Seluas 3 Hektar, Presiden Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo: Okezone News - WisataHits
Jawa Tengah

Seluas 3 Hektar, Presiden Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo: Okezone News

JAKARTAPresiden Uni Emirat Arab (PEA), Sheikh Muhamad bin Zayed Al Nahyan (MBZ), telah tiba di Indonesia untuk menghadiri undangan KTT G20 di Bali. Presiden MBZ terbang ke sana sebelum menghadiri KTT G20 solo pada Senin (14/11/2022) untuk meresmikannya Masjid Agung Sheikh Zayed bersama Presiden Joko Widodo.

Masjid tersebut diketahui dibangun di atas lahan seluas 3 hektar di Gilingan, Banjarsari, Solo dan mampu menampung hingga 12.000 jamaah. Bangunan utama masjid meliputi area seluas 8.400 meter persegi dengan bentang alam seluas 24.600 meter persegi dan dilengkapi dengan tempat parkir seluas 3.500 meter persegi.

Masjid Agung Sheikh Zayed berdiri indah dengan empat menara menjulang, kubah utama dikelilingi kubah-kubah kecil dan dihiasi ornamen khas Timur Tengah yang dipadukan dengan unsur Indonesia dengan motif batik di beberapa tempat.

Baca Juga: Wisata Religi Unggulan, Masjid Syekh Al Zayed di Solo Akan Dipercantik

Masjid ini merupakan pemberian dari Presiden PEA yang masih menjabat sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Angkatan Bersenjata PEA pada saat pembangunan dimulai. Pemerintah Indonesia menyediakan tanah milik negara dan pembangunannya dilakukan oleh PT. Waskita Karya sebagai pemenang tender yang mulai kontrak Mei 2021 hingga Agustus 2022 senilai USD 19 juta (294 miliar rupee).

Baca juga: Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo

“Hibah Masjid Agung Sheikh Zayed akan menjadi simbol hubungan persaudaraan dan kerjasama yang erat antara Indonesia dan PEA. Apalagi bentuknya sendiri merupakan replika dari Masjid Agung Shekh Zayed di Abu Dhabi, yang mencerminkan kesamaan pandangan kedua negara tentang pentingnya toleransi dan kerukunan umat beragama,” kata Husin Bagis, Duta Besar RI untuk PEA, seperti dikutip dalam sebuah siaran pers Okezone.com terkirim

Baca juga: Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mendonasikan rambut, Catat Tanggalnya!

Menurut Husin, sedang dilakukan pembicaraan untuk mendirikan Solo Islamic Center di dekat Masjid Raya Syekh Zayed untuk melengkapi masjid tersebut.

Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi dapat dilihat sebagai wajah Islam di PEA, yang dibangun oleh mendiang Sheikh Zayed untuk mewujudkan pesan Islam tentang perdamaian dan toleransi bagi orang-orang dari semua agama. Begitu juga di Masjid Agung Sheikh Zayed Solo, pintu terbuka bagi siapa saja untuk menunjukkan wajah Islam di Indonesia, karena toleransi adalah salah satu dari sekian banyak nilai bersama antara Indonesia dan PEA.

“Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah dan pusat budaya, tetapi juga menjadi tempat wisata religi yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button