Umat ​​Buddha merayakan "Santutthicitta" di Candi Borobudur - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Umat ​​Buddha merayakan “Santutthicitta” di Candi Borobudur – ANTARA News Yogyakarta

MAGELANG (ANTARA) – Para biksu dan pemuja Buddha dari berbagai negara yang menghadiri konferensi internasional di Borobudur menggelar “Santutthicitta” di Borobudur pada Minggu sebagai bentuk terima kasih kepada umat Buddha atas pencanangan Candi Borobudur sebagai salah satu tempat ibadah.

Kegiatan yang berlangsung di kompleks candi Budha terbesar di dunia ini diawali dengan persembahyangan bersama para biksu di puncak Candi Borobudur, sekaligus umat Budha melakukan Pradaksina di pelataran candi dengan berjalan kaki. mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali.

Setelah itu dilanjutkan sembahyang bersama para biksu dan umat Buddha di pelataran Candi Borobudur.

Ketua Konferensi Internasional Borobudur, Biksu Ditthisampanno mengatakan, kegiatan hari ini bertajuk Santutthicitta atau Ziarah atau dikenal juga dengan Darmayatra, namun membutuhkan dinamika khusus, sesuai arahan Presiden Jokowi terkait Borobudur sebagai destinasi wisata dengan prioritas tertinggi.

Selain itu, Menag juga memerintahkan Borobudur menjadi pusat wisata religi bagi umat Buddha dari seluruh dunia.

“Maka ini kami dukung dengan mengundang para biksu dari seluruh dunia untuk mengadakan doa bersama dan melakukan upacara sakral di puncak Borobudur, harapannya akan meningkat dari sudut pandang Buddhis,” ucapnya.

Disampaikannya mantan biksu dari Thailand, Myanmar, Sri Lanka, Laos, Kamboja, India dan Vietnam antara lain membacakan doa-doa suci, mantra, sutra dan juga lantunan di puncak Borobudur dan menggabungkannya dengan kegiatan meditasi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Umat ​​Buddha mengadakan “santutthicitta” Borobudur

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button