Unik! 5 Daerah di Indonesia dengan 1000 Julukan, Apa Itu? : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Unik! 5 Daerah di Indonesia dengan 1000 Julukan, Apa Itu? : Okezone Travel

ADA 5 tempat atau wilayah di Indonesia berjuluk 1.000. Julukan ini tentunya terkait dengan keunikan daerah tersebut, misalnya karena banyaknya masjid, disebut 1.000 masjid atau lainnya.

Julukan unik kawasan ini tentu saja menjadi daya tarik wisata. Orang luar kota mengunjungi daerah tersebut karena ingin melihat sisi uniknya.

BACA JUGA:6 Destinasi Instagrammable di PIK 2, Pantai Pasir Putih hingga Hutan Mangrove

Jadi di mana area yang diberi label 1.000? Berikut 5 di antaranya:

1. Lombok, Kota 1000 Masjid

Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) disebut sebagai kota seribu masjid karena banyak masjid di daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Menurut catatan, tidak kurang dari 5.000 masjid di Lombok.

ilustrasi

Masjid Agung Mataram di Lombok

Masjid Tua Bayan Baleq di Dusun Bayan, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Lombok Utara diyakini sebagai masjid tertua di Lombok dan cikal bakal penyebaran agama Islam. Masjid ini kabarnya dibangun oleh Sunan Ampel dan Sunan Prapen pada abad ke-17.

Lombok telah terpilih sebagai tujuan halal terbaik di dunia.

2. Jember, kota seribu bukit

Jember di Jawa Timur disebut sebagai kota seribu bukit karena banyak terdapat bukit-bukit hijau yang indah dan mempesona.

Ada kurang lebih 1.666 gundukan tanah di kota Jember. Tetapi beberapa bukit dihancurkan untuk membangun jalan dan rumah.

3. Banjarmasin, Sungai Seribu

Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai. Ya, ibu kota Kalimantan Selatan ini memiliki banyak sungai. Badan Pusat Statistik (BPS) menemukan sekitar 102 sungai mengalir melalui Banjarmasin. Yang terbesar adalah sungai Martapura, Barito dan Kuin.

Terkenal dengan sungainya, Banjarmasin memiliki pasar terapung yang unik. Dimana para pedagang menjajakan dagangannya di atas kapal dan transaksi berlangsung di atas air.

4. Pacitan, kota 1001 gua

Pacitan, Jawa Timur disebut sebagai 1001 gua yang sebagian besar berupa pegunungan kapur. Menariknya, keindahan gua di Pacitan ini dianggap sebagai gua terindah di Asia Tenggara, yaitu Gua Gong.

Tidak hanya itu, ada gua yang bisa memutar musik lho, Gua Tabuhan. Bisa jadi salah satu rekomendasi destinasi wisata kamu selama liburan di Pacitan.

ilustrasi

5. Singkawang, Kota Seribu Pura

Terakhir, Singkawang, Kalimantan Barat, disebut sebagai kota seribu vihara. Bangunan candi di sini bervariasi, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Hal ini karena kota ini dihuni oleh mayoritas beragama Buddha.

Memasuki Singkawang kamu akan merasa seperti berada di negara lain karena nuansanya yang sangat menarik. Tak hanya itu, Singkawang juga menjadi salah satu kota penghasil wanita cantik di Indonesia lho.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button