Seorang warga Portugis dikabarkan meninggal dunia saat jatuh ke jurang di Gunung Rinjani - WisataHits
Yogyakarta

Seorang warga Portugis dikabarkan meninggal dunia saat jatuh ke jurang di Gunung Rinjani

[ILUSTRASI] Rinjani pendaki gunung. (Diantara)

Tinggi korban dari jatuh sekitar 150 meter.

SuaraJogja.id – Seorang turis mengalami kecelakaan di Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (19/8/2022). Turis Portugis bernama Boaz Bar Anam dikatakan telah jatuh ke jurang sedalam 150 meter.

Direktur Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady yang dihubungi di Mataram, Jumat (19/8/2022), membenarkan kejadian tersebut berdasarkan laporan Direktur Riset TNGR Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

“Kami telah menerima laporan dari Manajer Sembalun TNGR Resort bahwa Trekking Organize (TO) Rudy Trekker telah memberikan informasi tentang salah satu klien mereka atas nama Boaz Bar Anam (laki-laki), warga negara Portugis. Pukul 05.30 WITA mengalami kecelakaan di puncak Rinjani,” ujarnya.

Ia mengatakan, posisi korban jatuh di lereng barat laut atau menuju Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. Jarak korban jatuh sekitar 150 meter dan dikabarkan meninggal dunia.

Baca Juga: Viral Video Puluhan Bule Diduga Naik Truk Terbuka di Bali Disorot Warganet

Dua tamu lainnya dibawa menyusuri jalur pendakian Bawak Nao, Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur oleh seorang pemandu wisata atas nama Bullah.

Ia menambahkan, korban tercatat melakukan pendakian melalui pintu masuk Sembalun pada 18 Agustus 2022.

“Berdasarkan informasi dari TO dan pemandu wisata, korban sempat selfie di pinggir tebing di puncak Rinjani sebelum jatuh,” katanya.

Dalam penanganan korban jiwa, kata dia, tim Satgas SAR (P2E) TNGR bekerja sama dengan Satuan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Lombok Timur, SAR Mataram, dan tim Edelweis Medical Health Center (EMHC). Tim Inafis Lombok Timur berkomunikasi dengan pihak kepolisian resor. .

Pukul 10.15 WITA, kata dia, tim EMHC dan tim Sembalun TNGR Resort melakukan persiapan evakuasi sebagai tim sementara dan akan bergabung dengan tim SAR.

Baca Juga: Saat Mendaki Gunung Rinjani Lombok, Turis China Terpeleset dan Jatuh Hingga Tak Bisa Jalan

“Posko pengungsian sementara sudah kami siapkan di kantor Resort TNGR Sembalun,” kata Dedy Asriady. [ANTARA]

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button