Maskapai asing baru mendarat di Bandara YIA Kulon Progo - WisataHits
Yogyakarta

Maskapai asing baru mendarat di Bandara YIA Kulon Progo

Yogyakarta, IDN Times – Angkasa Pura (AP) Saya mengatakan dua maskapai luar negeri akan segera terbang ke Yogyakarta International Airport (YIA). Dua maskapai akan menambah jumlah penerbangan internasional di bandara di Kulon Progo.

Presiden dan Direktur AP I Faik Fahmi mengatakan penerbangan internasional di YIA saat ini masih terbatas. “Sejauh ini sudah ada dua penerbangan internasional, namun frekuensinya masih terbatas. Ada Scoot Airlines dari Singapura dan AirAsia dari Kuala Lumpur,” kata Faik dalam Webinar Pariwisata Seri #4, Jalan Menuju Yogyakarta Sebagai Destinasi Pariwisata yang Bertanggung Jawab, Jalan Tol: Peluang Membuka Investasi Sektor Pariwisata di Joglosemar, Rabu (26/10/ 2022).

1. Dua maskapai akan terbang ke Bandara YIA

2 maskapai asing baru akan mendarat di Bandara YIA Kulon Progo Direktur Utama AP I, Faik Fahmi.IDNTimes/Herlambang Jati

Hadirnya bandara YIA untuk membuka akses penerbangan internasional, namun sayangnya keberadaan bandara baru tersebut belum optimal karena pembangunan bandara tersebut selesai bersamaan dengan pandemi Covid-19. “Padahal kami sudah berdiskusi dengan Qatar Airways dan beberapa penerbangan internasional,” kata Faik.

Di tengah pemulihan ekonomi, eksplorasi telah dimulai dengan maskapai internasional. Sejumlah maskapai dikabarkan tertarik untuk segera bergabung dengan YIA. “Baru pulang dari Turki, mereka Turkish Airlines sangat tertarik terbang ke Yogyakarta saat ini dalam tahap eksplorasi. Bagi yang sangat dekat dengan Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur dan satu dari Thailand, Thai Smile Air akan segera bergabung dengan YIA,” kata Faik.

2. Perlunya sinergi para pelaku pariwisata

2 maskapai asing baru akan mendarat di Bandara YIA Kulon Progo Yogyakarta International Airport (YIA) Airport Parking Lot IDN Times/Yogie Fadila

Faik mengatakan aksesibilitas dan konektivitas penting untuk memaksimalkan YIA dan mendorong kunjungan wisatawan asing. Menurut dia, maskapai asing tidak bisa dipaksakan beroperasi di YIA, perlu dukungan industri pariwisata untuk menciptakan daya tarik wisata.

“Sebagai faktor penting bagi YIA, atraksi perlu dipromosikan bersama-sama dan diperlukan kombinasi pelaku pariwisata lainnya. Bandara yang bagus saja tidak cukup, destinasi wisata harus ditata dengan baik. Pembicaraan dengan maskapai juga tentang aksesibilitas dan konektivitas,” kata Faik.

Dalam kesempatan itu, Faik menyebutkan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Yogyakarta dan Bandara YIA akan semakin mendorong percepatan transportasi udara. Aksesibilitas ini, menurut Faik, menjadi sesuatu yang penting.

Baca Juga: Bandara YIA Kulon Progo Luncurkan Penerbangan ke Singapura

Baca Juga: 7 Tempat Belanja Souvenir di Kulon Progo, Dari Cokelat Hingga Wingko

3. Kunjungan wisatawan asing diharapkan meningkat

2 maskapai asing baru akan mendarat di Bandara YIA Kulon Progo Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Sebelumnya, Kepala Biro Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharja mengatakan Singgih Raharja sudah ada maskapai dari luar negeri yang akan menaiki YIA. Dia berharap peningkatan penerbangan internasional bisa mendongkrak pariwisata.

“Mudah-mudahan maskapai asing dengan penerbangan langsung terus mendorong kunjungan wisman. Saat ini wisatawan masih didominasi oleh wisatawan lokal. Namun, turis asing dari Eropa seperti Prancis dan Spanyol mulai masuk,” kata Singgih.

Baca Juga: Sosialisasi Tol Jogja-YIA Selesai Dalam 1-2 Bulan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button