Sayangnya, Maladewa hampir tenggelam dari muka bumi - WisataHits
Jawa Barat

Sayangnya, Maladewa hampir tenggelam dari muka bumi

Bogordaily.net Sejumlah destinasi wisata di seluruh dunia terancam punah akibat perubahan iklim. Salah satunya, Maladewa. Sebagai negara kepulauan dataran rendah, Maladewa terancam tenggelam.

Seperti diketahui bahwa perubahan iklim disebabkan oleh peningkatan suhu bumi. Kondisi ini dipicu oleh aksi gas rumah kaca yang menumpuk di atmosfer.

Perubahan iklim inilah yang menyebabkan naiknya permukaan air laut, yang tentunya berdampak negatif pada sejumlah tempat wisata di seluruh dunia

“Pada abad ini, Maladewa akan hilang atau binasa kecuali ada tindakan cepat dan meyakinkan untuk mengatasi perubahan iklim,” kata Menteri Lingkungan, Perubahan Iklim dan Teknologi Maladewa Aminath Shauna.

Dalam laporan dari CNBC, Shauna mengatakan Maladewa berisiko menghilang pada tahun 2100.

“Kami tidak akan bertahan,” katanya.

Jadi negara kepulauan ini dikelilingi oleh lautan seperti Indonesia, bahkan dalam beberapa tahun terakhir Maladewa terus memerangi masalah kerusakan lingkungan dengan berbagai cara.

World Economic Forum memperkirakan pada tahun 2050 hingga 80% populasi dunia akan terkena dampak perubahan iklim. Para ilmuwan memperkirakan bahwa permukaan laut akan naik 1,1 meter pada tahun 2100.

Jika ramalan ini menjadi kenyataan, Maladewa yang dikenal sebagai tujuan wisata eksotis akan terpukul parah.

Saat ini 80% luas Maladewa dengan 1.190 pulau hanya berada satu meter di atas permukaan laut, bahkan 90% pulau yang ada pernah mengalami banjir dan juga abrasi pantai.

“Pendapatan dan pasokan makanan kita bergantung pada bagaimana kita mengatasi kerentanan kita hari ini. Masa depan negara kita, rakyat kita, dan budaya kita bergantung pada tindakan yang kita ambil hari ini, kata Shauna.

Negara yang satu ini telah melakukan berbagai langkah untuk meminimalisir dampak perubahan iklim, seperti: Misalnya, penguatan lingkungan pesisir, Shauna berharap semua pemimpin dunia akan mengadopsi program yang sama untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

“Kita perlu membuat setiap orang dan setiap pemerintah di dunia sadar akan perubahan iklim ini. Tujuan ambisius sangat dibutuhkan untuk membantu negara-negara kepulauan kecil seperti Maladewa,” katanya.

(Riyaldi)

Tonton video lainnya dan kunjungi Youtube BogordailyTV

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button