SEMARANG WISATA: Keindahan Alam Bukit Cinta Banyubiru Menghadirkan Pemandangan Rawa Pening - WisataHits
Jawa Tengah

SEMARANG WISATA: Keindahan Alam Bukit Cinta Banyubiru Menghadirkan Pemandangan Rawa Pening

SEMARANG WISATA: Keindahan Alam Bukit Cinta Banyubiru Menghadirkan Pemandangan Rawa Pening

TRIBUNJATENG.COM – Rawa Pening merupakan danau alami yang terbentuk di tanah rawa gambut pasca dibangunnya bendungan di Sungai Tuntang antara tahun 1912 hingga 1916.

Selain itu, Danau Rawa Pening juga dikelilingi oleh lahan pertanian berupa sawah yang digunakan para petani untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman pertanian.

Di balik keindahan Danau Rawa Pening terdapat sebuah kepercayaan masyarakat: Cerita tentang terbentuknya danau ini beredar di kalangan masyarakat melalui Rawa Pening.

Danau yang saat ini menjadi obyek wisata ini berada di kawasan antara kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Rawa ini berada di cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Lokasi tepatnya Bukit Cinta, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

“Rawa Pening sebenarnya merupakan objek wisata alam berupa danau yang terletak di 3 kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Bawen dan Kecamatan Banyubiru.

Situs tersebut berada di cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, yakni di bawah Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Airnya mengalir dari sungai menuju hutan. Kalau Rawa Pening tidak hanya ada di Bukit Cinta, bisa juga dilihat di Bejalen, Semurup dan lain-lain. kata Hanif, salah satu penjaga Bukit Cinta.

Bukit Cinta menampilkan keindahan Rawa Pening dan menjadikannya spot foto yang cocok sebagai pilihan tempat wisata liburan keluarga.

Dengan lahan yang luas disini juga menawarkan wahana permainan air seperti perahu, dengan perahu ini kita bisa menikmati kesegaran alami Rawa Pening.

Tak hanya itu, Bukit Cinta juga menghadirkan museum atau goa naga yang menjadi salah satu keunikan tempat wisata ini.

Ada penjelasan tentang asal usul Rawa Pening yang juga bisa menjadikan Bukit Cinta sebagai destinasi pendidikan bagi para pelajar.

Tiket di sini berharga Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 15.000 pada akhir pekan. Jangan khawatir, tempat parkir di Bukit Cinta sangat luas dan cukup.

Ada juga warung yang menjajakan segala hal mulai dari pernak pernik hingga oleh-oleh jajanan khas Kabupaten Semarang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button