan dari aparat TNI/Polri, Dinas Pariwisata dan Satpol PP Kota Batu.” kata Bebep.

Anda, lanjutnya, yang telah membantu memastikan semua kegiatan berjalan dengan lancar dan aman.

“Jangan pernah lupakan motto kami ‘Songgokerto Seduluran Selawase’ (Songgokerto Bersodara Selamanya)” seru Bebep (gus).

Source: surabayapost.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button