Saat melihat pesona Taman Nasional Baluran, sensasinya seperti Afrika kecil di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Saat melihat pesona Taman Nasional Baluran, sensasinya seperti Afrika kecil di Jawa Timur

Saat melihat pesona Taman Nasional Baluran, sensasinya seperti Afrika kecil di Jawa Timur

SurabayaNetwork.id – Bagi mereka yang biasanya melakukannya Bepergian ke Bali atau Banyuwangi dengan perjalanan darat, pasti tidak asing lagi dengan Taman Nasional Baluran.

Berada di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi, hutan ini membentang di sepanjang jalan dan pesisir ujung timur Pulau Jawa.

Lokasi tepatnya di Wonorejo – Banyuputih, Situbondo.

Suasana yang ditawarkan Taman Nasional Baluran mirip dengan sabana di Afrika, tak heran ada yang bilang hutan ini Afrika dan Jawa atau Afrika kecil di Jawa.

Baca juga: CUKUP! Wisata Merak Baluran Situbondo menarik minat investor dari Negeri Tirai Bambu

Taman Nasional Baluran tidak hanya menjadi tujuan wisata, tetapi juga cagar alam yang melindungi ekosistem flora dan fauna.

Selain itu, kawasan ini sering menjadi tempat penelitian, pendidikan, sumber ilmu pengetahuan dan penunjang budidaya.

Sejarah nama taman nasional ini diambil dari nama gunung di kawasan hutan yaitu Gunung Baluran.

Luas taman nasional ini sekitar 25.000 hektar dan 40 persennya didominasi oleh hutan savana.

Tak heran jika savana di Hutan Baluran menempati posisi savana terluas di Pulau Jawa.

Iklim kering atau bulan kering berlangsung lebih lama dibandingkan dengan musim hujan di daerah tersebut.

Kawasan Taman Nasional Baluran terdiri dari beberapa ekosistem antara lain ekosistem hutan pantai atau mangrove, ekosistem savana, ekosistem hutan musim, ekosistem hutan pegunungan, dan ekosistem hutan rawa.

Terdapat kurang lebih 444 jenis tumbuhan yang hidup di Taman Nasional Baluran dan tersebar di seluruh ekosistem. Sedangkan untuk fauna terdapat 28 jenis mamalia dan 196 jenis burung, ikan dan reptilia.

Diantaranya terdapat 47 jenis satwa yang dilindungi, antara lain bison, kerbau liar, macan tutul, rusa, kancil dan jenis burung langka.

Selain flora dan fauna, Taman Nasional Baluran juga menawarkan keindahan alam yang menarik wisatawan untuk menjadikannya tujuan wisata.

Mulai dari Padang Savana Bekol, Pantai Bama dengan terumbu karang dan ikan hias yang indah, Dermaga Mangrove, Hutan Hijau, Gua Jepang dan Observasi Satwa.

Baca juga: Pantai Sijile Surga Baluran Bagi Anda Pecinta Ketenangan di Situbondo

Tiket masuk Taman Nasional Baluran cukup murah. Untuk wisatawan lokal cukup membayar hanya 15.000 rupiah sedangkan turis asing membayar 150.000 rupiah. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke sana? ***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button