Senangnya bisa ikut program studi mandiri bersertifikat di PT Amati Indonesia, menimba ilmu dan pengalaman - WisataHits
Jawa Timur

Senangnya bisa ikut program studi mandiri bersertifikat di PT Amati Indonesia, menimba ilmu dan pengalaman

Senangnya bisa ikut program studi mandiri bersertifikat di PT Amati Indonesia, menimba ilmu dan pengalaman

Salah satu kegiatan presentasi dalam Program Studi Mandiri di PT Amati Indonesia, Kamis (1/12/2022). (Sumber gambar: Zoom)

JournalPost.com – Kuliah mandiri di PT. Amati Indonesia merupakan salah satu program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema Inovasi Digital untuk Pariwisata Berkelanjutan. Program studi mandiri yang dilakukan oleh Amati Indonesia untuk mencetak generasi muda melalui ilmu pengetahuan yang didukung dengan inovasi berkelanjutan. Program ini dimulai dari Agustus 2022 hingga Desember 2022. Program ini memiliki peserta dari berbagai jurusan dan universitas. Pembelajaran ini menawarkan tantangan dan peluang bagi pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian dan kebutuhan mahasiswa, serta pengembangan kemandirian melalui digitalisasi dalam bisnis pariwisata. Dalam program studi mandiri ini, mahasiswa diberikan pengetahuan tentang ekonomi, digitalisasi dan manfaat sosialnya.

Proses pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran online dimana peserta harus langsung mengimplementasikan materi yang diberikan melalui proyek dan tugas yang harus diselesaikan untuk menyelesaikan setiap materi. Sanyyah, sebagai peserta kajian mandiri Amati Indonesia, mengungkapkan dalam wawancara online (31/12) antusias dan senangnya mengikuti kegiatan ini. “Banyak pelajaran yang didapat, tapi menurut saya program ini lebih menekankan ekonomi berkelanjutan yang menyasar desa wisata,” kata Sanyyah. Elizabeth, peserta program studi mandiri, menambahkan kegiatan belajar mandiri di Amati Indonesia memberikan manfaat yang luar biasa. “Saya sangat bangga bisa mengikuti program studi mandiri Amati Indonesia Indonesia. Saya paham proses pembuatan start-up digital yang berorientasi pada sustainability,” ujar Elizabeth. Sama seperti peserta lainnya mengenai self learning di perguruan tinggi, hal tersebut tercapai dan dapat diimplementasikan dengan baik. “Senang dan senang sekali bisa belajar tentang rasakan digitalisasi yang berdampak pada desa,” kata Meilinda dalam wawancara via WhatsApp (31/12).

Kegiatan belajar mandiri di PT. Amati Indonesia membentuk tim. Bentuk tugas yang diberikan berupa tugas dan tantangan tim yang perlu diunggah ke Instagram dan diarsipkan ke Google Drive. Setiap tim ditugaskan lokasi magang sebagai penelitian lapangan pada proyek studi independen. Selama berada di lokasi, masing-masing tim melakukan proses kerjasama dengan masyarakat setempat untuk merumuskan tema yang akan dijadikan judul proyek. Mereka kemudian mengembangkan solusi untuk masalah yang dianalisis bersama dengan tim dan mentor mereka. Kegiatan belajar mandiri di PT Amati Indonesia meliputi belajar individu dan tugas akhir dalam bentuk tim yang dipimpin oleh seorang mentor. Proyek akhir sebagai produk dari kegiatan ini adalah desain UI/UX untuk pengembangan website Desa Branjang. Desain UI/UX untuk situs web Desa Branjang divalidasi sebagai solusi dari masalah yang juga divalidasi oleh 10 pengadopsi awal yang diwawancarai sebelum kedatangan mereka setelah pembuatan prototipe.

Dengan mengikuti kegiatan belajar mandiri di PT Amati Karya Indonesia, mahasiswa mendapatkan wawasan tentang soft skill dan hard skill. Mengikuti program MSIB di PT Amati Karya Indonesia selama 1 semester menambah pengetahuan peserta tentang inovasi digital dan mampu mengaplikasikannya secara langsung. Kegiatan ini memungkinkan banyak mahasiswa yang mengikuti program MSIB PT Amati Karya Indonesia mampu merancang perusahaan digital. Banyak materi tentang tips membangun bisnis digital yang diberikan selama mengikuti program dengan penjelasan materi yang mudah dipahami oleh mahasiswa. Program studi mandiri bekerjasama dengan PT. Amati Karya Indonesia diharapkan mampu menjawab tantangan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang terdepan.

Pengarang: Arnandhia Fatimah Azzahra
Mahasiswa program studi S1 ​​Kepariwisataan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button