Curug Bandung, wisata alam yang luar biasa di Karawang - WisataHits
wisatahits

Curug Bandung, wisata alam yang luar biasa di Karawang

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang dikenal sebagai kota industri internasional. Selain sebagai pusat industri, Karawang juga menjadi salah satu destinasi andalan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan. Ada banyak tempat wisata alam yang indah seperti air terjun atau Curug Bandung di Karawang.

Objek wisata alam ini menawarkan pesona keindahan air terjun yang masih alami dengan suasana yang sangat asri. Curug Bandung bisa menjadi pilihan untuk liburan akhir pekan bersama teman atau kerabat dekat. Atraksi ini juga bisa untuk anak-anak, tapi yang sudah cukup umur atau 5 tahun ke atas.

Nama tempat wisata ini cukup unik karena menggunakan kata Bandung yang merupakan kota terbesar di Jawa Barat. Curug Bandung terletak di Karawang, tepatnya di kaki Gunung Sanggabuana. Lokasinya berada di kawasan Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru.

Nikmati keindahan alam Curug Bandung

Menikmati Air Terjun BandungKredit gambar: Google Maps Idris Idris

Curug Bandung merupakan salah satu objek wisata alam Kabupaten Karawang. Tempat wisata ini berada di kawasan Gunung Sanggabuana sehingga memiliki udara yang cukup sejuk. Curug Bandung menawarkan latar belakang alam yang eksotis dengan air terjun yang mengalir bebas dari ketinggian sekitar 25 meter.

Lanskap Curug Bandung sangat indah karena debit airnya cukup besar bahkan di musim kemarau. Suara air terjun dan gemericiknya akan menjadi obat penenang dan penyegar bagi setiap pengunjung yang datang. Kolam di bawahnya cukup dangkal untuk Anda bermain air dengan aman.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan kawasan wisata Curug Bandung sambil berfoto. Jika ingin bermain air tetap harus berhati-hati karena di kolam air terjun terdapat bagian yang agak dalam. Pengunjung juga bisa bermain di bebatuan yang menjadi aliran air terjun, namun hati-hati jangan sampai terpeleset.

Aktivitas Panjat Tebing di Curug Bandung

Hal yang Dapat Dilakukan di Curug BandungKredit gambar: Google Maps Faisal Reza Wahyudi

Salah satu keistimewaan Curug Bandung adalah aliran air terjun yang membelah bebatuan. Formasi batuan yang membentuk aliran air terjun menjadi daya tarik Curug Bandung. Bebatuan itu sedikit berpijak seperti tebing berbatu. Bebatuan ini bisa licin, tetapi di beberapa sisi cukup aman untuk didaki.

Pengunjung bisa berfoto lebih dekat dengan air terjun. Namun, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama saat berjalan di bebatuan yang terkesan licin. Pengunjung dapat menikmati air terjun yang duduk di bebatuan yang tidak tertutup oleh aliran air terjun. Keunikan inilah yang membuat Curug Bandung semakin populer di kalangan wisatawan.

Tak kenal lelah dengan sejuknya air di Curug Bandung

Tak kenal lelah di Curug BandungKredit Gambar: Google Maps Depy Dep

Wisata alam seperti air terjun ini selalu dikejar oleh masyarakat terutama anak muda yang ingin menyatu dengan alam. Kegiatan liburan ke air terjun biasanya dipilih karena cukup murah dan menyenangkan. Selain murah, air terjun ini juga menawarkan terapi gratis bagi siapa saja yang ingin bersantai.

Curug Bandung di Karawang memiliki suasana yang cukup asri dan menenangkan, cocok untuk wisatawan yang bosan dengan suasana kota yang bising. Air di objek wisata Curug Bandung juga sangat bersih dan segar. Air dapat menyegarkan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

Perjalanan menuju lokasi air terjun yang benar-benar harus Anda jalani akan terbayarkan ketika kaki Anda merasakan kesejukan air. Aliran air di Curug Bandung sendiri cukup besar, sehingga aliran air di bawah atau di kolam air terjun dapat dinikmati pengunjung setiap saat.

Fasilitas yang tersedia di Curug Bandung

Fasilitas Air Terjun BandungKredit gambar: Google Maps Hoo Erianto

Sebagian besar objek wisata air terjun memiliki fasilitas standar seperti warung makan, tempat parkir, mushola, dan kamar mandi. Fasilitas tersebut sudah tersedia di objek wisata Curug Bandung Karawang. Wisatawan dapat menitipkan kendaraannya, baik sepeda motor maupun mobilnya, di tempat parkir yang disediakan untuk keperluan tersebut.

Usai bermain air terjun, wisatawan bisa beristirahat atau mencari makan dan minum dari warung-warung di sekitarnya. Ada beberapa warung yang menawarkan makanan seperti gorengan, mie instan, dan menu lainnya untuk mengobati rasa lapar. Aneka minuman dingin juga tersedia jika Anda lupa membawa sendiri.

Ada kamar mandi dan toilet di Curug Bandung. Jadi jangan takut basah-basahan dan bermain sepuasnya di tempat wisata ini. Setelah itu, Anda bisa berganti pakaian di kamar mandi yang disediakan pengelola. Meski pemasangan ini sangat sederhana, namun tetap nyaman untuk Anda ganti baju.

Jalan Menuju Tempat Wisata Air Terjun Bandung

Rute Air Terjun BandungKredit Gambar: Google Maps tjah sar

Akses untuk mencapai kawasan wisata alam Curug Bandung sangat mudah. Jalan yang digunakan untuk mengakses tempat wisata di Jawa Barat sudah cukup baik untuk dilalui kendaraan. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju gerbang masuk Curug Bandung.

Anda akan menemukan rambu yang mengarah ke Curug Bandung di pertigaan kecil T. Rambu tersebut bertuliskan Curug Cigentis, Curug Bandung, Empang Sari dan Buana Tirta. Curug Bandung masih berada dalam satu kawasan dengan tempat wisata tersebut.

Begitu Anda menemukan pintu yang bertuliskan Kampung Turis, Anda bisa masuk dengan membayar tiket dan langsung menuju tempat parkir. Pengunjung biasanya akan ditawari ojek saat berada di tempat parkir. Pengunjung juga bisa berjalan kaki untuk lebih menikmati perjalanan menuju air terjun atau Curug Bandung.

Jalan menuju air terjun pasti menanjak tapi tidak terlalu jauh hanya sekitar 10-15 menit. Akses jalan menuju air terjun ini berbentuk bebatuan, jadi harus berhati-hati. Pengunjung Curug Bandung akan dapat melihat air terjun lainnya seperti Curug Cimata Heulang dan Curug Jodo.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bandung

Harga Tiket Air Terjun BandungKredit Gambar: Google Maps khie zulkifli

Bagi Anda yang tidak tahu bagaimana memilih liburan akhir pekan, Curug Bandung di Karawang mungkin bisa menjadi pilihan. Selain karena lebih dekat, tempat wisata ini juga cukup terjangkau. Tiket masuk rombongan dengan mobil 10 ribu. Sedangkan pengunjung yang membawa sepeda motor dikenakan tiket masuk sebesar 15.000.

Tiket yang dibayarkan di pintu depan adalah untuk parkir. Jadi sesampainya di gerbang masuk Curug Bandung harus membayar tiket masuk lagi. Biaya masuk ke Curug Bandung sangat terjangkau hanya 10.000 per orang, pengunjung anak di atas 5 tahun juga dikenakan biaya masuk yang sama.

Setelah membayar tiket masuk, Anda bisa langsung menuju lokasi air terjun dan bermain sepuasnya. Wisatawan juga bisa menginap di hostel di sekitar tempat wisata di Curug Bandung dengan harga per malam yang terjangkau.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tempat wisata alam Curug Bandung di Karawang. Tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai destinasi liburan terdekat dan juga murah saat musim liburan tiba.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button