Sebelum adanya jalan tol, Pemda DKI sedang membenahi transportasi - WisataHits
Jawa Barat

Sebelum adanya jalan tol, Pemda DKI sedang membenahi transportasi

Sebelum adanya jalan tol, Pemda DKI sedang membenahi transportasi

TEMPO.CO, jakarta – Pemda DKI Jakarta berbenah dan meningkatkan pelayanan angkutan umum di ibu kota. Langkah ini diambil sebelum pengenalan Electronic Road Pricing (ERP) directive.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Penjabat (Plt) Gubernur DKI Jakarta Budi Hartono. Dia menjelaskan, pihaknya masih membahas aturan sistem jalan berbayar atau ERP dengan pemerintah pusat.

Ia juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta (Pemprov) masih mempertimbangkan sejumlah pendapat ahli terkait kebijakan jalan berbayar tersebut. Menurutnya, untuk menyempurnakan sistem ERP perlu pendapat para ahli dan masyarakat.

“Jadi saat ini kita sedang membahas tahapan regulasi, butuh waktu cukup lama untuk menyiapkan kerangka regulasi. Selanjutnya kami hanya akan menggali informasi dari pendapat para ahli dan masyarakat, namun kami tetap melakukan REA (diskusi kelompok fokus)” katanya dikutip dari Diantara.

Heru melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar aturan jalan berbayar tidak sekadar wacana. Oleh karena itu, pihaknya saat ini sedang melakukan pembenahan angkutan umum untuk mendukung kebijakan tersebut.

“Jadi konsepnya sementara pemda DKI juga harus berbenah, misalnya menyiapkan TransJakarta agar bisa melayani dengan baik, dirampingkan dan sebagainya. Butuh waktu bagaimana melakukannya. Di sisi lain, aturan ERP yang dibahas masih memakan waktu lama. Jika mereka tidak memulai, kapan mereka memulainya,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memastikan pihaknya akan selalu berkoordinasi terkait rencana sistem jalan tol Jakarta. Nantinya, Polda Metro Jaya akan menindaklanjuti keputusan Pemprov DKI terkait sistem ERP tersebut.

“Kami berkoordinasi, kami selalu berkoordinasi. Pastinya kita komunikasikan semuanya, kita koordinasikan semuanya. Nanti kita ikuti saja alur yang ada di Pemprov DKI Jakarta sesuai kesepakatan bersama dengan DPRD, saat ini belum. Itu hanya wacana, kan,” ujarnya.

Baca Juga: Chery Omoda 5 Akan Dijual di Indonesia Mei 2023?

DI BAWAH

Apakah Anda ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram GoOto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button