Selain memasak, apa yang bisa dipelajari di jurusan kuliner? - WisataHits
Jawa Tengah

Selain memasak, apa yang bisa dipelajari di jurusan kuliner?

TEMPO.CO, jakarta – Maraknya bisnis kuliner dan grosir membuat jurusan kuliner semakin diminati banyak peminat. Banyak orang yang tertarik mempelajari seni kuliner dengan memilih jurusan ini.

Dilaporkan oleh perguruan tinggi Indonesiajurusan kuliner adalah ilmu yang mempelajari seni mengolah makanan, mulai dari penyiapan hingga pengolahan hingga penyajian makanan.

Jurusan yang diminati tidak hanya oleh perempuan tetapi juga oleh laki-laki ini menawarkan program di berbagai jenjang, mulai dari sekolah hingga diploma dan sarjana.

Tidak hanya memasak, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan dalam seni kuliner terdiri dari aspek-aspek berikut:

  • gigih
  • detail
  • Kreatif
  • memahami teknik memasak
  • Penuh perhatian
  • Secara mandiri
  • keterampilan manajemen waktu
  • Dapat bekerja secara individu maupun dalam tim.

Selain meningkatkan keterampilan kuliner, jurusan kuliner juga diajarkan tentang pengolahan makanan untuk mengetahui nilai gizi dan kesehatan dari bahan makanan yang dihasilkan. Selain memahami estetika penyajian makanan, teknik kuliner, tekstur makanan, rasa hingga kandungan nilai gizinya.

Di jurusan ini mereka juga belajar mengolah berbagai masakan daerah dan berbagai negara seperti masakan Barat, masakan Cina, masakan Timur Tengah dan masakan Indonesia.

Pengetahuan yang didapat sangat luas dan berkisar dari berbagai teori dan praktik hingga makanan. Tidak hanya itu, pengembangan kemampuan bidang lain seperti sektor ekonomi kuliner juga ditelaah

Lulusan memiliki modal untuk berwirausaha di bidang pangan karena dibekali dengan pengetahuan tentang komersialisasi produk sehingga mampu menjadi wirausahawan yang terampil dan mengetahui teknik pendistribusian pangan yang benar dan layak konsumsi.

Malini

Baca juga: Potensi wisata gastronomi di daerah menurut guru besar manajemen kuliner UNY ini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button