Selain Telaga Sarangan, Ini Deretan Tempat Hits di Magetan Solopos.com - WisataHits
Jawa Barat

Selain Telaga Sarangan, Ini Deretan Tempat Hits di Magetan Solopos.com

SOLOPOS.COM – Wisatawan menikmati wahana di Mojosemi Forest Park. (Spesial/IG @mojosemidinosauruspark)

Solopos.com, MAGETAN — Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari. Biasanya banyak orang yang ingin menikmati momen Nataru ini dengan jalan-jalan ke tempat-tempat yang indah. Kabupaten Magetan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur bagian barat yang memiliki banyak tempat wisata menarik.

Di Kabupaten Magetan terdapat Gunung Lawu yang memiliki pesona alam yang sangat indah. Kawasan tersebut tidak hanya cantik, tetapi juga memiliki berbagai tempat wisata yang tidak boleh dikunjungi. Sebagian besar tempat wisata di Magetan merupakan wisata alam, meskipun ada beberapa yang dibuat oleh manusia.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Berikut hits wisata di Magetan :

  1. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan ikon pariwisata di Magetan. Saking populernya, ada pepatah mengatakan “Belum ke Magetan kalau belum ke Telaga Sarangan”. Telaga Sarangan merupakan telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Telaga ini terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan. Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30 hektar dan kedalaman hingga 28 meter. Sedangkan suhu udara di kawasan ini antara 15 hingga 20 derajat Celcius. Di tempat ini terdapat berbagai tempat wisata yang bisa anda coba seperti; B. Menunggang kuda, perjalanan speedboat di danau dan perjalanan di sekitar danau. Ada juga berbagai penyedia kuliner lokal di sekitar danau. Untuk tempat menginap? Jangan khawatir, ada puluhan pilihan penginapan mulai dari hotel berbintang, hotel kelas melati, villa dan homestay.

tur magis danau sarangTelaga Sarangan, ikon wisata di Kabupaten Magetan. (Khusus/wisatadankultur.magetan.go.id)

  1. Desa Wisata Genilangit

desa wisata magnetaniaDesa Wisata Genilangit, Kabupaten Magetan. (kemenparekraf.go.id)

Ini menjadi salah satu hits wisata terbaru di Magetan. Desa Wisata Genilangit terletak di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Desa wisata yang menjual nuansa alam dan budaya lokal ini berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Daya tarik desa wisata ini adalah wisata pendakian, wisata hortikultura, wisata mancanegara, wisata budaya, wisata buatan, wisata kuliner, agrowisata, homestay, wisata edukasi dan wisata religi. Potensi wisata pendakian terdapat di Bukit Jabolarangan, Bukit Pendowo, Bukit Kukusan, Bukit Kendil, Bukit Argo Cupu, Bukit Sekudi dan Goa Langu. Sedangkan wisata air terjun di Tirtosari adalah Genilangit. Homestay di Desa Wisata Genilangit memiliki sekitar 20 kamar.

Baca juga: Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, Diskominfo Magetan Fasilitasi VHF

  1. laut wahyu

Tempat wisata di Magetan yang populer selanjutnya adalah Danau Wahyu atau Danau Wurung. Meski tidak sepopuler Telaga Sarangan, namun keindahan Telaga Wahyu tidak bisa dipungkiri. Berada di Kecamatan Plaosan, objek wisata ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan kedalaman sekitar 16 meter. Tempat wisata ini tidak jauh dari Telaga Sarangan yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja. Telaga ini merupakan tempat memancing yang populer di kalangan warga Magetan. Selain sebagai tempat memancing, pengunjung juga bisa menaiki becak air berkeliling danau.

Panorama Telaga Wahyu, Plaosan, Magetan, Jawa Timur.  (youtube.com)Panorama Telaga Wahyu, Plaosan, Magetan, Jawa Timur. (youtube.com)

  1. Taman Hutan Mojosemi

Mojosemi Forest Park juga menjadi salah satu tempat wisata di Magetan yang paling populer. Tempat ini juga dikenal sebagai Taman Dinosaurus. Taman Mojosemi terletak di Jalan Raya Sarangan di Kecamatan Plaosan. Taman dinosaurus ini terletak di lereng Gunung Lawu. Ada berbagai jenis dinosaurus di koleksi Taman Mojosemi. Tidak hanya itu, tempat menginap menarik juga ada di tempat ini.

tempat wisata magnetanWisatawan menikmati wahana di Mojosemi Forest Park. (Spesial/IG @mojosemidinosauruspark)

  1. Air Terjun Tirtosari Wonomulyo

Tempat wisata terdekat di Magetan adalah air terjun Tirtosari. Obyek wisata alam ini terletak di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini berada di antara pepohonan yang rindang dan terdapat jalan di kedua sisinya.

Baca Juga: TV Analog Ditidurkan di Jawa Timur, Ini Harga Set Top Box di Surabaya

  1. Taman bunga Refugia

Obyek wisata Taman Bunga Refugia ini terletak di depan Pasar Plaosan. Tempat wisata yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Magetan. Tempat wisata buatan ini menawarkan banyak spot selfie yang menghadap ke taman penuh bunga cantik. Di tempat wisata ini terdapat menara observasi, yaitu menara setinggi sekitar 15 meter yang dapat merusak pemandangan.

tempat wisata magnetanWisatawan menikmati keindahan Taman Bunga Refugia. (Spesial/IG @wisatamagetan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button