Pemda Loh bersiap menjadi pusat oleh-oleh haji dan benar-benar mengoptimalkan pemberdayaan UMKM - WisataHits
Jawa Timur

Pemda Loh bersiap menjadi pusat oleh-oleh haji dan benar-benar mengoptimalkan pemberdayaan UMKM

Pemda Loh bersiap menjadi pusat oleh-oleh haji dan benar-benar mengoptimalkan pemberdayaan UMKM

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemcam) Loh Bener akan melaksanakan program unggulan Pemcam yaitu mengoptimalkan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mempersiapkan Kabupaten Loh Sejahtera sebagai sentra Haji dan Umrah – Cinderamata beserta rencana pembukaan embarkasi haji Indramayu pada musim haji 2023.

Embarkasi Haji yang berlokasi di Desa Legok, Kecamatan Loh Beneficial ini diketahui sebagai tempat persinggahan calon jemaah haji, khususnya masyarakat di wilayah timur Provinsi Jawa Barat, sebelum melintasi Bandara Internasional Sungai Kertajati untuk diterbangkan ke tanah suci. Kabupaten Majalengka.

Dengan hibah tanah seluas 13 hektare dari Pemerintah Kabupaten Indramayu, Embarkasi Haji Indramayu berfungsi untuk menampung keberangkatan calon jemaah haji rombongan pertama dari Jawa Barat pada Mei mendatang. Selain itu, museum haji, rumah sakit, pesawat model, dan tempat pelatihan (manasik) sedang dibangun untuk digunakan oleh jamaah dan pelajar.

Jadi, keberadaan embarkasi haji Indramayu bukan hanya untuk membantu kelancaran ibadah haji. Namun juga menjadi ikon wisata religi sekaligus pusat pendidikan agama di kota Mangga.

“Kehadiran embarkasi Haji Indramayu tentunya memberikan multiplier effect bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya di Kecamatan Loh Beneficial,” kata Camat Loh Beneficial Edy Wahyono saat dikonfirmasi Diskominfo Indramayu, Jumat. adalah (13/01/2023).

Oleh karena itu, kata Edy perlu dilakukan optimalisasi pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis UMKM dengan memperbanyak berbagai kegiatan pelatihan. Mulai dari pengolahan, pelabelan, pengemasan, izin usaha rumahan, OSS hingga sertifikasi Halal.

“Pada tahun 2023, Pemcamcam memiliki program unggulan untuk menjadikan Kecamatan Loh Beneficial sebagai pusat oleh-oleh haji dan umrah,” imbuhnya.

Dengan ini, UMKM di Kecamatan Loh Bener akan mampu menghasilkan berbagai jenis souvenir haji yang unik di masa mendatang dan berpotensi menjadikan ikon Indramayu sebagai kota mangga dan produk halal. Juga tentunya menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja lokal.

Untuk mendukung rencana tersebut, Edy menegaskan, pihaknya menggelar rapat kajian sinergi 10 program Bupati Indramayu tahun 2022 dan menyusun rencana kerja tahunan lintas sektor kabupaten Lohben tahun 2023 yang akan dilaksanakan di pendopo Abral Hall, Desa Lohben yang dihadiri juga oleh seluruh perwakilan pemerintah termasuk jajaran Forkopimcam beberapa waktu lalu

Dalam kesempatan tersebut, Edy memaparkan penilaian Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar terhadap capaian 10 program unggulan yaitu I-ceta, Suling, Ledig, Peri, Kruwcil, Dokmaru, Jaket, Dekat, Lada dan Alur Periode Januari-Desember 2022.

“Kami akan terus mensosialisasikan sepuluh program unggulan Bupati Indramayu dan berbagi komitmen bersama mewujudkan visi Indramayu Bermartabat. Alhamdulillah semua sangat antusias mendukung program pemberdayaan UMKM dan siap melaksanakannya, menyambut baik rencana pembukaan embarkasi haji Indramayu musim haji tahun ini,” pungkasnya. (FKR/MTQ – Tim Rilis Diskominfo Indramayu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button