15 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

jakarta

Cirebon merupakan daerah di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Karena letaknya yang demikian, Cirebon merupakan daerah dengan segudang keunikan mulai dari budaya hingga pariwisata.

Tak ada salahnya kawasan ini menjadi destinasi liburan bagi sebagian wisatawan. Pasalnya, Cirebon memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan otentik.

Wisata di Cirebon juga terdiri dari wisata alam, sejarah dan kuliner. Oleh karena itu, Cirebon dinilai sangat cocok untuk berbagai kalangan wisatawan dengan tujuan berbeda.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Kami merangkum 15 wisata menarik untuk dikunjungi di Cirebon yang bisa dijadikan referensi traveller di tahun 2023. Apa yang membuatmu penasaran? Kita lihat!

1. Wisata Danau Langit

Wisata Talaga Langit di Cirebon mengandung kombinasi dari banyak unsur hiburan yang biasa dicari para pelancong di sebuah destinasi wisata. Perpaduannya ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang, restoran yang menyajikan aneka makanan, aneka taman bermain anak, aneka spot foto selfie yang menarik, dan museum penyihir yang layak untuk dikunjungi.

Keunggulan utama wisata Talaga Langit adalah kolam renangnya yang sejuk dan menawarkan tempat untuk melihat suasana dari ketinggian.

Biaya: Rp 15.000 – Rp 20.000
Lokasi: Desa Sinarrancang, Mundu, Cirebon
Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB

2. Desa Sabin

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib DikunjungiDesa Sabin Cirebon. Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Desa Sabin terletak di Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukuntang, Kab.Cirebon. Anda perlu berkendara sekitar 30 menit dari pusat kota Cirebon untuk sampai ke lokasi.

Sebelum masuk, traveler harus membeli tiket terlebih dahulu. Bagi Anda yang hanya ingin datang untuk berfoto, Anda hanya perlu mengeluarkan budget Rp 20.000 per orang di hari biasa dan Rp 30.000 di akhir pekan.

Namun, jika traveler ingin berkunjung ke Kampung Sabin dan makan di sana, diwajibkan membayar deposit Rp 350.000 dengan minimal pemesanan.

Setibanya di Kampung Sabin, traveler langsung disambut dengan iringan musik gamelan khas Bali. Ditambah lagi dengan suasana persawahan yang telah dihiasi dengan berbagai ornamen, dan suasana ini sangat lekat dengan suasana di Ubud Bali.

Biaya: Rp 20.000 – Rp 30.000
Lokasi: Keandra New Town Area, Jl. Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Kec. Dukuntang, Kabupaten Cirebon
Jam operasional: 10.00 – 20.00 WIB

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon.Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto: spesial

Bagi anda yang suka menjelajah wisata sejarah di Cirebon, wisata yang satu ini bisa menjadi hal yang sangat menarik untuk anda. Karena Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan tonggak sejarah berdirinya kota udang ini.

Hal ini terbukti dengan banyaknya benda bersejarah yang bisa Anda lihat di destinasi yang satu ini. Selain itu, arsitekturnya yang unik juga memberikan nuansa tersendiri pada tempat wisata yang satu ini.

Keraton Kasepuhan juga merupakan wujud akulturasi budaya masyarakat setempat, budaya Tionghoa, hingga budaya masyarakat Islam. Salah satu perwujudannya adalah singa barong, kereta emas raja yang digunakan secara turun-temurun.

Yang istimewa dari kereta emas ini adalah desainnya yang merupakan perpaduan budaya Islam, Hindu, dan Cina. Pengunjung dapat mengabadikan kereta emas tersebut dengan kamera, namun dilarang untuk menyentuh atau menaikinya.

Biaya: Rp 20.000
Lokasi: Jl. Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon
Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB

4. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi merupakan sentra industri batik di Cirebon sekaligus destinasi kuliner.  Desa ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer sebelah barat Kota Cirebon.  Pengrajin batik di desa Trusmi dan sekitarnya berjumlah lebih dari 3.000 pekerja dari desa tersebut.  (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)Kampung Batik Trusmi merupakan sentra industri batik di Cirebon. Foto: Rachman Haryanto

Cirebon tidak hanya dikenal sebagai kota udang, tapi juga batiknya. Jika Anda bepergian ke Cirebon, Anda dapat mengunjungi Desa Batik Trusmi dan membeli beberapa Batik Mega Mengung yang merupakan properti asli.

Sentra produksi batik ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 dan terus berkembang, bahkan menjadi tujuan para pelancong.

Selain berbelanja, Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik oleh para pengrajin dari dekat di sini. Jika mau, Anda juga bisa belajar membatik di sini dengan mengikuti kelas membatik.

Setelah memiliki tiga koin, Anda tidak hanya bisa belajar dan membeli tie-dye, tetapi juga berwisata kuliner dengan menikmati aneka masakan khas Cirebon. Misalnya Nasi Jamblang, Empal Gentong, Empal Asam Jawa, Sego Lengko dan sebagainya.

Biaya: –
Lokasi: Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kec. Weru, Cab.Cirebon
Jam operasional: 08.00 – 20.00 WIB (weekdays) & 08.00 – 21.00 WIB (weekend)

5. Perairan Cirebon

Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniCirebon Waterland Ade Irma Suryani. Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Ingin mencari tempat wisata yang kekinian dan modern? Cirebon Waterland Sepertinya Anda harus mengunjungi Cirebon Waterland. Taman bermain air ini cukup luas karena dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3 hektar.

Waterpark ini menawarkan 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda, misalnya untuk anak-anak, dewasa, hingga kolam berstandar internasional yang diperuntukkan bagi kompetisi.

Selain itu, yang lebih menarik lagi, Cirebon Waterland memiliki restoran menarik berupa kapal besar yang di atasnya berdiri “Cheng Ho”, seorang pelaut terkenal dari Tiongkok. Restoran ini menawarkan berbagai jenis masakan, mulai dari masakan tradisional hingga masakan modern.

Biaya: Rp 15.000 – Rp 40.000

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB

6. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong CirebonBukit Gronggong Cirebon. Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Bagi Anda yang merupakan penduduk lokal atau sedang berada di Cirebon, tidak perlu jauh-jauh ke Puncak atau Lembang untuk menikmati indahnya pemandangan lampu kota dari ketinggian. Pasalnya di Cirebon juga terdapat tempat serupa yaitu Bukit Gronggong.

Bukit ini sudah lama menjadi tujuan wisata yang populer, namun akhir-akhir ini tempat ini juga menawarkan berbagai destinasi dan aktivitas menarik untuk Anda nikmati.

Daya tarik tempat ini adalah pemandangan dari atas bukit yang memanjakan mata. Jika Anda datang ke sini pagi atau sore hari adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan tempat ini. Di pagi hari Anda akan melihat pemandangan alam yang sejuk dan di malam hari Anda akan melihat lampu-lampu indah yang menerangi Cirebon.

Lagi-lagi Anda bisa berwisata kuliner dengan mencicipi jagung bakar dan aneka minuman hangat, atau menikmatinya dengan mengunjungi restoran dan kafe yang tersedia di sana.

Biaya: Rp 5.000 (Tiket) & Rp 3.000 – Rp 5.000 (Parkir)

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon

Jam operasional: 24 jam

7. Ekowisata Ciwaringin

Bagi Anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kota, kunjungan ke Wanawisata Ciwaringin bisa menjadi tempat penyembuhan terbaik. Karena tempat ini memiliki nuansa alam yang hijau dan menenangkan.

Hamparan pemandangan alam yang hijau dan dataran pegunungan tentunya akan menyejukkan mata.

Jika Anda datang ke sini, Anda bisa menikmatinya dengan menikmati berbagai aktivitas seperti fotografi, piknik, berkemah, jelajah alam, memancing di danau bahkan suasana motocross.

Biaya: Rp 10.000

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon

Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button