Melasti Beach Bali, pantai pasir putih yang menawan hati - WisataHits
wisatahits

Melasti Beach Bali, pantai pasir putih yang menawan hati

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Melasti salah satu tempat wisata populer di Ungasan, Badung, Bali yang menampilkan keindahan pantai pasir putih, perbukitan kapur dan berbagai aktivitas liburan yang menarik.

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Melasti Ungasan, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Bali adalah surga pantai di Indonesia. Pantai yang indah dan eksotis dengan segala kelebihan yang dimilikinya seolah menjadi kiblat wisata negara Indonesia. Wisatawan domestik maupun mancanegara memilih Bali sebagai tujuan liburan bahkan sebagai tempat untuk dikunjungi bulan madu. Salah satu pantai yang eksotis adalah Pantai Melasti Bali.

Suasana romantis pantai yang dikelilingi panorama alam yang indah dan istimewa memukau setiap orang yang datang berkunjung. Perbukitan dan tebing yang berbatasan langsung dengan pantai menambah kesan unik pada objek wisata ini. Objek wisata ini terletak searah dengan objek wisata Uluwatu dan GWK, namun relatif masih sepi.

Pengelola objek wisata tepi laut telah melakukan perbaikan terkait akses lokasi, tata letak tempat dan fasilitas yang menyertainya bagi pengunjungnya. Meski namanya tidak sepopuler Pantai Kuta dan sebagainya, kelebihan dari pantai ini mampu menarik perhatian wisatawan yang datang berkunjung setelah Uluwatu dan GWK.

Atraksi Pantai Melasti

Aktivitas Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Faridi Sofyan

Setiap pantai di Bali memiliki pesona tersendiri. Termasuk Pantai Melasti yang meski namanya belum populer, namun manfaatnya menyiratkan ketertarikan banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung ke objek wisata ini. Tidak hanya mengunjungi pantai-pantai populer saja, namun tak ada salahnya mencoba menjelajahi objek wisata ini.

1. Memiliki nama yang unik

Padahal, pantai ini tidak memiliki nama pasti. Namun karena pantai ini sering dijadikan tempat untuk prosesi upacara Melasti, orang menyebut pantai ini Melasti. Upacara Melasti diadakan setiap kali ada perayaan tertentu di Bali, terutama sebelum perayaan Hari Raya Nyepi.

2. Termasuk pantai pribadi

Dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai ini masih tergolong baru. Kealamian pantai masih terasa karena belum terjamah oleh tangan manusia. Ketika wisatawan datang ke pantai di pagi hari, akan terlihat jelas bahwa pantai ini memberikan nuansa private beach karena begitu sepi.

3. Pasir putih bersih

Pantai Melasti Bali memiliki kontur area yang cukup landai. Hamparan pasir pantainya yang putih bersih dan asri. Suasananya begitu tenang dan tentram, cocok untuk anda yang membutuhkan liburan ke suatu tempat yang bisa menenangkan hati dan jiwa anda. Pasir pantainya yang putih bersih di dukung oleh laut yang jernih berwarna biru kehijauan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Melasti

Alamat Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Andhika HD

Lokasi pantai ini berada di wilayah selatan Bali. Objek wisata ini patut dipertanyakan apakah untuk wisata bahari seperti Tanjung Benoa atau objek wisata lainnya. Setelah berkembangnya pariwisata, tempat tersebut akhirnya dijadikan sebagai destinasi wisata tepi laut dengan keindahan pesona alamnya yang memukau dan menentramkan jiwa.

Pantai ini disebut “Melati Ungasan” karena lokasinya yang berada di kawasan Ungasan, Badung. Lokasi pantai dapat dicapai melalui Pantai Kuta dengan jarak tempuh sekitar 19 kilometer atau memakan waktu sekitar 25 menit. Kemudian jika diakses dari pusat kota Denpasar, waktu untuk sampai ke pantai ini sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 19 km.

Ada beberapa rute untuk mencapai lokasi Pantai Melasti di Bali jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, salah satunya melalui Jalan Goa Gong. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan sekitar 39 menit atau jarak tempuhnya sekitar 18 km. Selain itu, Anda juga bisa melewati Jalan Dharmawangsa dengan jarak tempuh sekitar 23 kilometer dan waktu tempuh sekitar 43 menit.

Ada rute lain yang bisa Anda ambil dari Jimbaran dengan jarak tempuh sekitar 15 menit. Perjalanan dapat ditempuh dengan menyewa sepeda motor atau mobil atau menggunakan kendaraan umum. Akses jalan menuju lokasi sudah tertata dengan baik. Hanya saja Anda akan melintasi jurang dengan kedalaman sekitar 100-500 meter.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti BaliKredit gambar: Google Maps Sabar Widadi

Jika ingin mengajak keluarga berlibur ke pantai ini sendiri, sebaiknya siapkan budget untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang untuk dewasa dan Rp 3.000 per orang untuk anak-anak. Tiket masuk digunakan untuk pemeliharaan, biaya konstruksi dan untuk menjaga kebersihan pantai. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, terutama pada hari libur nasional.

Selain tiket masuk, wisatawan domestik dan mancanegara juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor. Di tempat wisata ini telah dilakukan penataan tempat agar tersedia parkir yang aman jika Anda membawa mobil atau motor pribadi atau mobil atau motor dari jasa rental.

Pantai Melasti dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari. Jika Anda datang pagi-pagi sekali, suasana pantai selalu sangat tenang, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari segala penatnya rutinitas dan aktivitas sehari-hari.

Hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Melasti

Aktivitas Seru di Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Putu Krisna

1. Snorkeling di pantai

Bagi Anda yang suka bermain snorkeling, pantai yang indah ini sangat cocok untuk dikunjungi karena memiliki ombak dalam batas normal. Taman bawah lautnya masih sangat alami sehingga air lautnya sangat jernih. Namun tidak ada persewaan peralatan snorkeling, anda bisa membawa peralatan sendiri dari rumah.

2. Aktivitas paralayang yang sulit

Banyak orang yang pernah mengunjungi objek wisata ini mengatakan bahwa wisata bahari ini sangat mirip dengan Pantai Pandawa yang terkenal di Bali. Terdapat fasilitas berupa wahana paralayang dengan bukit tinggi di belakang pantai sebagai tempat lepas landas sebelum wisatawan menerbangkan paraglider di atas pantai.

3. Berselancar

Ada aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di sana, yaitu berselancar atau surfing. Beberapa bulan ombak di pantai ini cukup tinggi. Saat ombak mulai meninggi, rombongan wisatawan berbondong-bondong ke pantai untuk berlomba menaklukkan ombak menggunakan papan selancar.

4. Berenang

Tidak perlu khawatir jika ingin berenang di Pantai Melasti Bali karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang sambil bersantai. Air laut yang segar mampu membuat rasa lelah yang Anda rasakan hilang. Air lautnya cukup aman untuk anak-anak dan orang dewasa untuk berenang.

5. Perburuan Foto

Aktivitas Seru di Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Lin Joshua

Setiap sudut pantai memiliki spot yang indah dan instagramable, sehingga sering dijadikan lokasi foto prewedding. Spot foto pantai yang paling populer adalah di jalan raya yang diapit oleh tebing-tebing tinggi dan menjulang tinggi. Selain itu, spot foto di bebatuan dan area patung penari Bali juga menjadi spot foto favorit wisatawan.

6. Menikmati matahari terbenam

Pencinta matahari terbenam sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pantai pribadi Pasalnya, kedua momen tersebut bisa dilihat secara bebas dari tepi pantai. Selain itu, dengan suasana yang tidak terlalu ramai, waktu matahari terbenam lebih terasa. merasa-miliknya. Banyak wisatawan yang menunggu panorama ini dengan mandi di laguna saat air surut.

7. Saksikan Upacara Melasti

Seperti namanya, pantai yang indah ini sering digunakan sebagai tempat upacara adat Bali. Upacara Melasti untuk penyucian diri, biasanya diadakan sebelum hari raya Nyepi. Umat ​​Hindu di sekitar pantai mengadakan ritual melasti di Pantai Melasti sebelum hari raya Nyepi.

Ritual ini difasilitasi dengan adanya jalan setapak yang menjorok ke tengah laut, para peserta ritual melewati jalan setapak tersebut dan kemudian melakukan ritual dengan membasuh kotoran alam menggunakan air dari kehidupan. Air tersebut secara khusus disebut sebagai air kehidupan oleh umat Hindu yang mengikuti ritual melasti.

Penginapan murah terdekat dengan pantai Melasti

Penginapan murah terdekat dengan pantai MelastiKredit Gambar: Google Maps The Heaven Villa Estate

1. Villa Nazeki

Jarak dari hostel ini ke Pantai Melasti Bali kurang lebih 1,27 kilometer. Dengan fasilitas yang lengkap seperti AC, kolam renang, restoran, dll, hostel Nazeki Villa ini sangat recommended untuk anda yang membutuhkan tempat untuk beristirahat. Lokasinya dekat dengan pantai, bisa ditempuh dengan sepeda motor.

2. Penginapan Nazeki

Hostel ini memiliki konsep hostel yang berbeda dengan hotel. Jaraknya kurang lebih 1,27 meter dari lokasi pantai. Berbagai fasilitas dapat Anda manfaatkan selama menginap di hostel ini antara lain AC, restoran, tempat parkir, dan lain-lain. Konsep hostel ini unik karena berbeda dengan hotel kebanyakan.

3. Villa Ungasan Gita

Jarak dari lokasi hostel ke pantai kurang lebih 1,32 km. Villa ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, restoran, resepsionis 24 jam, parkir, kolam renang, dll. Jaraknya dekat dengan pantai, sehingga bisa ditempuh dengan sepeda motor. Dalam perjalanan ke pantai, pemandangannya indah dengan angin sepoi-sepoi.

Fasilitas yang tersedia di Melasti Beach Bali

Fasilitas Pantai Melasti BaliKredit gambar: Makan malam Ramadhan Google Maps

Meski merupakan pantai baru di kawasan Bali, pengelola objek wisata telah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan wisatawan. Fasilitas yang dimaksud antara lain kamar mandi, tempat ibadah, toilet, kamar mandi, dan tempat parkir.

Ada juga fasilitas wahana hiburan seperti wahana paralayang yang bisa dinikmati hanya dengan membayar biaya perawatan. Dengan berkembangnya pengelolaan pantai, sudah ada warung makan yang bisa dikunjungi wisatawan untuk mengisi perut yang kosong.

Ada juga beberapa hostel murah di sekitar pantai Melasti sebagai tempat menginap dengan biaya akomodasi yang terjangkau. Meski murah, fasilitas yang tersedia di hostel ini cukup lengkap.

Bagi anda yang ingin berlibur dengan suasana pantai yang tenang, anda bisa memilih destinasi wisata ini sebagai salah satu pilihan. Pantai romantis ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi pemotretan foto prewedding, karena setiap sudut pantainya sangat bagus sebagai spot foto. Jika Anda belum puas menjelajahi Pantai Melasti Bali, Anda bisa mencari akomodasi di sekitar area.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button