2 unit mobil patroli G20 Bali bekas uji solo - WisataHits
Jawa Tengah

2 unit mobil patroli G20 Bali bekas uji solo

SOLO, KOMPAS. com – Dua mobil van pengawal (Patwal) bekas KTT G20 di Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu, diparkir di Polres Solo Kota (Polresta).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolresta) Solo dan Kombes Pol Ivan Saktiadi mengatakan, dua mobil tersebut dialokasikan langsung oleh Korps Lalu Lintas (Kolantas) Polri.

“Sementara mobil dari Korlantas pasca kegiatan G20 kemarin adalah yang bisa dialokasikan ke Polresta, tapi untuk saat ini belum bisa kita gunakan,” kata Ivan Saktiadi saat dikonfirmasi, Senin (28/11/2022).

Saat ini mobil tersebut masih dilakukan pengujian untuk memastikan kondisi mobil, khususnya kondisi mesin dan jarak tempuh.

Baca juga: Potensi PAD Sulit Dieksploitasi Meski Konser Tunggal Berlebihan, Komisi 2 DPRD Temukan Alasannya

“Untuk memastikan kondisi mobil, kita perlu mengukur itu dengan baterai penuh, berapa flat track, berapa naik turun dengan baterai penuh. Berapa kecepatan rata-rata, berapa kecepatannya? tes,” katanya.

Polres Solo saat ini sedang menyiapkan sejumlah personel untuk pengemudi kendaraan listrik. Karena menurut Ivan, supir patwal harus dilatih.

“Untuk mengukur itu, kami menyiapkan mereka yang dilatih mengemudikan mobil listrik, karena itu ada kaitannya dengan mobil listrik pemeliharaandan kemudian kami akan mempersiapkannya terlebih dahulu,” katanya.

Pertimbangan inilah yang menyebabkan penggunaan mobil Patwal membutuhkan waktu untuk dapat berfungsi secara maksimal.

Ditambah masalah ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Solo yang masih minim.

“Walaupun kami tidak berani menggunakannya untuk dinding, kami masih mengujinya untuk mengetahui spesifikasinya, karena hanya ada dua titik pengisian daya (SPKLU), namun akan ada lebih banyak pengisi daya di Alila Hotel, pengisian daya untuk pengunjung sebagai serta persiapan KTT ASEAN di Solo,” ujarnya.

Baca Juga: Revitalisasi Selesai April 2023, Lokananta Bakal Jadi Pusat Kreativitas dan Wisata Utama Solo

Seperti diberitakan sebelumnya, Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, mobil Patwal digunakan terkait KTT G20 di Bali.

Aan mengatakan rombongan berangkat dari Korlantas Polri pada Senin (31/10/2022).

Sebanyak 80 mobil patroli yang terdiri dari kendaraan listrik dan fosil melaju ke Bali.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button